Selasa , 25 Juni 2024
Serba SerbiEditor's PickHeadlineTerpopuler

5 Hewan Purba Yang Masih Hidup di Indonesia

Komodo 1 2

Madingmu.com – Makhluk purba adalah hewan yang pernah hidup di masa lalu, tetapi akhirnya punah karena berbagai keadaan. Namun, tidak semua hewan yang telah punah adalah hewan purba. Beberapa spesies purba masih hidup dan sehat, baik di darat maupun di laut.

Ada beberapa spesies hewan purba yang masih hidup dan dapat ditemukan di Indonesia.

1. Belangkas

Belangkas 1 1

Merumapan spesies purba avertebrata atau hewan yang tidak memiliki tulang belakang ini diperkirakan sudah hidup sekitar 250 hingga 400 juta tahun yang lalu.

Di Indonesia ada 3 jenis Belangkas yang dilindungi (1) Belangkas besar (Tachypleus gigas) (2) Belangkas tiga duri (Tachypleus tridentatus) dan (3) Belangkas padi (Carcinospius rotundicauda).

2. Komodo

Komodo 1 2

Peneliti memperkirakan Komodo telah hidup sejak 30 juta tahun yang lalu. Hewan reptil ini hanya dapat ditemukan secara otentik di pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur, Indonesia dan termasuk saudara dekat dari dinosaurus.

Baca Juga : Cara Menggendong Kucing Yang Benar

3. Ikan Arwana

Arwana 1 1

Ikan yang harganya super mahal ini masuk dalam kategori hewan purba yang telah hidup di perairan air tawar sejak 60 hingga 200 juta tahun yang lalu. Ikan arwana ini masuk dalam genealogi keluarga Osteoglossidae yang telah menguasai sungai di zaman kapur dulu.

4. Penyu

Penyu 1 1

Seperti informasi yang dijelaskan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bahwa penyu merupakan hewan purba yang masih hidup hingga saat ini. Menurut para ahli, penyu telah hidup sejak 140 sampai 200 juta tahun lalu atau di zaman jura.

Baca Juga : 5 Sungai Terbesar di Indonesia yang Dinamai Sesuai Asal Daerahnya

5. Buaya

Buaya 4 1

Menurut para ahli, Reptil ini merupakan keturunan langsung dari reptil purba yang diprediksi hidup sekitar 100 sampai 200 juta tahun yang lalu. Dahulu kala, buaya purba dapat berukuran hingga 11 sampai 12,5 meter dan saat ini hanya berukuran 4 hingga 5 meter saja.

Diantar 5 hewan purba ini mana yang ingin kamu pelihara guys ?

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.