Senin , 24 Juni 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Sejarah Singkat Kota Bandung: Dari Pedesaan Menjadi Kota Metropolitan

bandung masa kolonial tropenmuseum wikimedia ratio 16x9 1

Madingmu.com – Kota Bandung, yang terkenal dengan julukan “Kota Kembang”, menyimpan sejarah panjang dan kaya yang telah membentuknya menjadi kota metropolitan yang dinamis seperti sekarang ini.

Dilansir dari website resmi kota bandung, sejak tahun 1998, pemerintah Kota Bandung menetapkan tanggal 25 September sebagai “hari jadi Kota Bandung”. Sebelumnya terdapat beberapa pandangan yang mengidentikkan hari jadi Kota Bandung dengan pembentukan gemeente bandung yaitu tanggal 1 April 1906, sehingga beberapa waktu lamanya tanggal tersebut diperingati sebagai hari jadi Kota Bandung.

Menyadari pentingnya pelurusan sejarah, sejak tahun 1997 pemerintah Kota Bandung berusaha untuk menetapkan hari jadi Kota Bandung yang benar berdasarkan pembuktian atau fakta sejarah.

Usaha itu dilakukan melalui seminar pada tanggal 10 Maret 1997, sarasehan  pada tanggal 22 Januari 1998. Selain itu juga dibentuk tim untuk meneliti hari jadi Kota Bandung yang dapat dipertanggungjawabkan. Tim inti terdiri atas sejumlah sejarawan dari fakultas sastra Universitas Padjadjaran dan beberapa pakar bidang lainnya. Penelitian itu menghasilkan tanggal 25 september 1810 adalah “Hari Jadi Kota Bandung”.

Awal Mula

Jauh sebelum hiruk pikuk kota modern menyelimuti Bandung, Sejarah Kota Bandung secara resmi dimulai pada masa pemerintahan Kolonial Belanda, meskipun terdapat bukti-bukti arkeologis yang menunjukkan keberadaan permukiman di wilayah ini sejak abad ke-7.

Pada pertengahan abad ke-17, Kabupaten Bandung resmi dibentuk dengan pusat pemerintahan di Krapyak (sekarang Dayeuhkolot). Di bawah kepemimpinan Bupati Tumenggung Wirangunangun, wilayah ini mulai berkembang pesat.

Lahirnya Kota Bandung

Puncak perkembangan Kabupaten Bandung terjadi pada masa kepemimpinan R.A. Wiranatakusumah (1794-1829). Beliau memindahkan pusat pemerintahan ke lokasi yang sekarang dikenal sebagai Alun-Alun Kota Bandung.

Tidak diketahui secara pasti, berapa lama kota bandung dibangun. Akan tetapi, kota itu dibangun bukan atas prakarsa daendels, melainkan atas prakarsa Bupati Bandung, bahkan pembangunan kota itu dipimpin langsung oleh Bupati. Dengan kata lain Bupati R.A. Wiranatakusumah II adalah pendiri kota ini.

Keputusan ini menandai lahirnya Kota Bandung pada tanggal 25 September 1810.

Perkembangan di Bawah Penjajahan Belanda dan Perjuangan Kemerdekaan Pada Masa Penjajahan Jepang

Sejak didirikan, Kota Bandung terus berkembang dengan pesat, terutama di bawah pemerintahan Kolonial Belanda. Kota ini menjadi pusat pemerintahan, perdagangan, dan pendidikan di Jawa Barat.

Keindahan alam dan udaranya yang sejuk menarik banyak orang Eropa untuk menetap di Bandung, sehingga kota ini dijuluki “De Parel van Preanger” (Permata Preanger).

Sedangkan pada Masa penjajahan Jepang membawa perubahan besar bagi Kota Bandung. Banyak bangunan dan infrastruktur dihancurkan, dan rakyat dipaksa untuk bekerja paksa.

Meskipun demikian, semangat kemerdekaan terus berkobar di hati rakyat Bandung. Puncaknya pada Pertempuran Bandung Lautan Api pada tanggal 23 Maret 1946, di mana rakyat Bandung membakar kota mereka sendiri untuk mencegah tentara Jepang kembali.

Masa Kini dan Tantangan Menuju Masa Depan

Saat ini, Kota Bandung telah menjelma menjadi salah satu kota metropolitan terbesar di Indonesia. Keindahan alamnya, keramahan penduduknya, dan budayanya yang kaya menjadikan Bandung sebagai destinasi wisata favorit.

Namun, di tengah kemajuannya, Bandung juga dihadapkan pada berbagai tantangan, seperti kemacetan, polusi, dan kesenjangan sosial.

Menyadari hal ini, pemerintah dan masyarakat Bandung terus bersinergi untuk membangun kota yang lebih maju, lestari, dan sejahtera bagi seluruh penduduknya.

Tokoh-tokoh Penting dalam Sejarah Bandung

  • A. Wiranatakusumah

Bupati Bandung yang memindahkan pusat pemerintahan ke Alun-Alun Kota Bandung, menandai lahirnya Kota Bandung.

  • H. Thamrin

Pahlawan nasional yang memimpin perlawanan rakyat Bandung melawan penjajah Belanda.

  • E. Kartini

Pahlawan nasional yang lahir dan dibesarkan di Bandung, pelopor gerakan emansipasi wanita.

  • Mochtar Kusumaatmadja

Arsitek ternama yang merancang Gedung Merdeka, salah satu landmark bersejarah di Bandung.

Tempat-tempat Bersejarah di Bandung

  • Alun-Alun Kota Bandung

Pusat Kota Bandung yang menjadi saksi bisu sejarah kota ini.

  • Gedung Merdeka

Tempat diselenggarakannya Konferensi Asia Afrika tahun 1955.

  • Museum Geologi Bandung

Menyimpan koleksi fosil dan artefak yang menceritakan sejarah alam dan manusia di Jawa Barat.

  • Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat

Monumen yang dibangun untuk mengenang para pahlawan yang gugur dalam perjuangan kemerdekaan.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.