Selasa , 25 Juni 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Tips Pilih Hewan Kurban yang Baik dan Benar Agar Tidak Salah pilih!

62b02c8657145 21070510610195 tips memilih hewan kurban sesuai syariat

Madingmu.com –  Menjelang Idul Adha yang akan dilaksanakan pada bulan Juni 2024, sebagian masyarakat yang beragama Islam biasanya akan mempersiapkan diri untuk berkurban. Namun, salah satu cara agar ibadah ini bisa maksimal ialah dengan memilih hewan kurban yang terbaik. Adapun berikut ini tips memilih hewan qurban yang baik dan benar, di antaranya:

  1. Memastikan Hewan Ternak

hewan kurban

Hewan qurban yang disembelih saat Idul Adha, pada dasarnya berupa hewan ternak, seperti kambing, domba, sapi, kerbau, atau unta. Kambing dan domba terhitung qurban untuk satu orang, sedangkan sapi, kerbau, dan unta, bisa dihitung untuk tujuh orang.

  1. Pastikan Cukup Umur

petugas dinas pertanian dan perikanan kota makassar memeriksa kesehatan 210714131837 423

Sebelum memilih atau membeli hewan qurban, pastikan terlebih dahulu jika hewan tersebut jantan dan sudah cukup umur. Adapun untuk kambing dan domba harusnya berusia lebih dari satu tahun. Hal ini biasanya ditandai dengan tumbuhnya sepasang gigi.

Sedangkan untuk sapi minimal berusia dua tahun dan unta minimal lima tahun. Biasanya ditandai dengan tumbuhnya sepasang gigi tetap.

  1. Tidak Cacat

qurban 515659500

Saat berkurban tentunya perlu memilih yang terbaik, salah satunya dengan memastikan bahwa hewan kurban tidak cacat. Adapun ciri-cirinya seperti, tidak kurus, tidak pincang, tidak patah tanduk, tidak patah ekor, tidak buta, telinga tidak rusak, dan juga memiliki testis yang lengkap, yakni dua buah.

  1. Hewan Harus Sehat

syarat hewan kurban

Hewan kurban yang sehat umumnya memiliki ciri-ciri bulu bersih, lincah, nafsu makan baik, suhu badan normal, mata serta gusi tidak pucat, tidak alami diare, tidak ada gejala PMK, tidak mengeluarkan air liur hingga cermin hidung tidak berlebihan.

  1. Lihat Tempat Pembeliannya

648ee563b08d3

Ada baiknya sebelum membeli hewan kurban pastikan dahulu tempat pembelian hewan. Jangan membeli hewan kurban yang diternak di tempat pembuangan sampah. Hewan yang dijual di lokasi seperti ini, berpotensi hewan mengandung bahan berbahaya bagi tubuh yang nanti akan mengonsumsinya.

Follow Juga : Instagram madingmu 

 

 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.