Jumat , 24 Mei 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

4 Tips Lakukan Senam Otak untuk Tingkatkan Memori Serta Fokus Pikiran

close up man holding paper brain

Madingmu.com – Senam otak adalah salah satu latihan mental dalam bentuk kegiatan mengasah otak yang manfaatnya sangat besar untuk menjaga kemampuan berpikir. Manfaat senam otak yaitu bisa meningkatkan daya pikir, mengasah ingatan, dan menjaga kesehatan otak secara keseluruhan, terutama pada kalangan lansia. Tidak hanya fisik yang butuh olahraga atau latihan. Pikiran atau mental juga perlu diasah. Seiring degan bertambahnya usia yang membuat kita berisiko mengalami penurunan kemampuan otak. Salah satu tips untuk meningkatkan sekaligus menjaga kemampuan otak adalah dengan melakukan senam otak.

Dilansir dari laman Healthline dan MedicalNewsToday, berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan di antaranya:

  1. Meditasi

Meditasi ialah latihan pemusatan perhatian dengan cara yang menenangkan diri dan mengendalikan pikiran. Penelitian menunjukkan bahwa meditasi bermanfaat bagi otak dengan memperlambat penuaan otak dan meningkatkan kemampuan otak untuk memproses informasi. Kamu bisa melakukan meditasi hanya dengan memusatkan perhatian pada napas. Coba lah untuk latih secara bertahap untuk duduk di tempat yang tenang dan fokus pada napas selama beberapa menit.

  1. Kembangkan kosakata

Penelitian juga menunjukkan bahwa lebih banyak wilayah otak yang terlibat dalam memproses kosakata, khususnya di wilayah yang penting untuk pemrosesan visual dan pendengaran.

Kamu bisa mencoba memperkaya kosakata dengan cara berikut :

  • Siapkan buku atau jurnal untuk mencatat segala sesuatu yang menarik saat membaca.
  • Tuliskan satu kata asing baru dari aktivitas tersebut setiap hari, jangan lupa cari definisinya.
  • Cobalah untuk menggunakan kata itu lima kali keesokan harinya.
  1. Bermain puzzle

Bermain puzzle merupakan cara yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu dan juga sangat bermanfaat bagi otak. Sebuah studi tahun 2018 menemukan bahwa main atau memecahkan teka-teki mengaktifkan banyak fungsi kognitif, termasuk persepsi, rotasi mental, memori kerja, serta pemikiran. Studi tersebut menyimpulkan bahwa mengerjakan teka-teki gambar secara teratur dan sepanjang hidup dapat melindungi dari efek penuaan otak.

  1. Latihan Visualisasi

Visualisasi melibatkan pembentukan gambaran mental untuk mewakili informasi, yaitu berupa gambar ataupun adegan tertentu. Riset tahun 2018 mencatat, latihan visualisasi dapat membantu orang untuk mengatur informasi dan membuat keputusan dengan tepat.

Latihan visualisasi Visualisasi melibatkan pembentukan gambaran mental untuk mewakili informasi, berupa gambar atau adegan tertentu. Riset 2018 mencatat, latihan visualisasi membantu orang mengatur informasi dan membuat keputusan yang tepat.

Menurut  Better Health, kamu bisa melakukan visualisasi dalam kehidupan sehari-hari yaitu hanya dengan membayangkan suatu hal. Misalnya, sebelum berbelanja, kamu dapat memvisualisasikan cara mereka pergi dan pulang dari toko, kemudian membayangkan apa yang akan mereka beli sesampainya di sana. Kuncinya adalah membayangkan sesuatu dengan jelas dan sedetail mungkin.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan215
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa156
Beasiswa293
School lifehack152
Hiburan213
Editor's Pick1497
Terpopuler1452
Opini10
Serba Serbi619

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.