Senin , 24 Juni 2024
Serba Serbi

Tipe kepribadian Introvert, Intuitif, Perasaan, Persepsi, atau INFP

infp

Madingmu.com  Tes psikologi yang disebut Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) digunakan untuk mengidentifikasi tipe kepribadian seseorang. Seseorang dapat memiliki salah satu dari 16 tipe kepribadian yang berbeda, menurut MBTI. Tipe kepribadian INFP adalah tipe kepribadian yang dapat digunakan untuk menggambarkan seseorang yang memiliki rasa ingin tahu, kreatif, dan bijaksana. Tes MBTI mencakup berbagai pertanyaan untuk membantu Anda lebih memahami kepribadian, kualitas, dan sikap hidup Anda. Jawaban Anda sesuai dengan salah satu tipe kepribadian, dan hasilnya dapat membantu Anda lebih memahami kepribadian Anda, termasuk interaksi Anda dengan orang lain serta kelebihan dan kekurangan Anda.

Jika Anda mengikuti tes MBTI dan menemukan bahwa Anda adalah seorang INFP, teruslah membaca untuk mengetahui lebih lanjut tentang tipe ini, termasuk ciri-ciri khasnya. dan seberapa luas penyebarannya.

Tipe kepribadian apa yang dimaksud dengan INFP?

MBTI dikembangkan oleh Katharine Cook Briggs dan putrinya, Isabel Briggs Myers, dan didasarkan pada teori tipologi kepribadian Carl Jung. Menurut John Hackston, kepala kepemimpinan pemikiran Myers-Briggs Company, tes ini menguji empat aspek kepribadian kita. Introvert, Intuitif, Perasaan, dan Persepsi adalah empat karakteristik dari tipe kepribadian INFP secara khusus.

“INFP mendapatkan energi dari dunia batin mereka, mereka menilai informasi secara intuitif, mereka membuat keputusan dengan hati, dan mereka menjalani hidup secara spontan,” jelas Ashwini Nadkarni, MD, psikiater, instruktur di Harvard Medical School, asisten direktur medis untuk Brigham Psychiatric Specialties, dan wakil ketua Kesehatan dalam Psikiatri di Brigham dan Rumah Sakit Wanita. “Mereka sering disebut “idealis”, dan mereka berusaha untuk mengetahui siapa diri mereka, bagaimana orang lain melihat mereka, dan menjalankan prinsip-prinsip mereka, yang benar-benar penting bagi mereka. Keaslian dan kejujuran diri sangat penting bagi para INFP.

Ciri-ciri kepribadian untuk tipe kepribadian INFP

Menurut Hackston, INFP sering dicirikan sebagai individu yang setia, intelektual, dan kreatif. Mereka biasanya menunjukkan perilaku yang tidak terlalu ekstrovert dan lebih pendiam. Hackston memperingatkan bahwa sikap pendiam seseorang tidak boleh diartikan bahwa mereka tidak peduli atau tidak tertarik dengan lingkungannya. Mereka sering kali memiliki dunia batin yang hidup, tetapi mereka sering kali menyimpannya untuk diri mereka sendiri, lanjutnya.

Mengingat bahwa tipe kepribadian INFP biasanya sangat menekankan pada perbaikan dunia, mereka kadang-kadang disebut sebagai “Penyembuh”. Mereka senang memenuhi kebutuhan orang lain, membantu, dan memberikan solusi inovatif untuk berbagai masalah. Dengan kesadaran dan keinginan yang besar untuk mendorong dan membantu orang lain, INFP adalah orang yang Anda inginkan dalam jaringan pendukung Anda.

“Kepribadian INFP adalah orang yang selalu berusaha keras untuk mencapai tujuan,” kata Hackston. Kepribadian ini didedikasikan untuk menyelesaikan tugas dengan cara yang menyenangkan semua orang. Dia melanjutkan, “Mereka berkomitmen untuk menjaga kesesuaian dengan cita-cita ini, berusaha keras. untuk menegakkannya. Mereka memiliki standar dan nilai moral yang jelas dan tertanam dengan baik.

Kekuatan dan Kelemahan INFP

Meskipun ada berbagai kekuatan dan keterbatasan yang terkait dengan INFP, sangat penting untuk diingat bahwa tidak semua orang yang cocok dengan tipe kepribadian ini akan memiliki sifat-sifat ini. Beberapa kelebihan INFP adalah:

  • Kreatif
  • Bermanfaat
  • Reflektif
  • Strategis
  • Kooperatif
  • Empati
  • Ingin tahu
  • Loyal
  • Fleksibel
  • Mendorong
  • Termotivasi
  • Perhatian

Meskipun INFP bisa sangat bermanfaat, mungkin juga ada beberapa kekurangan. Menurut Hackston, “INFP mungkin merasa sulit untuk berkomunikasi secara efektif dan mengekspresikan perspektif, emosi, dan ide mereka, baik dalam konteks profesional maupun pribadi.”

Dia juga menunjukkan bahwa karena mereka ingin menjadi spontan dan mengikuti arus, mereka terkadang mengalami kesulitan untuk mengikuti jadwal yang ketat dan rencana yang sangat terencana.

Di antara kesulitan yang mungkin dihadapi oleh para INFP adalah sebagai berikut:

  • Kesulitan mengartikulasikan ide-ide mereka dengan jelas dan tepat.
  • Kesulitan mengenali emosi mereka sendiri dan mendiskusikannya dengan orang lain.
  • Menunjukkan sikap menyendiri atau menjaga jarak dalam situasi social
  • Mengalami kesulitan untuk tetap teratur dan mengatur waktu mereka
  • Menunjukkan kepekaan yang lebih besar daripada individu biasa terhadap kritik yang membangun.

Tipe kepribadian INFP seberapa luas penyebarannya?

Meskipun sulit untuk memperkirakan jumlah pastinya, Ball State University memperkirakan bahwa 4,4% orang Amerika memiliki tipe kepribadian INFP. Sekitar 54% dari individu-individu tersebut adalah perempuan, sementara 46% adalah laki-laki.

Karier Tipe Kepribadian INFP

Nadkarni menyarankan para INFP untuk berkonsentrasi pada keterampilan yang berhubungan dengan karier mereka, seperti kreativitas, dan apa pun yang memungkinkan mereka menghayati nilai-nilai mereka. “INFP mendengarkan dengan baik di tempat kerja, senang membantu orang lain, dan peduli dengan tujuan, sehingga kolaborasi dalam tim menjadi mudah,” lanjut penulis.

Baik Nadkarni maupun Hackston setuju bahwa INFP harus mencari peluang kerja yang memungkinkan mereka untuk berekspresi secara kreatif dan melayani orang lain. Faktor yang paling penting bagi mereka adalah menemukan pekerjaan dengan perusahaan atau lingkungan yang memiliki nilai-nilai yang sama dengan mereka; jika tidak, mereka dapat berhenti bekerja tanpa alasan lain selain karena mereka tidak menyukainya. Dr. Nadkarni memperingatkan bahwa mereka mungkin akan merasa sulit untuk mengontrol waktu dan menghadapi stres dalam bentuk apa pun. Manajemen proyek adalah salah satu pilihan karier yang kuat dan sangat terorganisir, tetapi mungkin bukan pilihan terbaik, tambahnya. Peran yang membutuhkan banyak berbicara di depan umum juga dapat membuat INFP tidak nyaman.

Hackston dan Dr. Nadkarni menyarankan beberapa profesi yang berpotensi sebagai profesi ideal:

  • Dokter
  • Pekerja social
  • Psikolog
  • Pemasaran
  • Peran dalam fotografi dan seni
  • Penyuluhan
  • Sumber daya manusia
  • Berinteraksi

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.