Minggu , 19 Mei 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

10 Manfaat Tanaman Kumis Kucing yang Jarang Orang Tahu!

f4046c2dd991d83cbca75bf8b4b31e6e

Madingmu.com – Kumis kucing dikenal luas sebagai tanaman obat tradisional. Tanaman ini memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan sampai dengan kecantikan.

Tanaman kumis kucing atau Orthosiphon aristatus biasa dijadikan sebagai obat alami. Di Indonesia, tanaman ini kerap sekali digunakan untuk mengobati sejumlah penyakit, mulai dari infeksi saluran kemih hingga batuk.

Dilansir dari buku Tinjauan Ilmiah Tanaman Kumis Kucing oleh Fahrauk Faramayuda. Manfaat tanaman kumis kucing tak lain berkat kandungan yang disimpannya. Kumis kucing juga mengandung flavonoid, glikosida, minyak atsiri, dan kalium dalam jumlah besar. Lantas, apa saja sih manfaat tanaman kumis kucing yang jarang orang tahu? Yuk Simak informasinya berikut ini.

  1. Sebagai Antioksidan

AUXQuU4AWCIuNZuqTP4b

Merujuk buku Tumbuh-Tumbuhan Obat di Sekitar Kita susunan Dwisari Dillasamola, dkk, flavonoid. Tanaman kumis kucing, terutama daunnya, memiliki antioksidan tinggi. Senyawa ini dapat cegah dan menghilangkan kerusakan oksidatif akibat radikal bebas yang bisa memicu berbagai masalah kesehatan.

  1. Peluruh Kencing

susah buang air kecil alodokter

Kumis kucing diyakini bermanfaat dalam mengobati infeksi kandung kemih, kencing batu, sampai peluruh air seni.

Praktisi herbal dr Prapti Utami dalam bukunya The Miracle of Herbs menyebutkan bahwa berbagai uji farmakologi dan uji klinik telah menyatakan bahwa manfaat daun kumis kucing mengarah pada efek diuretik, yakni meluruhkan kencing.

  1. Dapat Mengontrol Kadar Glukosa

5e9406fad418b

Berdasarkan penelitian uji efek hipoglikemik, tanaman kumis kucing yang dipadukan dengan daun sambiloto ternyata mampu dalam mengendalikan kadar glukosa darah tinggi. Hal ini disebutkan dapat sebanding dengan pemakaian obat glibenklamid untuk penderita diabetes.

  1. Menjadi Obat Asam Urat
Kenali Gejala Asam Urat Serta Cara Mencegahnya Rejuve
xr:d:DAFS7kUo9l4:4,j:42107667602,t:22112506

Xantin oksidase berperan dalam pembentukan asam urat di tubuh. Semakin tinggi enzim ini maka kadar asam urat yang akan dihasilkan juga kian tinggi.

Penelitian 2008 oleh IPB menunjukkan bahwa kumis kucing memiliki efek penghambatan terhadap aktivitas enzim xantin oksidase lebih dari 50 persen. Sehingga tanaman ini dapat digunakan untuk bantu menurunkan kadar asam urat berlebih didalam tubuh.

  1. Dapat Meredakan Batuk

ezgif.com gif maker 2022 08 21T214622.831 1280x720 1

Kumis kucing juga dipercaya dapat menyembuhkan batuk. Terutama daunnya, menunjukkan aktivitas farmakologis yang sangat baik, seperti senyawa antioksidan, antibakteri, dan antiinflamasi. Oleh karena itu, daun kumis kucing bisa membantu meringankan batuk.

  1. Dapat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

adobestock 475082445jpeg 20230213040306 1

Tanaman kumis kucing dapat dijadikan minuman untuk pengobatan hipertensi. Khasiatnya dibuktikan pada penelitian tahun 1997 yang menemukan bahwa pemberian racikan daun kumis kucing yang dikombinasikan dengan buah mengkudu dapat menurunkan tekanan darah.

  1. Bisa Menjaga Kesehatan Kulit

coquettish asian woman blushing touching cheek looking left amused standing pink background

Ternyata kumis kucing juga berkhasiat untuk kecantikan lho. Antara lain untuk melindungi kesehatan kulit.

Dilansir dari laman Examine.com, studi tunggal pada wanita dengan kulit berminyak menunjukkan bahwa peningkatan kualitas kulit lebih besar dengan penggunaan krim orthosiphon 2% dibandingkan obat referensi zinc glukonat 1%.

  1. Dapat Mengobati Gangguan Ginjal

adobestock 475082445jpeg 20230213040306

Farmakope Indonesia, Perancis, Belanda, serta Swiss mendaftarkan tanaman kumis kucing untuk perawatan yang berkaitan dengan gangguan fungsi ginjal, meliputi nefritis dan uretritis.

Di beberapa negara Eropa, ekstrak dari daun kumis kucing digunakan untuk meluruhkan batu ginjal.

  1. Membantu Mengatasi Rematik

rematikjpg 20210607041420

Daun kumis kucing sering digunakan untuk mengobati rematik. Begitu juga di negara india, tanaman herbal ini dipercaya dapat mengobati rematik. Daun tanaman ini juga dapat bantu mengurangi rasa nyeri di persendian.

  1. Menjadi Detoks Tubuh

pexels vegan liftz 2377166.jpg

Proses detoksifikasi dalam tubuh bisa terbantu dengan tanaman kumis kucing. Racun-racun yang bisa membahayakan tubuh dapat dibersihkan dengan mengkonsumsi minuman herbal dari tanaman ini.

Cara Mengolah Tanaman Kumis Kucing untuk Obat

Bagian dari tanaman kumis kucing yang biasa digunakan untuk pengobatan adalah daunnya, baik yang masih dalam kondisi segar maupun yang kering. Selain itu, bagian lain dari tanaman ini juga dapat dijadikan sebagai obat.

Dilansir dari detikHealth, sekitar 4-5 lembar daun kumis kucing segar bisa direbus dengan segelas air hingga mendidih. Air rebusannya pun kemudian dapat diminum.

Sebanyak 30-60 gram kumis kucing kering juga dapat direbus atau diseduh, lalu diminum sebagai teh.

Itulah 10 khasiat tanaman kumis kucing. Semoga informasi ini bermanfaat sobat madingmu.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan214
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa155
Beasiswa292
School lifehack152
Hiburan209
Editor's Pick1474
Terpopuler1429
Opini10
Serba Serbi612

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.