Rabu , 19 Juni 2024
Editor's PickHeadlineLiterasi KeuanganTerpopuler

OJK Gelar Olimpiade Keuangan Syariah Tingkat Pelajar – Edukasi Keuangan Generasi Milenial

8b862 ojk

Madingmu.com – Melalui penyelenggaraan Indonesia Sharia Financial Olympiad (ISFO) 2023 untuk tingkat SMA dan perguruan tinggi, OJK terus berupaya meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat. Kegiatan ISFO 2023 ini bekerjasama dengan Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI) dan Lembaga Jasa Keuangan Syariah (LJK).

Friderica Widyasari Dewi, Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK, berbicara dalam acara tersebut mengenai pentingnya inisiatif untuk meningkatkan literasi keuangan di masyarakat, khususnya keuangan syariah.

Baca Juga : Takut Salah Investasi? 5 Jenis Investasi Syariah Ini Bisa Kamu Jadikan Pilihan

“OJK menempatkan prioritas yang tinggi dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia, khususnya literasi dan inklusi keuangan syariah.” “Saya percaya hari ini adalah bukti bahwa dengan bekerja sama, bersinergi, dan berkolaborasi dengan OJK, Bank Indonesia, IAEI, pelaku usaha jasa keuangan, perguruan tinggi, dan sekolah-sekolah, kami sangat yakin dan optimis literasi dan inklusi keuangan syariah di Indonesia akan terus berkembang,” kata Friderica.

Sejak tahun 2022, OJK telah menyelenggarakan Olimpiade Keuangan Syariah (sebelumnya dikenal sebagai Cerdas Cermat Keuangan Syariah (CCKS) di tingkat SMP dan SMA, dengan perwakilan dari 35 sekolah yang terpilih dari sekitar 500 sekolah di seluruh Indonesia. Pada saat pertama kali diselenggarakan, SMP Kristen Kalam Kudus di Jayapura dan SMAN 1 Bantul masing-masing menempati posisi pertama dan kedua di tingkat SMP dan SMA.

Baca Juga : Inilah 3 Tips Mudah Manajemen Keuangan Untuk Pelajar

Pada tahun 2023, Kantor OJK di seluruh Indonesia kembali melakukan seleksi terhadap ratusan sekolah untuk tingkat SMA di berbagai wilayah kerjanya. Untuk tingkat Perguruan Tinggi (PT), seleksi dilakukan secara nasional dengan peserta ratusan mahasiswa dari masing-masing PT.

Materi soal olimpiade berasal dari Buku Seri Literasi Keuangan untuk tingkat SMA dan Perguruan Tinggi, serta modul Learning Management System (LMS) Edukasi Keuangan OJK. MAN Insan Cendikia Batam berhasil meraih juara pertama pada Babak Final ISFO 2023, SMAN 1 Bantul meraih juara kedua, dan MAN 2 Kota Malang meraih juara ketiga. Di tingkat universitas, Universitas Indonesia meraih juara pertama, Universitas Gadjah Mada meraih juara kedua, dan Universitas Negeri Padang meraih juara ketiga. Pada kategori supporter, SMA N 1 Bantul berhasil meraih juara pertama, disusul oleh MAN Insan Cendikia Kota Batam dan MAN 2 Kota Malang.

Follow Juga : Instagram Madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.