Rabu , 26 Juni 2024
HeadlineKilas PendidikanTerpopuler

Viral Anak Tukang Rongsok Berprestasi, Kejar Beasiswa Kedokteran Unair

unair
Viral, Anak Tukang Rongsok Berprestasi, Fandi Achmad Ramadhan, Hafidz, Fakultas Kedokteran, Unair, Pelajar berprestasi

Madingmu.com – Anak dari seorang pemulung, Fandi Achmad Ramadhan, membuktikan bahwa hidup dengan keterbatasan ekonomi bukanlah halangan untuk mengukir prestasi.

Fandi mampu meraih juara kelima dalam Olimpiade Sains Nasional. Tidak hanya itu, ia juga merupakan seorang Hafidz atau penghafal sepuluh juz Al-Qur’an.

Ia juga bercita-cita untuk melanjutkan pendidikan di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Namun, kondisi ekonominya perlu ditingkatkan.

Orang tuanya juga mendukung keinginan anaknya untuk melanjutkan pendidikan kedokteran setelah lulus SMA.

“Mau kuliah di Unair, saya terharu. Kemarin dia diizinkan ikut olimpiade sains, saya sempat melarang, saya kira itu olahraga, tapi ternyata itu lomba adu kecerdasan. Alhamdulillah hasilnya maksimal. Olimpiade Sains tingkat lokal masuk 10 besar, Olimpiade Sain tingkat nasional masuk 5 besar,” ujar Mustanili.

“Karena kondisi saya memang seperti ini. Sudah saatnya seorang anak masuk kedokteran. Saya berikhtiar dan berdoa semoga Allah bisa mewujudkan cita-citanya. Anak saya ingin kuliah kedokteran di Unair yang terkenal itu. Dia mencari beasiswa dari hafalan 10 juz Al-Quran dan Olimpiade Sains,” tambahnya.

Selain itu, siswa berprestasi di Surabaya ini ternyata diketahui oleh Wakil Ketua DPRD Surabaya, AH Thony. Saat mengunjungi Mustanili dan istrinya, ia berjanji akan memperjuangkan hak-hak Fandi untuk mendapatkan intervensi dan beasiswa dari Pemkot Surabaya.

“Secara pribadi dan kelembagaan bangga, Fandi memiliki cita-cita yang tinggi dan peduli terhadap anak-anak dari kalangan tidak mampu. Ketika semangat juang anak-anak muncul, maka harus ditangkap sebagai energi positif untuk kebangkitan Surabaya ke depan. Ada kesadaran yang tinggi dari anak-anak yang ingin melakukan perubahan dan lompatan yang signifikan di tengah kemiskinan. Sepertinya emosi itulah yang membuat latar belakang anak, latar belakang yang bermasalah ingin menjadi lebih baik,” kata AH Thony.

Ia berharap pemerintah melihat prestasi yang ingin masuk kedokteran dan hafidz ini.

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.