Jumat , 24 Mei 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

10 Manfaat Menguasai Bahasa Asing

jurusan bahasa asing
Foto : Google

Madingmu.com – Seseorang yang menguasai banyak bahasa disebut dengan poliglot. Tidak kah kamu penasaran apa sih manfaat signifikan dari belajar bahasa asing?

Dari berbagai alasan yang mungkin mendasari untuk memulai perjalanan belajar bahasa asing, tidak dapat disangkal bahwa belajar Bahasa asing membawa banyak sekali keuntungan.

Apa saja sih manfaat yang didapat dari belajar bahasa asing? Dihimpun dari laman Masoem University, The Independent Glenbard South High School, dan Jakarta Multicultural School, manfaat menguasai bahasa asing adalah sebagai berikut ini :

  1. Memperluas Relasi

Ketika berada dalam proses pembelajaran, kamu akan memiliki kesempatan untuk memperluas jaringan sosial ke berbagai komunitas internasional yang berbeda untuk meningkatkan kemampuanmu. Dengan memiliki jaringan yang luas seperti ini juga bisa menjadi sumber berharga untuk menemukan peluang-peluang baru baik dalam karier maupun pengembangan pribadi.

  1. Meningkatkan Ketajaman Berpikir

Penelitian dari Universitas Pompeu Fabra Spanyol menunjukkan bahwa individu yang fasih dalam beberapa bahasa memiliki keunggulan dalam mengamati lingkungan di sekitar mereka. Mereka cenderung lebih peka terhadap informasi yang tidak relevan, menipu, ataupun menyesatkan. Penelitian ini melibatkan perbandingan antara subjek multibahasa dan monolingual.

  1. Meningkatkan Kapasitas Memori

Hal ini berlaku karena semakin sering otak digunakan, maka akan semakin baik pula fungsinya. Dengan memahami bahasa baru akan melibatkan penggunaan aktif otak untuk mengingat dan menerapkan kosa kata dan aturan baru. Hal ni berarti bahwa para pembelajar bahasa yang gigih memiliki otak yang lebih terlatih dalam mengingat nama-nama, fakta-fakta, arah dan angka-angka.

  1. Mengoptimalkan Kesehatan Mental

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa jika secara konsisten belajar bahasa dapat membantu menjaga kesehatan mental. Untuk orang dewasa monolingual, tanda-tanda pertama penyakit demensia biasanya muncul pada usia 71,4 tahun. Akan tetapi bagi individu yang berbicara dua bahasa atau lebih, tanda-tanda pertama demensia muncul pada usia 75,5 tahun

  1. Meningkatkan Kemampuan Multitasking

Multitasking dapat menjadi tantangan bagi banyak orang, terutama jika kamu tidak terbiasa atau tidak memiliki keahlian dalam melakukannya. Bagi kamu yang belajar berpikir dalam bahasa yang berbeda dan seringkali beralih dari satu bahasa ke bahasa lainnya. Sehingga multitasking menjadi lebih mudah dan membantu untuk mengurangi stres dalam menjalankan tugas sehari-hari.

  1. Meningkatkan Kemampuan Berhubungan

Mengenal budaya baru memungkinkan kamu untuk menjadi lebih fleksibel dan menghargai pendapat serta tindakan orang lain. Akibatnya, para pembelajar bahasa yang multibahasa mendapatkan keunggulan dalam melihat dunia dari berbagai sudut pandang. Ini meningkatkan kemampuan mereka untuk berkomunikasi dalam dunia yang semakin terhubung secara global.

  1. Mendapatkan Peluang Karier yang Lebih Baik

Belajar bahasa membantu dalam mengembangkan keterampilan kognitif yang kuat, termasuk kemampuan pemecahan masalah, fleksibilitas mental, berpikir konseptual yang lebih baik, multitasking, serta keterampilan mendengarkan. Hal ini juga mendorong interaksi sosial yang lebih luas dan memperluas jaringanmu, yang dapat memberikan peluang karir yang lebih baik.

  1. Meningkatkan Kemampuan Pengambilan Keputusan

Menurut penelitian dari Universitas Chicago, orang yang bisa berbicara dalam beberapa bahasa memiliki kemudahan dalam mengambil keputusan. Mereka yang multibahasa lebih percaya diri dalam proses pengambilan keputusan ini karena mereka sudah melatihnya secara berulang. Latihan, latihan, dan latihan adalah kuncinya.

  1. Meningkatkan Kinerja Akademik Secara Keseluruhan

Studi menunjukkan bahwa orang yang belajar bahasa asing cenderung memiliki hasil akademik yang lebih baik secara keseluruhan. Hal ini terjadi karena bahasa asing melatih berbagai aspek kognitif, seperti kemampuan berpikir analitis, daya ingat, dan pemecahan masalah.

  1. Mempermudah Saat Bepergian ke Negara Lain

Mengutip dari Glenbard South High School, dengan mempelajari bahasa asing akan memberikan banyak pengalaman baru, seperti bepergian ke negara-negara di mana kamu dapat sepenuhnya terlibat dalam berbicara dalam bahasa setempat. Tanpa perlu menggunakan aplikasi terjemahan di ponsel, perjalananmu akan menjadi lebih menyenangkan.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan215
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa156
Beasiswa293
School lifehack152
Hiburan213
Editor's Pick1497
Terpopuler1452
Opini10
Serba Serbi619

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.