Rabu , 19 Juni 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

5 Cara Jitu Mempertajam Daya Ingat, Agar Kamu Tidak Sering Lupa!

WhatsApp Image 2023 12 20 at 182848 647455575

Madingmu.com – Memiliki daya ingat yang tajam bisa sangat membantu untuk menjalani kehidupan dalam sehari-hari. Hal ini membuat kamu tidak lupa akan hal-hal penting yang harus dilakukan atau bahkan letak barang di rumah.

Apakah kamu sering merasa diri kamu cepat lupa? Sekarang jangan khawatir, kamu bisa ikuti cara berikut ini untuk mempertajam daya ingat kamu.

  1. Hubungkanlah dengan Fakta yang Sudah Diketahui

Menghubungkan fakta yang sudah diketahui dengan pengetahuan baru yang ingin kamu ingat juga bisa membantu kamu dalam mempertajam daya ingat. Contohnya, seperti ketika orang tua menghafal suatu lokasi dengan rumah kenalannya.

Dengan menghubungkan kedua fakta yang ada, mengingat sesuatu lebih mudah untuk dilakukan. Selain itu hal ini juga bisa membangkitkan memori-memori lama.

  1. Berbicara Dengan Diri Sendiri

Hal menarik yang bisa kamu lakukan untuk mempertajam memori yaitu dengan melakukan monolog alias bicara sendiri. Kegiatan ini bisa membantu dalam membangkitkan ingatan yang ada.

Dilansir dari The Learning Center, cobalah untuk mengucapkannya hingga terdengar di telinga sendiri daripada membiarkannya berada di pikiran. Dengan begitu, kamu bisa cepat mengingat hal yang ingin diingat.

  1. Membuat “Mind Palace”

Sebuah teknik yang bisa dilakukan untuk mempertajam daya ingat yang disebut “Mind Palace” atau istana ingatan. Dilansir dari Healthline, teknik ini digunakan oleh pemenang memory champion tahun 2006 di U.S. yaitu, Joshua Foer’s.

Teknik ini mengajarkan untuk membuat visualisasi hal yang ingin diingat dan bayangkan Beauties menyimpannya di sebuah tempat dalam otakmu. Bentuknya bebas sesuai imajinasimu dan bayangkan ketika kamu ingin mengingat sesuatu, kamu masuk dan mencari semua memorinya di sana.

  1. Mengonsumsi Makanan yang Memperkuat Daya Ingat

Makanan bernutrisi tinggi yang dikonsumsi juga bisa berpengaruh untuk meningkatkan daya ingat otak. Makanan seperti ikan yang mengandung omega 3 dan sayur-sayuran serta berry pun bisa menjadi pilihan.

Kemudian kacang-kacangan, ayam, minyak zaitun atau kelapa juga bagus untuk otak. Memori menjadi kuat dan kesehatan pun meningkat.

  1. Buat Dirimu Sibuk

Menyibukkan diri bisa membuat otak tetap aktif dan meningkatkan fungsi episodik memori yang mengatur serta menyimpan informasi dalam otak. Sehingga ingatanmu akan selalu terasah dengan baik.

Kesibukan yang dimaksud bisa saja seperti rutinitas-rutinitas sehari-hari yang biasa dilakukan atau melakukan hal-hal baru saat sedang libur. Temukan kegiatan menarik yang membuat Beauties merasa senang.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.