Senin , 24 Juni 2024
HeadlineSerba Serbi

Slurrp! 7 Manfaat Seduhan Teh Bunga Mawar yang Harum Segar

bunga mawar
Seduhan teh bunga mawar dapat membantu meredakan kecemasan. Foto: Getty Images/iStockphoto/doram

madingmu.com – Tidak hanya digunakan sebagai tanaman hias, bunga mawar juga dapat diseduh menjadi teh segar. Ada tujuh khasiat yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi teh mawar.

Bunga mawar identik diperlakukan sebagai tanaman hias. Aromanya yang harum juga sering membuat bunga mawar digunakan sebagai simbol pernyataan cinta kepada kekasih.

Ternyata kuntum bunga mawar jika dikeringkan dan diseduh bunga mawar memiliki manfaat lebih untuk kesehatan. Beberapa teh mawar menggunakan seduhan kelopak bunga dan bagian buah yang tumbuh dari batang pohon mawar.

1. Mengatasi kecemasan

Menurut beberapa penelitian yang telah dilakukan, kelopak bunga mawar memiliki efek relaksasi, mengurangi tingkat stres dan meningkatkan kualitas tidur. Jadi hanya dengan secangkir teh mawar dapat membantu mengatasi kecemasan dan mengurangi stres.

Teh mawar juga biasanya dicampur dengan perasa alami lainnya untuk meningkatkan kandungan l-theanine. Kandungan alami ini bermanfaat untuk mengatasi kecemasan, terutama jika dikombinasikan dengan lavender dan chamomile.

2. Menyehatkan pencernaan

Tidak hanya dikonsumsi baru-baru ini, teh mawar telah lama dipercaya sebagai obat herbal yang ampuh. Di Timur Tengah, teh mawar telah digunakan selama berabad-abad untuk menyehatkan pencernaan.

Berbagai keluhan, seperti pencernaan yang tersumbat atau sakit perut, dapat diatasi dengan meminum teh mawar hangat. Manfaatnya berasal dari efek pencahar ringan yang dapat membantu pencernaan bekerja lebih lembut.

3. Meredakan kram

Bagi wanita, manfaat teh mawar akan sangat diperlukan setidaknya sebulan sekali. Minum segelas teh mawar hangat dapat meredakan kram perut yang banyak dialami sebelum atau selama menstruasi.

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa teh mawar memiliki efek menenangkan, termasuk memenangkan wanita yang mengalami menstruasi baik secara fisik maupun mental karena ketidakseimbangan hormon.

4. Tinggi antioksidan

Kelopak bunga mawar memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Jika diseduh bersama buahnya, kandungan antioksidan akan bertambah dan semakin baik untuk tubuh.

Kandungan antioksidan alami dapat membantu melawan radikal bebas dan meningkatkan kesehatan sel-sel dalam tubuh. Mencukupi kebutuhan antioksidan juga dapat mencegah degenerasi sel dan mencegah penuaan.

5. Mengurangi peradangan

Ketika diseduh, bunga mawar akan mengeluarkan ekstrak yang tidak kalah berkhasiat dari aroma alami dan kandungan nutrisinya. Ekstrak bunga dapat membantu mengurangi peradangan yang terjadi pada tubuh.
Beberapa kondisi seperti peradangan kronis yang dialami saat nyeri sendi dapat diatasi dengan mengonsumsi teh mawar ini. Minumlah selagi hangat dan nikmati secara perlahan.

6. Mengandung antimikroba

Kelopak bunga mawar yang memiliki kandungan antimikroba alami. Komponen ini dapat membantu melawan bakteri yang ada di dalam tubuh dan menyebabkan gejala gangguan kesehatan.

Komponen antimikroba dapat membantu membunuh mikroorganisme yang sering melawan sel-sel tubuh dan mengganggu fungsi organ. Ketika tubuh Anda mulai merasa tidak enak badan, cobalah menikmati secangkir teh mawar di sore hari atau sebelum tidur di malam hari.

7. Menutrisi kulit

Selain kelopak bunganya yang selalu diunggulkan, buah dari bunga mawar dapat mencegah penuaan. Buah dari tanaman mawar memiliki kandungan alami yang dapat meningkatkan produksi sel-sel baru pada kulit.

Selain itu, teh mawar yang diseduh juga dapat menjaga hidrasi kulit agar tidak kering dan tampak kusam. Untuk mendapatkan manfaat kesehatan tersebut, teh mawar dapat dinikmati dalam keadaan hangat maupun dingin.

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.