Minggu , 19 Mei 2024
Editor's PickHeadlineHiburanTerpopuler

8 Wisata Pantai Dekat Dengan Jakarta, Bisa Kamu Dikunjungi Bersama Keluarga Saat Libur Hari Raya!

boracay shutterstock 641355409

Madingmu.com – Momen libur Lebaran sering kali dimanfaatkan oleh banyak orang untuk pergi mudik. Akan tetapi sayangnya, tidak semua orang bisa pulang ke kampung halaman di waktu Lebaran. Ada yang karena terhalang dana, ada juga yang tidak memiliki waktu libur terlalu banyak, sampai ada juga yang memang tidak memiliki kampung.

Meskipun waktu libur sangat terbatas, bukan berarti tidak bisa menikmati waktu untuk traveling sejenak. Kamu bisa memilih untuk berlibur menikmati keindahan pantai dan bermain air di sekitar ibu kota, lho.

Dilansir dari CNN Indonesia, beberapa pantai dekat dengan Jakarta ini bisa jadi pilihan kamu untuk liburan bersama keluarga dengan pemandangan pantai yang tak kalah indah dengan Pulau Dewata. Simak informasi lengkapnya di bawah ini!

  1. Pantai Pulau Bidadari

Wisata pantai Pulau Bidadari terkenal dengan pemandangan alam dan laut birunya yang memanjakan mata. Berlokasi tidak jauh dari Jakarta, pantai Pulau Bidadari terletak di Kepulauan Seribu. Untuk mencapai pantai ini, kamu hanya membutuhkan sekitar 20-30 menit berlayar dari dermaga Marina Ancol.

Bukan hanya bisa menikmati keindahan pantai saja, kamu juga bisa lho menginap di sana. Pulau Bidadari menyediakan banyak resor hingga cottage yang nyaman untuk menginap.

Selain itu, ada banyak kegiatan yang bisa dijelajahi di pulau ini. Mulai dari bersepeda, banana boat, jet ski, snorkeling hingga mengunjungi Benteng Martello yang merupakan peninggalan zaman Belanda.

Nah, biar lebih puas menjelajah Pulau Bidadari, kamu juga bisa memilih paket tur dengan harga terjangkau untuk liburan bersama keluarga atau teman, lho!

  1. Pantai Pulau Perak

pulau perak 1

Tak perlu jauh-jauh pergi ke Lombok, kamu bisa mengunjungi Pulau Perak untuk menikmati liburan dengan pemandangan pantai pasir putih yang indah dengan batuan karang yang berserak di sekitar pantai, serta air laut yang terlihat sangat jernih.

Pantai tidak berpenghuni ini terletak di Kepulauan Seribu. Untuk menuju ke Pantai Perak, kamu bisa menggunakan dua jalur keberangkatan, yaitu dari dermaga Kali Adem atau Muara Angke.

Dengan garis pantai mencapai lebih dari 150 km, Pulau Perak disebut-sebut sebagai surganya bagi para pecinta pantai dan penggemar alam bawah laut. Kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas seperti bersantai di tepi pantai, berenang, ataupun snorkeling.

  1. Pantai Carita

048808700 1545563730 Carita 1

Berlokasi tidak jauh dari ibu kota, pantai satu ini kerap menjadi pilihan masyarakat Jakarta yang ingin berlibur ke pantai. Jarak tempuh dari Jakarta ke Pantai Carita, Banten hanya sekitar 130 km dengan akses melalui tol Jakarta-Merak.

Saat berkunjung ke Pantai Carita, kamu akan disambut dengan pemandangan pasir putih dan jernihnya air laut. Selain itu kamu juga bisa melakukan berbagai kegiatan seperti berenang, snorkeling, banana boat, jet ski hingga bermain ATV mengelilingi pantai.

Supaya momen liburan terasa lebih puas, kamu bisa menginap bersama keluarga di hotel atau resor sekitar Pantai Carita dengan view pantai yang indah.

  1. Pantai Sawarna

Pantai Legon Pari Pantai Sawarna 03 ed 1024x768 1

Pantai Sawarna sering juga disebut sebagai surga tersembunyi di Banten. Tepatnya, pantai cantik ini berada di Desa Wisata Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Pantai ini menyajikan pemandangan laut yang eksotis dengan pegunungan, goa-goa, serta hamparan pasir putih yang mampu memikat hati para wisatawan, terutama masyarakat Jakarta yang ingin berlibur ke pantai tapi tidak terlalu jauh dari ibukota.

Selain dapat menikmati keindahan pantai yang cocok untuk healing, Beauties juga bisa berenang, berselancar, snorkeling ataupun mampir ke objek wisata di sekitar Pantai Sawarna seperti Pantai Muara, Pantai Legon Sari, Goa Langir, Goa Seribu hingga Goa Sarah.

  1. Pantai Pasir Perawan

20220601 151953 329ae2b286ff7799fbbec7d4597d307a 30d7552f585ada1de88c01818f9a2948

Pantai Pasir Perawan merupakan salah satu spot wisata di Pulau Pari, Kepulauan Seribu yang menjadi andalan masyarakat Jakarta yang ingin melepas penat. Sejauh mata memandang, wisatawan akan disuguhkan dengan hamparan pasir putih dan jernihnya air laut.

Untuk menuju tempat ini, kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam. Kamu bisa melakukan perjalanan laut dari dermaga Marina Ancol dengan menggunakan speed boat atau melalui Pelabuhan Muara Angke menggunakan kapal.

Berada di Pantai Pasir Perawan, kamu tidak hanya dapat menikmati kejernihan air laut aja, lho. Tapi juga bisa bermain di laut, misalnya berenang atau snorkeling, serta menjajal watersport yang ada, seperti menaiki banana boat.

  1. Pantai Tanjung Lesung

cover tanjung lesung home2 1

Bukan hanya Pantai Carita, di daerah Banten juga terdapat pantai yang Bernama Pantai Tanjung Lesung dan bisa menjadi alternatif untuk dikunjungi saat liburan. Tanjung Lesung merupakan pantai terintegrasi yang menawarkan tempat rekreasi dan resor yang menghadap langsung ke gunung Anak Krakatau.

Membutuhkan perjalanan sekitar 3-4 jam dari Jakarta untuk menuju tempat ini, yang terdapat di ujung pulau di Jawa Barat. Sesampainya di sana, kamu akan disambut dengan panorama alam dan batuan karang di bibir pantai yang menawan menambah keindahan wisata pantai ini.

Ada beragam aktivitas wisata air seperti bersepeda, snorkeling, banana boat dan kayaking. Kamu juga bisa berkemah di dekat pantai Tanjung Lesung dengan menyewa beach camp.

  1. Pantai Pasir Putih PIK 2

053401600 1659358320 Destinasi Wisata Pantai Baru Bergaya Rustic akan Hadir di PIK 2 3

Nggak perlu bingung untuk menikmati keindahan wisata pantai. Di daerah Tangerang, tepatnya di Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang, Banten terdapat pantai yang dikenal dengan Pantai Pasir Putih PIK 2 yang ramai dikunjungi orang, terutama masyarakat Jakarta.

Tak hanya bisa menikmati keindahan pasir putih khas pantai, di area ini juga terdapat beragam tempat wisata kuliner dan beberapa fasilitas yang bisa kamu coba seperti sepeda listrik.

Akses menuju tempat ini pun cukup mudah, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi, dari pusat kota hanya membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam. Sementara, dengan mengunakan transportasi umum, kamu bisa naik bus Transjakarta jurusan 1A rute Balai Kota – PIK, lalu lanjut naik ojek online untuk sampai ke lokasi.

  1. Pantai Pulau Tidung

Rekomendasi 6 Pulau di Kepulauan Seribu yang Wajib Kamu Kunjungi

Masih berlokasi di Kepulauan Seribu, Pantai Pulau Tidung letaknya hanya sekitar 90 km dari sebelah timur laut Kota Jakarta. Jarak tempuh dari utara Jakarta ke Pulau Tidung hanya berkisar 2,5 jam menggunakan perahu kayu, sedangkan dengan speed boat hanya 1,5 jam saja.

Selain menikmati keindahan pantai, kamu juga bisa melakukan snorkeling atau menaiki berbagai wahana air yang tersedia. Berkeliling pulau menaiki sepeda di sore hari sambil melihat matahari terbenam juga bisa menjadi pilihan.

Jangan lupa untuk menikmati kuliner seafood yang segar dengan cita rasa lezat, ditambah es kelapa muda yang bikin makin nikmat!

Follow Juga : Instagram madingmu 

 

 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan214
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa155
Beasiswa292
School lifehack152
Hiburan209
Editor's Pick1474
Terpopuler1429
Opini10
Serba Serbi612

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.