Kamis , 29 Februari 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

3 Kebiasaan Ini Bisa Bikin ‘Wajah Kamu Terlihat Boros’ dari Usiamu Yang Sebenarnya

055330300 1593221658 shutterstock 595460348

Madingmu.com – Saat berjumpa dengan seseorang, pernah nggak kamu di kira sudah usia 25-an padahal masih 20 tahun? Sebel nggak sih, kok bisa orang menebak diri kita sudah tua?

Ternyata, menuanya kulit bukan hanya dialami oleh orang yang sudah menginjak 40 tahun, lho. Anak muda juga bisa mengalami ‘wajah boros’ alias wajah terlihat tua padahal usia nya masih muda.

Banyak faktor yang bisa membuat wajah terlihat lebih tua, salah satunya tentang gaya hidup. Siapa di sini yang suka begadang, jarang sekali minum air putih, hingga doyan makan-makanan yang manis? Usut punya usut, ternyata kebiasaan seperti itu menjadi pemicu penuaan dini pada kulit.

Berikut ini penjelasan tentang kebiasaan yang membuat wajah kamu terlihat lebih tua dari usia.

  1. Jarang Minum Air Putih

img 210320231679362277EY6U6 scaled

Seorang ahli bedah dan rekontruksi wajah yang berbasis di Manhattan, Joshua Zimm, MD mengungkapkan bahwa meminimalisir kerutan sebenarnya bergantung pada pelembap dan gaya hidup sehat secara keseluruhan seperti minum air putih yang cukup, tidak merokok, membatasi asupan alkohol, dan memakai pelembab serta sunscreen.

Kulit sejatinya membutuhkan air agar tetap lembap. Orang yang cukup minum air putih akan cenderung memiliki kulit yang elastis, tidak terlalu kering dan kasar. Kekurangan cairan dalam tubuh dapat membuat kolagen pecah hingga berujung muncul nya garis-garis halus dan kerutan pada kulit.

  1. Kebiasaan Tidur
young beautiful woman sleeping bed scaled
Young beautiful woman lying on the bed under blanket for sleeping, copy space

Sebuah studi dari jurnal Clinical and Experimental Dermatology menunjukkan bahwa kualitas tidur yang buruk memiliki hubungan terhadap peningkatan tanda penuaan dini dan berkurangnya fungsi skin barrier.

Dalam studi itu dijelaskan bahwa orang yang tidur lebih dari 7 jam cenderung memiliki kulit yang lebih lembab dan cerah dibandingkan dengan orang yang tidur kurang dari 5 jam.

Selain jam tidur, posisi tidur juga bisa mempengaruhi kesehatan kulit. Dilansir dari laman The Better Sleep Council, posisi tidur menyamping dan tengkurap dapat memicu kerutan pada kulit akibat gesekan dari bantal maupun guling.

Posisi tidur yang dinilai baik untuk meminimalisir munculnya kerutan adalah tidur dengan terlentang.

  1. Konsumsi Makanan dan Minuman Manis

2023033110094300000063B6DB7CB254437885988511AE2A0F7E

Mengonsumsi gula dalam jumlah lebih bisa menyebabkan masalah kulit seperti munculnya keriput, jerawat, serta mengendurnya kulit leher dan dagu. Kunci kulit terlihat glowing dan kenyal adalah tercukupinya kandungan kolagen dan elastin.

Dilansir dari Healthline, gula berkontribusi dalam pembentukan AGEs (advanced glycation end products) yang bisa merusak kolagen. AGEs terbentuk ketika protein atau lemak bergabung bersama gula. Molekul AGEs yang terbentuk di balik kulit akan membuat serat-serat kolagen menjadi kaku dan kehilangan elastisitasnya.

Ketika kadar gula meningkat, maka proses AGEs akan terstimulasi. Prosesnya pun akan semakin cepat ketika kulit terpapar sinar matahari.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan212
Literasi Keuangan34
Ruang Siswa139
Beasiswa229
School lifehack131
Hiburan183
Editor's Pick1130
Terpopuler1089
Opini10
Serba Serbi466

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.