Selasa , 23 April 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Simak! Beberapa Hal Yang Perlu Dihindari Saat Mengisi Daya Smartphone Kamu

dampak buruk menggunakan charger hp bukan ori bawaan

Madingmu.com – Smartphone memang sudah banyak jenisnya semakin hari semakin banyak hp canggih dikeluarkan oleh perusahaan. Bukan hanya kamera yang lebih diperjelas, memori yang dapat menampung ribuan file tapi juga yang tak kalah penting yaitu daya atau baterai hp juga ternyata ikut di canggihkan. Jika dulu smartphone banyak menjadi masalah karena keteledoran penggunanya terutama dalam hal pengisian daya yang jika ditinggal tidur atau di simpang di kasur terjadinya peledakan pada hp atau terbakar.

Namun di zaman yang semakin canggih ini kita tidak perlu khawatir akan masalah tersebut karena nyatanya smastphone canggih tertentui mempunyai batasan otomatis yang dapat berhenti ketika pengisian telah selesai.

Tapi tetap saja kita sebagi pengguna harus dapat merawat smartphone kita dengan baik dan tetap waspada terhadap kecelakaan yang dapat terjadii karena keteledoran kita dalam pengisian daya. Maka dari itu yuk simak beberapa hal yang perlu dihindari saat charge hp.

  1. Jangan Pakai Charger Abal-abal

Ternyata menggunakan charge sembarangan atau abal-abal  itu sangat berbahaya karena dapat menjadi penyebab hp kamu terbakar. Selain durasi waktu pengisian yang lama, charge ini juga bisa membuat hp kamu jadi lebih panas hal ini terjadi karena voltase yang tidak stabil masuk ke hp dan akan mempengaruhi mesin hp kita. Efek panjangnya selain membuat hp ruksak, hal ini juga berkemungkinan menyebabkan hp kamu terbakar.

  1. Mengisi Baterai Saat Ponsel Sedang Digunakan

Menggunakan hp saat sedang mengisi daya perlu dihindari karena dapat menimbulkan panas yang tidak normal sehingga dapat dengan mudah menyebabkan kerusakan

  1. Mengisi Daya Tapi Ditinggal Tidur

Meskipun smartphone memiliki penahanan tersendiri saat pengisian daya, contohnya saat kamu mengisi daya hp tiba-tiba ketiduran ketika hp kamu dalam masa pengisian selesai maka daya listrik akan otomatis berhenti namun karena kadang kala ada aplikasi yang masih standby seperti nontifikasi dari whattsapp, telegram atau sebagainya hal itu dapat menyebabkan terkurasnya kembali baterai hp dan listrik akan mengisi kembali sampai selesai. Maka dari itu akan berpengaruh jangka panjangnya dapat menguras ketahanan baterai.

  1. Pengisian Baterai Saat Hp Dalam Keadaan Normal

Memang disarankan pengisian daya hp sebaiknya di lakukan ketika paling habis 20% agar pengisian tidak dilakukan dari 0% . Namun, yang paling penting dalam pengisian baterai adalah suhu smartphone usahakan saat ngecharge tidak saat keadaan hp panas karena bisa merusak baterai atau komponen hp. Biasakan juga saat charge hp taruh di tempat yang sejuk dan jangan di bantal, kasur atau barang yang mempunyai bahan yang dapat membuat panas.

Kalo kamu mau pakai hp dalam jangka panjang disarankan tunggu pengisian daya sampai full agar tidak lepas pasang charge secara berkala. Kecuali jika kamu sedang urgent kamu bisa cabut charge saat daya diatas 40%.

Hindari hal-hal yang dapat membahayakan smartphone kamu agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang dan awet juga mencegah hal buruk terjadi gara-gara kesalahan dalam pengisian daya.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan213
Literasi Keuangan38
Ruang Siswa153
Beasiswa278
School lifehack146
Hiburan203
Editor's Pick1363
Terpopuler1320
Opini10
Serba Serbi570

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.