Kamis , 29 Februari 2024
Hiburan

5 Camilan Sehat Bikin Kenyang dan Berenergi Sepanjang Hari, Sudah Pernah Coba?

Camilan Sehat

Madingmu.com –  Ada banyak jenis camilan yang tersedia di pasaran, beberapa di antaranya merupakan camilan instan yang bisa dibeli di minimarket atau supermarket terdekat. Kendati demikian, jenis camilan tersebut biasanya hanya memberikan rasa kenyang untuk sesaat.

Meskipun namanya merupakan camilan yang dikonsumsi sebelum waktu makan, ada baiknya kamu memilih jenis camilan sehat, yang apabila dimakan tidak hanya bisa memberikan rasa kenyang, akan tetapi memberikan asupan nutrisi yang membuat tubuh bisa berenergi sepanjang hari.

Dilansir dari laman Eat This, Not That!, pilihlah camilan dengan kandungan serat dan protein yang tinggi. Makanan berserat tinggi tidak dicerna seperti karbohidrat lainnya, jadi mengonsumsi makanan ini dapat memperlambat proses pencernaan tubuh sehingga membuatmu tidak terlalu lapar. Sedangkan, makanan tinggi protein dapat membantu mengatur hormon rasa lapar sekaligus mengurangi nafsu makan.

Selain itu, serat dan protein juga dapat membuatmu lebih berenergi sepanjang hari. Jadi pilihlah camilan dengan kandungan nutrisi serat dan protein yang tinggi. Bagi kamu yang mungkin bingung menentukan camilan sehat, berikut ada beberapa jenis camilan yang bisa kamu coba di bawah ini.

  1. Greek Yogurt

Greek yogurt telah menjadi salah satu camilan sehat yang paling sering dikonsumsi oleh kebanyakan orang masa kini. Bahkan Amy Goodson mencatat bahwa Greek yogurt adalah camilan sehat tinggi protein yang dapat membantu mengendalikan nafsu makan, memberikan rasa kenyang, serta memelihara otot. Selain itu, kandungan probiotik yang ada di dalamnya berguna untuk membantu pencernaan dan kesehatan usus.

Lebih lanjut, Amy Goodson menyarankan untuk menambahkan buah berry, madu, atau kacang-kacangan seperti almond ke dalam Greek yogurt agar lebih bernutrisi. Menurutnya, buah berry kaya akan kandungan antioksidan dan serat yang bagus untuk pencernaan.

Selain itu, kacang almond dapat memberikan lemak sehat dan serat yang membantu menghilangkan rasa lesu di sore hari. Sementara itu, madu bisa menjadi pemanis alami. Pemanis ini juga kaya akan antioksidan dan vitamin yang telah terbukti membantu kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah.

  1. Roti Panggang Alpukat

Ketika lapar mengganggu, namun belum tiba waktu makan, kamu bisa membuat camilan sehat dari bahan dasar roti yang dipadukan dengan alpukat. Menurut Amy Goodson, MS, RD, CSSD, LD, membuat camilan sehat dari roti dan alpukat merupakan pilihan yang tepat. Hal ini karena alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal yang bisa memberikan rasa kenyang lebih lama.

Selain itu, alpukat juga mengandung serat sehat serta vitamin, seperti folat, magnesium, dan vitamin E yang bisa membuat kamu berenergi. Serat sehat tersebut juga terdapat di dalam roti gandum. Sehingga jika kamu mengolahnya secara bersamaan bisa menciptakan camilan sehat yang kenyang dan berenergi sepanjang hari.

  1. Kacang Pistasi

Pistachio atau yang dikenal dengan kacang pistasi adalah sumber protein lengkap dengan nabati dan asam amino esensial. Satu porsi kacang pistasi memiliki kandungan protein yang sama banyaknya dengan kandungan protein yang ada pada telur, yakni 6 gram protein.

Selain itu, kacang ini juga memiliki lebih banyak serat dibandingkan 1⁄2 cangkir brokoli yang hanya memiliki kandungan serat kurang dari 2 gram. Tidak hanya menjadi sumber protein dan serat, kacang pistasi juga merupakan sumber vitamin yang baik. Mulai dari B6, fosfor, tiamin, hingga tembaga.

Kandungan yang ada di dalamnya itu, Lauren Manaker, MS, RDN,  merekomendasikan segenggam kacang pistasi sebagai camilan sehat. Menurutnya, protein serta serat dan lemak sehat yang ada pada kacang pistasi dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama dan membuatmu menjadi berenergi sepanjang hari.

  1. Cottage Cheese

Dilansir dari laman allrecipes, pada dasarnya cottage cheese atau keju cottage adalah dadih yang terbentuk ketika asam mengentalkan susu dan krim. Beberapa jenis dari cottage cheese seperti keju ricotta dan mozzarella. Keju ini termasuk jenis keju segar yang artinya tidak berumur seperti Parmesan dan Cheddar.

Menurut Jesse Merrill, salah satu pendiri dan CEO Good Culture, meskipun orang telah memakan cottage cheese selama ribuan tahun, namun nama keju ini baru muncul pada pertengahan tahun 1800-an. Sementara itu, terlepas dari sejarahnya, cottage cheese menjadi salah satu keju sumber protein yang memuaskan karena kaya akan kandungan kalsium, vitamin B12, dan potasium yang mendukung kesehatan tulang.

Berkat kandungan tersebut kamu bisa menjadikan cottage cheese sebagai camilan sehat dengan menambahkan buah segar di atasnya agar struktur nutrisinya lebih seimbang. Namun, pastikan kamu mengonsumsi cottage cheese tidak berlebihan. Usahakan untuk makan maksimal 1⁄2 cangkir cottage cheese pada waktu camilan, yang dianggap sebagai ukuran porsi standar. Ukuran porsi ini akan menyediakan 12 gram protein.

  1. Telur rebus

Telur adalah sumber protein yang berkualitas tinggi. Pada satu telur besar biasanya mengandung 6 gram protein tinggi termasuk 9 asam amino esensial. Bahkan hampir separuh kandungan protein yang ada pada telur dan sebagian besar vitamin dan mineral di dalamnya merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk otak dan tubuh.

Menurut Maggie Michalczyk, RDN, camilan multivitamin alami ini juga merupakan sumber kolin yang baik karena bisa membantu meningkatkan fungsi memori dan penting untuk perkembangan otak.

Selain kolin, vitamin D yang ada di dalam telur juga dapat membantu meningkatkan kesehatan otot dan tulang. Maggie Michalczyk menyarankan untuk lebih baik mengolah telur dengan cara direbus karena dapat membuat kenyang dan berenergi sepanjang hari.

Nah itulah tadi 5 camilan sehat bikin kenyang dan berenergi sepanjang hari. Diantaranya adakah yang sudah pernah kamu coba?

Follow Juga : Instagram madingmu

 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan212
Literasi Keuangan34
Ruang Siswa139
Beasiswa229
School lifehack131
Hiburan183
Editor's Pick1130
Terpopuler1089
Opini10
Serba Serbi466

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.