Selasa , 5 Maret 2024
BeasiswaEditor's PickSerba SerbiTerpopuler

10 Camilan Sehat Untuk Malam Hari, Bisa Bantu Turunkan Berat Badan Lho

Camilan Sehat untuk Diet

Madingmu.com – Saat sedang diet, godaan untuk makan di malam hari kerap kali menjadi tantangan yang sulit untuk dilawan. Banyak orang yang menahan rasa lapar tersebut karena takut berat badannya akan naik akibat ngemil di malam hari.

Padahal, perut dalam keadaan kenyang bisa membuat tidur menjadi lebih nyaman dan nyenyak. Dilansir dari laman Healthline, perut yang kelaparan dapat memengaruhi waktu dan kualitas tidur. Riset ini menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur memiliki kecenderungan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi kalori sehingga berujung pada peningkatan berat badan.

Bukan berarti hal ini dapa menjadikan seseorang bisa ngemil seenaknya sebelum tidur. Nutrisi yang terkandung dalam camilan malam hari harus diperhatikan, terutama bagi mereka yang sedang berusaha untuk diet demi menurunkan berat badan.

Buat kamu yang sering merasa lapar di malam hari tapi takut berat badan akan naik, berikut ini 10 rekomendasi camilan malam yang sehat dan bahkan bisa membantu menurunkan berat badan.

Camilan Malam yang Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

Oatmeal

Oatmeal kerap kali menjadi menu sarapan andalan bagi orang-orang yang sedang diet. Hal ini karena oatmeal mudah dibuat, oatmeal juga bisa di jadi camilan untuk disantap sebelum tidur.

Karbohidrat yang ada dalam oatmeal dapat merangsang tubuh untuk memproduksi hormon serotonin. Hormon ini berperan dalam menurunkan tingkat stres dan membuat pikiran menjadi lebih rileks sehingga lebih mudah tertidur.

Greek Yogurt

Greek yogurt adalah salah satu jenis yogurt terbaik karena memiliki kandungan protein tinggi dan rendah lemak. Protein yang ada dalam greek yogurt dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama sekaligus membantu pembentukan otot disaat sedang tidur.

Riset yang dipublikasikan di American Journal of Physiology mengungkapkan bahwa mengkonsumsi protein sebelum tidur dapat merangsang sintesis protein yang bisa memperbaiki dan membantu pembentukan otot tubuh. Di saat yang bersamaan, protein rendah lemak yang ada dalam greek yogurt juga dapat membantu membakar lemak yang ada di dalam tubuh.

Roti Gandum dan Selai Kacang

Roti gandum dan selai kacang adalah camilan lezat yang praktis dan dapat dikonsumsi kapan saja, terutama saat malam hari. Selai kacang mengandung senyawa bernama tryptophan. Dikutip dari laman Medline Plus, tryptophan adalah senyawa asam amino yang dapat membantu tidur lebih nyenyak.

Manfaat dari tryptophan dalam selai kacang juga akan semakin efektif jika dipadukan dengan roti gandum. Karena roti gandum memiliki kandungan vitamin B yang membantu proses penyerapan tryptophan oleh tubuh.

Buah Cherry

Buah cherry tidak hanya memuaskan keinginan untuk ngemil makanan manis, akan tetapi bisa juga untuk membantu tidur menjadi lebih nyenyak. Dikutip dari laman Cleveland Clinic, buah cherry adalah sumber alami melatonin, yakni hormon yang mengatur siklus tidur. Selain itu, buah cherry juga kaya akan antioksidan yang bisa membantu meredakan peradangan di dalam tubuh.

Cottage Cheese

Cottage cheese atau keju cottage adalah jenis keju berbentuk dadih. Keju ini dibuat dengan menambahkan asam seperti cuka atau lemon pada susu pasteurisasi pada saat dalam keadaan hangat.

Dikutip dari laman Healthline, keju cottage mengandung beragam nutrisi seperti protein, vitamin B, kalsium, selenium, dan fosfor. Zat-zat tersebut tak hanya dapat membantu menurunkan berat, akan tetapi juga bisa membentuk otot, mencegah gula darah tinggi, menyeimbangkan hormon tiroid, dan masih banyak lagi.

Pisang

Manfaat pisang untuk diet memang sudah sejak lama dikenal. Oleh karena itu, tak heran jika pisang menjadi salah satu camilan malam yang sehat dan dapat membantu menurunkan berat badan.

Sama seperti hal nya selai kacang, pisang juga mengandung tryptophan yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Selain itu, pisang juga memiliki kalori yang cukup untuk membuat tubuh merasa kenyang saat tidur.

Susu Coklat

Tidak semua susu coklat bisa membuat berat badan meningkat. Susu coklat yang rendah lemak malah baik dikonsumsi saat sebelum tidur karena dapat membantu menurunkan berat badan.

Dilansir dari laman WebMD, kandungan kalsium yang ada di dalam susu coklat dapat membantu menghancurkan lemak tubuh. Vitamin D yang terkandung di susu coklat juga dapat membantu tubuh menyerap nutrisi secara lebih efisien.

Selain itu, susu coklat juga cocok diminum untuk memulihkan kondisi tubuh setelah berolahraga di malam hari. Tapi perlu diingat, pilihlah susu coklat yang rendah lemak dan kandungan gulanya sedikit.

Kacang Almond

Lagi ingin ngemil yang asin-asin sebelum tidur? Kacang almond bisa menjadi camilan yang menyehatkan untuk memuaskan hasrat tersebut.

Dilansir dari laman Eat This, Not That!, kacang almond mengandung protein yang bisa membantu proses perbaikan dan pembentukan otot saat sedang tidur. Tak hanya itu, kandungan serat yang ada di dalam kacang almond juga bisa membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Kacang almond merupakan makanan superfood yang bisa membantu mempercepat proses pembakaran lemak dalam tubuh.

Buah Beri

Buah beri-berian, seperti stroberi, blueberi, blackberi, dan raspberi, mengandung antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Selain itu, buah beri juga kaya akan serat yang dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama, bahkan disaat tidur. Hal ini dapat menjadikan tidur menjadi lebih nyenyak karena tidak terbangun di malam hari akibat perut yang kelaparan.

Cukup simpan buah beri di freezer agar bisa dimakan kapan saja. Buah-buah tersebut juga bisa diolah menjadi smoothie atau dicampur dengan camilan sehat lainnya seperti pisang atau susu coklat.

Telur Rebus

Telur adalah sumber protein yang mudah untuk didapat. Karenanya, telur bisa diolah menjadi camilan malam yang sehat dan dapat diolah kapan saja.

Caranya pun cukup gampang. Tinggal rebus beberapa butir telur lalu simpan di kulkas. Telur rebus dapat bertahan hingga 7 hari di dalam kulkas, membuatnya menjadi camilan malam yang siap disantap kapan saja.

Follow Juga : Instagram madingmu  

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan212
Literasi Keuangan34
Ruang Siswa140
Beasiswa234
School lifehack134
Hiburan184
Editor's Pick1150
Terpopuler1109
Opini10
Serba Serbi473

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.