Selasa , 23 April 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

4 Manfaat Vitamin C untuk Kulit

woman with food

Madingmu.com – Vitamin C terkenal ampuh dalam mencerahkan kulit, mengurangi hiperpigmentasi, mencegah penuaan dini serta kaya antioksidan yang bisa melindungi kulit dari radikal bebas. Banyak produk skincare ataupun vitamin untuk kulit yang terdapat kandungan vitamin C di dalam nya. Biasanya vitamin C banyak digunakan pada produk kecantikan seperti serum, masker wajah, pelembab, sunscreen hingga produk pembersih wajah. .

Akan tetapi tidak sedikit orang yang mengalami breakout atau iritasi pada kulit ketika menggunakan serum vitamin C. Biasanya hal ini terjadi pada kulit yang sensitif atau pemula yang baru menggunakan vitamin C. Meskipun menggunakan vitamin C dengan rangkaian dan kadar yang tepat akan memberikan manfaat pada kulit. Dilansir dari laman Be Body Wise, berikut ini merupakan manfaat vitamin C untuk kulit.

Menghidrasi Kulit

Banyak orang yang beranggapan bahwa vitamin C hanya dapat mencerahkan dan tidak dapat menghidrasi. Bahkan tak sedikit orang yang beranggapan bahwa vitamin C bisa membuat kulit kering karena vitamin C memiliki pH yang asam. Pada kenyataan nya vitamin C dapat mengunci kelembaban pada kulit sehingga kulit tetap lembab dan terhidrasi.

Menambahkan vitamin C pada rangkaian rutinitas skincare sangat direkomendasikan untuk kulit yang berminyak. Kulit berminyak disebabkan oleh produksi sebum yang tinggi. Oleh karena itu dalam hal ini vitamin C berperan dapat menjaga keseimbangan produksi sebum.

Mengatasi Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi dapat disebabkan olek meningkatnya produksi melanin pada kulit. Faktor yang dapat meningkatkan produksi melanin ini di antaranya adalah paparan sinar matahari, hormon, serta usia.

Vitamin C dikenal dengan kandungan yang dapat mencerahkan kulit. Dalam hal ini vitamin C berperan dapat mengurangi enzim tirosin yang sebagaimana enzim ini membuat produksi melanin meningkat sehingga memunculkan bercak hitam pada kulit. Vitamin C dapat menghambat sintetis melanin dan menyamarkan hiperpigmentasi atau noda hitam pada kulit wajah.

Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Sinar matahari memang bisa memberikan dampak positif untuk tubuh. Akan tetapi, jika terlalu lama terpapar sinar matahari dapat menyebabkan kulit menjadi kering serta kemerahan atau biasa yang disebut dengan sunburn.

Vitamin C memiliki peranan penting karena kandungan antioksidan nya dapat melindungi kulit dari sinar UV matahari. Tidak hanya itu, vitamin C juga dapat menangkal radikal bebas seperti polusi dan asap.

Baca Juga : Pakar UI Mengingatkan Untuk Menjaga Asupan Vitamin D Bagi Tubuh

Meningkatkan Produksi Kolagen

Kulit akan semakin berkurang memproduksi kolagen seiring dengan bertambahnya usia. Kurangnya kolagen dapat menyebabkan elastisitas kulit menurun sehingga menimbulkan kerutan. Maka dari itu disarankan untuk menggunakan vitamin C agar kulit dapat memproduksi kolagen lebih banyak dan elastisitas kulit tetap terjaga.

Mengunakan  vitamin C memang perlu waktu yang lama untuk mendapatkan hasil yang terbaik, namun jangan menyerah, Kamu harus rutin dan tepat menggunakan vitamin C dalam rangkaian skincare untuk mendapatkan kulit yang tetap kencang di kemudian hari.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan213
Literasi Keuangan38
Ruang Siswa153
Beasiswa278
School lifehack146
Hiburan203
Editor's Pick1363
Terpopuler1320
Opini10
Serba Serbi570

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.