Senin , 24 Juni 2024
Editor's PickHeadlineKilas PendidikanTerpopuler

Sosok Schalke Anindya, Mahasiswa Berprestasi Terbaik Nasional 2023

mahasiswa ugm

“Jangan takut untuk menjadi diri sendiri yang otentik karena kita semua unik dan istimewa dengan cara kita sendiri.”

Madingmu.com – Schalke Anindya Putri menyampaikan hal tersebut setelah dinobatkan sebagai juara pertama Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) tingkat nasional tahun 2023 untuk kategori Sarjana (S1).

Setelah mengalahkan 18 mahasiswa terbaik lainnya dari masing-masing daerah di Indonesia pada acara puncak Pilmapres 2023 yang diselenggarakan pada 23-26 Juli 2023 di Universitas Hasanuddin, Makassar, mahasiswa International Undergraduate Program (IUP) Ilmu Ekonomi Universitas Gadjah Mada (UGM) angkatan 2020 ini berhasil menjadi mahasiswa berprestasi terbaik tingkat nasional. Schalke memukau para juri dengan idenya tentang program Inspirasi yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas lulusan perguruan tinggi demi menghasilkan generasi emas di tahun 2045.

Menurutnya, program Inspirasi dapat membantu meningkatkan sistem pendidikan tinggi di Indonesia melalui peningkatan kurikulum, dosen, forum industri-dikti, dan portal data. Ia mengatakan bahwa tujuan Indonesia di tahun 2045 adalah menjadi negara maju dengan kualitas manusia yang unggul, kekuatan ekonomi global, kesejahteraan masyarakat yang merata, dan tata kelola pemerintahan yang kuat.

Namun, katanya, Indonesia masih memiliki masalah di bidang pasar tenaga kerja dan kualitas tenaga kerja. “Diharapkan Program Inspirasi dapat meningkatkan kualitas lulusan perguruan tinggi untuk mencetak generasi emas 2045,” katanya dalam keterangan resmi.

Perjalanan panjang dan ragam prestasi

Proses pemilihan dimulai dengan dia bersaing dengan rekan-rekannya di FEB UGM di tingkat fakultas. Kemudian ia terpilih sebagai mahasiswa berprestasi FEB pertama yang mewakili FEB UGM di tingkat universitas. Perjuangan berlanjut di tingkat fakultas, dimana ia bersaing dengan mahasiswa dari 18 fakultas lain di UGM.

Dedikasi dan ketekunannya mengantarkan Schalke sebagai Mapres Terbaik pertama di UGM untuk kategori sarjana dan maju ke seleksi tingkat wilayah LLDIKTI V. Di tingkat regional ini, seleksi diikuti oleh 22 kandidat mahasiswa program sarjana dan 16 mahasiswa program diploma.

“Dari masing-masing kategori dipilih tiga terbaik di tingkat regional untuk maju ke seleksi tingkat nasional yang diikuti sekitar 90 mahasiswa dari program sarjana dan diploma,” katanya. Kemudian dipilih 19 terbaik dari program sarjana dan 18 terbaik dari program diploma pada seleksi awal tingkat nasional. Seluruh peserta bersaing ketat untuk mempresentasikan ide inovatif, menyampaikan pidato dalam bahasa Inggris, dan berpartisipasi dalam diskusi panel.

Schalke berhasil meraih predikat sebagai Mapres Terbaik 2023 Tingkat Nasional setelah melewati penilaian juri dalam berbagai aspek. Menurut Schalke, ada banyak pelajaran yang bisa dipetik dengan mengikuti Pilmapres.

“Melalui Pilmapres ini, saya belajar bahwa ketekunan dapat membawa kesuksesan.” “Saya sering merasa ingin menyerah, tapi saya selalu kembali ke alasan utama saya mengikuti mapres, yaitu untuk memberikan dampak yang lebih besar bagi masyarakat sekitar,” tambahnya.

“Tidak hanya itu, ia belajar dari Pilmapres ini untuk menjadi dirinya sendiri.” “Kalau kita yakin dan percaya dengan nilai-nilai yang kita pegang, orang akan melihat,” tambahnya.

Sebelum dinobatkan sebagai Mapres Terbaik Nasional, putri dari pasangan Pikri Ilham Kurniasyah (alumnus MM UGM 2013) dan Purwanti Handayani ini telah meraih sejumlah penghargaan, antara lain juara 1 ASEAN Youth Agenda Youth Innovation Challenge (2023), juara 1 B20 Energy, Sustainability, and Climate International Essay Competition, SRE Indonesia (2022), dan juara 1 IIBD International Case Competition, Hong Kong Baptist University (2021).

Prestasi lainnya di tahun 2021 antara lain juara pertama dalam Competition for University in Business and Economics (CUBE), Universitas Prasetya Mulya, juara pertama dalam Kompetisi Kasus Internasional IAF ke-2, juara pertama dalam Kompetisi Kasus Grand Summit ke-10 StudentsxCEOs, dan juara ketiga dalam Kompetisi Kasus Pemimpin Bisnis yang Inovatif.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.