Kamis , 25 April 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

5 Cara Mengatasi Rambut Bercabang yang Bisa Kamu Coba di Rumah

1656506492 2C04D710 12A8 4DA7 B00C DC7EC9804817

Madingmu.com – Salah satu masalah yang kerap dikeluhkan oleh banyak orang adalah rambut bercabang. Berbagai cara untuk mengatasi rambut bercabang pun sudah dilakukan, namun terkadang masih belum membuahkan hasil yang diinginkan.

Rambut bercabang terjadi ketika ujung rambut menjadi kering dan patah. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari cuaca, kebiasaan menata rambut, hingga penggunaan produk rambut berbahan kimia.

Banyak orang beranggapan satu-satunya cara mengatasi rambut bercabang adalah dengan memotong rambut. Namun kamu tidak perlu khawatir, kamu bisa mencegah terjadinya rambut bercabang.

Cara Mengatasi Rambut Bercabang

Dilansir dari Byrdie dan Healthline, Ada beberapa cara mengatasi rambut bercabang yang bisa kamu lakukan di rumah tanpa perlu pergi ke salon. Simak dibawah ini.

  1. Sisir Rambut dengan Lembut Usai Keramas

056046800 1595092264 close up female combing hair 23 2148547391

Dilansir dari laman Healthline, rambut basah sangat rentan terhadap kerusakan, jadi sangat penting untuk merawat rambut dengan lembut setelah keramas dan menggunakan kondisioner.

Beberapa orang memiliki kebiasaan mengeringkan rambut dengan handuk, namun hal ini dapat merusak rambut hingga menyebabkan rambut bercabang, Sering menggosok dengan keras dapat menyebabkan kerusakan rambut. Hal ini juga dapat merusak kutikula rambut, sehingga menyebabkan ujung rambut bercabang atau kusut.

Alih-alih menggosok dengan keras, cobalah untuk menepuk rambut perlahan hingga tidak ada air yang menetes dari rambut. Perlakukan rambutmu dengan lembut.

  1. Hindari Menyisir Rambut Berlebihan

63e78be33d9af

Menyisir rambut terlalu sering justru dapat menyebabkan kerusakan, lho, termasuk rambut bercabang dan mudah patah.

Sebaiknya, sisir rambut untuk menata atau membuatnya terlihat lebih rapi. Kamu bisa menyisir rambut dua kali sehari, misalnya saat pagi hari sebelum berkegiatan dan malam hari sebelum tidur. Hindari menarik atau menarik-narik rambut saat menyisir atau menyisirnya, dan jangan sisir terlalu kencang.

  1. Gunakan Handuk Microfiber

B1100147 Cover Merk Handuk Microfiber yang Bagus

Kamu bisa mencoba dengan menggunakan handuk jenis microfiber. Simpul kecil pada handuk jenis katun dapat bersifat abrasif pada helai rambut, menyebabkan tersangkut, dan menimbulkan robekan kecil yang pada akhirnya menyebabkan ujung rambut bercabang.

Kain microfiber 200 kali lebih tipis dari sehelai rambut dan lebih menyerap, sehingga akan terasa lebih halus pada rambut dan mempercepat waktu pengeringan.

  1. Jaga Kelembapan Rambut

mengenal pre shampoo treatment langkah awal menuju rambut sehat

Menjaga rambut kamu tetap lembap juga merupakan kunci untuk mengatasi rambut bercabang. Rambut kering dapat membuat rambut menjadi lemah, terutama di bagian ujungnya, sehingga dapat menyebabkan kerusakan dan rambut bercabang.

Untuk menjaga rambut tetap lembap, cobalah gunakan masker rambut setiap minggu. Masker rambut dapat memberikan kelembapan pada rambut serta mengurangi rambut kusut dan kering. Masker juga dapat mengurangi risiko kerusakan rambut sehingga menghasilkan rambut lebih lembut dan berkilau.

  1. Gunakan Sarung Bantal Berbahan Sutra

006673100 1636104322 Sarung Bantal Sutra untuk Kulit

Gunakan sarung bantal berbahan sutra atau satin untuk mengurangi gesekan di rambut. Tidur di atas sarung bantal sutra atau satin memungkinkan rambut kamu dapat ‘meluncur’ mulus di atas bantal. Mengurangi gesekan antara sarung bantal dan rambut dapat membantu mencegah kerusakan dan kerontokan rambut.

Alternatif lainnya, kamu bisa mengenakan syal sutra di malam hari untuk melindungi rambut.

Itu dia beberapa cara mengatasi rambut bercabang yang bisa kamu lakukan di rumah. Selamat mencoba.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan213
Literasi Keuangan40
Ruang Siswa153
Beasiswa280
School lifehack146
Hiburan203
Editor's Pick1373
Terpopuler1332
Opini10
Serba Serbi570

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.