Kamis , 25 April 2024
Editor's PickHeadlineHiburanTerpopuler

4 Suasana Bukber Paling Unik di Dunia

0182281617a0e056bd40dd5e63197a7d

Madingmu.com – Sudah memasuki minggu ke dua puasa, sudah berapa kali nih kamu datang untuk ikut bukber? Buat kamu yang sering datang ke acara bukber, pasti acara gitu-gitu aja kan ya? Sehabis ngobrol-ngobrol santai, buka puasa, makan, salat, kemudian pulang. Di beberapa negara ini ada tradisi unik lho saat bukber, yuk Simak beberapa suasana bukber unik dari berbagai negara.

  1. Meriam Yellow Bastion Sarajevo

a6b64680

Tradisi ini lumayan greget lho. Kalau kita biasanya nunggu azan Magrib sambil mendengarkan kultum, para muslim di Sarajevo akan setia dengan menunggu dentuman meriam di Yellow Bastion yang merupakan benteng pertahanan yang digunakan pada masa pemerintahan Ottoman di abad 18. Meski dentumannya terdengar hingga ke pelosok Sarajevo, orang-orang justru akan berkumpul di Yellow Bastion untuk menikmati waktu menunggu buka puasa. Unik ya, meriam yang identik dengan kehancuran malah bisa jadi alat pemersatu.

  1. Pamer Baju Tetangga Kuwait

b1294098 d4a4 4a3c bb90 5a07b9080cf2 scaled

Kuwait punya tradisi unik saat Ramadan lho yaitu gergean. Gergean yang berarti “mengetuk”. Dalam tradisi Gergean, anak-anak akan mengetuk rumah-rumah tetangganya untuk mendapatkan kudapan manis. Mirip seperti Halloween ya. Akan tetapi di Kuwait anak-anaknya gak pakai kostum-kostum seram lho, melainkan dengan kostum tradisional. Lewat tradisi ini, masyarakat Kuwait berhasil membuat bulan Ramadan terasa begitu hidup sekaligus mengajak anak-anak untuk lebih semangat dalam mengerjakan ibadah puasa.

  1. Bukber Dengan Aneka Makanan Dunia di Singapura

85578 singapura bulan puasa

Di Singapura Kulinernya yang kaya dengan budaya Melayu, Tiongkok, India, Arab, dan lain sebagainya pastinya akan langsung diburu oleh para umat muslim. Singapura juga punya tradisi sendiri yaitu berbuka dengan kathira yaitu minuman yang terbuat dari getah anggur dengan kuah pandan, susu, air mawar, dan air mineral. Sebagai topping, Kathira juga dilengkapi dengan taburan biji selasih, kurma, atau pun kismis.

  1. Bukber Kuliner Tradisional Di Rusia

rusia2

Umat muslim di Rusia harus menjalani puasa selama 17 jam lho. Nah, untuk berbuka puasa masyarakat muslim Rusia juga mengonsumsi kurma dan buah-buahan layaknya kita. Tapi, untuk melengkapinya, mereka juga menyantap khingalsh yaitu makanan yang terbuat dari tepung dengan isian labu dan keju. Selain itu, ada juga galnash yang terbuat dari gandum. Makanan-makanan kaya protein dan serat ini mampu mengembalikan energi setelah belasan jam berpuasa. Untuk melengkapinya, mereka juga minum kvass yang merupakan minuman tradisional Rusia yang dihasilkan dari proses fermentasi dengan campuran perisa buah.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan213
Literasi Keuangan40
Ruang Siswa153
Beasiswa280
School lifehack146
Hiburan203
Editor's Pick1373
Terpopuler1332
Opini10
Serba Serbi570

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.