Kamis , 23 Mei 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

4 Hal yang Perlu Diperhatikan Jika Ingin Menulis Surat Lamaran Kerja

lamar kerja1
Sumber:google/Dentmasoci

Madingmu.com – Surat lamaran kerja adalah dokumen yang dikirimkan oleh pencari kerja dengan resume mereka untuk menjelaskan kualifikasi mereka. Kesempatan untuk “menjual” diri sendiri kepada calon pemberi kerja diberikan melalui surat ini. Selain itu, surat lamaran juga membantu untuk menjustifikasi mengapa pelamar adalah pilihan terbaik untuk pekerjaan tersebut. Bagi para pencari kerja, membuat surat lamaran biasanya merupakan sebuah kesulitan.  Untuk mempermudah penulisan surat lamaran kerja, ada beberapa petunjuk.

1. Tidak mencuri dari resume

Surat lamaran adalah sebuah iklan. Tujuan surat ini adalah untuk meyakinkan perekrut bahwa pelamar adalah pilihan yang tepat untuk pekerjaan tersebut. Surat lamaran harus menyoroti kualifikasi pelamar untuk posisi yang dimaksud dan latar belakang mereka. Di sisi lain, resume adalah ringkasan umum tentang latar belakang, pelatihan, dan pencapaian pelamar.

2. Setiap surat lamaran dengan posisi yang dilamar

Memberikan kesan yang baik pada perekrut mengharuskan Anda untuk menyesuaikan surat lamaran dengan organisasi dan posisi yang Anda cari. Dalam surat lamaran Anda, pastikan untuk menekankan mengapa Anda adalah orang yang paling tepat untuk pekerjaan tersebut. Sesuaikan keahlian kita dengan posisi yang ingin kita lamar. Berikan fokus pada kualifikasi, pengalaman, dan keterampilan yang disebutkan dalam deskripsi pekerjaan.

3. Menjadi seorang professional

Sangat penting untuk mengikuti format formal dan panduan khusus saat membuat surat lamaran agar perekrut dapat melihat profesionalisme kita.

Baca Juga: Lowongan Magang IKEA buat Mahasiswa, Cek Persyaratnya di Sini!

4. Pengeditan yang teliti

Perekrut mungkin akan berpikir bahwa surat lamaran kurang profesional dan kurang memperhatikan detail jika memiliki beberapa masalah tata bahasa dan ejaan. Perekrut biasanya menghindari lamaran yang memiliki banyak kesalahan.

Format surat lamaran kerja Saat membuat surat lamaran kerja, cobalah untuk mengikuti format ini sebagai panduan.

Detail Kontak
Nama
Alamat
Kota, Kode Pos, Provinsi
Telepon
EmaiL

Tanggal
Informasi kontak perekrut, jika perlu
Nama
Peran Organisasi
Alamat
Kota, Kode pos

Salam yang tulus
Bagian isi surat lamaran

Posisi apa yang dilamar, mengapa perusahaan harus memilih pelamar untuk wawancara, dan bagaimana pelamar akan ditindaklanjuti, semuanya ada di bagian surat lamaran ini.

Bagian awal
Mengapa pelamar menulis surat lamaran harus dijelaskan dalam paragraf pembuka. Sebutkan posisi yang Anda lamar serta sumber dari lowongan pekerjaan tersebut. Cantumkan nama orang yang dapat dihubungi. Selain itu, Anda dapat mendiskusikan secara singkat mengapa Anda adalah orang yang tepat untuk pekerjaan tersebut.

Bagian tengah
Surat lamaran pelamar harus dilanjutkan dengan menguraikan kualifikasi mereka untuk posisi tersebut. Ini bisa terdiri dari satu atau beberapa paragraf. Pelamar juga dapat menggunakan poin-poin untuk membagi bahasa jika bagian ini terlalu panjang. Ingat, jangan mengulang-ulang – ini bukan resume Anda. Kemudian, jelaskan bagaimana kualifikasi Anda cocok untuk posisi yang Anda lamar.

Penutup
Beritahukan pemilik pekerjaan dengan sopan bahwa Anda akan menunggu kabar dari mereka.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan215
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa156
Beasiswa293
School lifehack152
Hiburan212
Editor's Pick1492
Terpopuler1447
Opini10
Serba Serbi618

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.