Minggu , 19 Mei 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Ubur-ubur Tidak Memiliki Otak dan jantung, Apakah Bisa Hidup Abadi?

00406765

Madingmu.com – Ubur-ubur adalah hewan invertebrata yang termasuk dalam kelompok yang disebut dengan Cnidaria. Kelompok Cnidaria ini terkenal dengan kemampuan menyengatnya. Apa benar ubur-ubur tidak memiliki otak dan bisa hidup abadi?

Dilansir dari laporan World Atlas, ubur-ubur diyakini merupakan spesies hewan multi-organ tertua di dunia. Bahkan umur keberadaannya pun diketahui sudah mencapai 500-700 juta tahun dan menjadikannya lebih purba daripada dinosaurus.

Secara fisik, umumnya ubur-ubur hadir dan memiliki bentuk, warna, dan ukuran yang bervariasi. Namun, kebanyakan tubuh ubur-ubur berbentuk seperti lonceng berukuran antara dua sentimeter hingga 40 sentimeter.

Sementara beberapa spesies dapat tumbuh hingga diameter lebih dari dua meter, dengan tentakel tipis yang bahkan lebih panjang dari itu. Dilansir dari National History Museum. Ubur-ubur memiliki simetri radial, yang artinya jika ubur-ubur diiris bagian tengahnya, bagian-bagiannya akan simetris, seperti ruas jeruk.

Apakah Ubur-ubur Tidak Punya Otak?

Sebagai hewan invertebrata, ubur-ubur tidak memiliki tulang belakang. Akan tetapi tidak hanya itu, mereka juga tidak memiliki tulang lain, otak, jantung, gigi hingga darah.

Ubur-ubur hanya miliki jaringan saraf yang disebut dengan ‘jaring saraf’. Hal ini memungkinkan mereka untuk memproses informasi termasuk tingkat cahaya, suhu, dan perubahan kimia dalam air yang ada di sekitar mereka.

Meskipun begitu, hewan ini juga tetap bisa bertahan di dalam air. Mereka sering kali membiarkan dirinya hanyut di dalam air, kemudian menggunakan lengan mulutnya untuk bergerak mengikuti arus laut jika diperlukan.

Adapun makanan mereka adalah ikan kecil, larva ikan, udang, krustasea kecil seperti krill dan kopepoda, organisme kecil mirip udang yang disebut amphipoda. Selain itu, mereka juga memakan tumbuhan kecil seperti alga dan terkadang mereka juga memakan ubur-ubur laut lainnya.

Untuk memangsa, ubur-ubur akan menggunakan menyengat dan lengan mulutnya kemudian membawa makanan menuju mulutnya dan masuk ke dalam perutnya.

Apakah Ubur-ubur Bisa Hidup Abadi?

Ada lebih dari 2.000 jenis ubur-ubur berbeda yang ada di seluruh dunia. Namun, para ilmuwan yakin mungkin ada 300.000 spesies berbeda yang belum ditemukan.

Secara umum, ubur-ubur tetap akan mati, sama seperti hewan lainnya. tapi terdapat salah satu jenis yang bisa hidup abadi secara biologis.

Ubur-ubur yang bisa abadi tersebut adalah Hydrozoa turritopsis dohrnii. Disebut abadi, karena jenis ini dapat kembali dari bentuk dewasanya ke tahap awal siklus hidupnya dan berkembang kembali menjadi ubur-ubur dewasa baru ketika kondisinya lebih mendukung.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan214
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa155
Beasiswa292
School lifehack152
Hiburan209
Editor's Pick1474
Terpopuler1429
Opini10
Serba Serbi612

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.