Kamis , 25 April 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Tidak Termasuk Dalam Mamalia, 3 Burung Ini Bisa Produksi Susu Lho

penguin kaisar 169

Madingmu.com – Kita tahu, hewan yang menghasilkan susu adalah binatang yang berjenis mamalia dengan memiliki kelenjar susu. Ada banyak hewan menyusui yang sehari-hari bisa kita lihat, misalnya adalah kucing, sapi, kambing, dan sebagainya.

Dilansir dari laman Popsci, informasi yang diberikan oleh Liz Clayton Fuller, burung yang bukan mamalia ini ternyata dapat menghasilkan susu untuk anak mereka lho. Menariknya, tidak hanya betina yang memproduksi susu, tetapi burung jantan juga bisa melakukannya.

Bagaimana Burung Memproduksi Susu?

Tiga dari sepuluh ribu spesies burung yang ada di dunia ini yaitu merpati, flamingo, dan penguin kaisar, dapat menghasilkan susu. Sama seperti mamalia, susu tersebut memiliki kesamaan tujuan di peruntukan untuk menyusui anak-anaknya.

Namun burung tidak memiliki puting susu, mereka juga menghasilkan susu pada kantong dalam sistem pencernaan yaitu lapisan tembolok yang biasanya digunakan untuk menyimpan makanan.

Walaupun begitu, hormon prolaktin yaitu hormon yang menyebabkan laktasi pada mamalia, juga pada burung menggunakan hormon yang sama untuk merangsang produksi susu.

Alasan Merpati, Flamingo, dan Penguin Memberikan Susu pada Anaknya

  1. Merpati

604dc66f 73d7 4699 b02e 3ca2893656cd 169

Dalam menyesuaikan lingkungan yang minim makanan seperti protein dan lemak untuk anak merpati, burung merpati membuat susu. Pembuatan susu dilakukan sebelum telur-telurnya akan menetas.

Merpati memberikan susu eksklusif kepada anak-anak mereka selama satu atau dua minggu pertama sejak anak-anak tersebut menetas. Kemudian secara bertahap, merpati mulai mencampurkan makanan yang biasanya mereka konsumsi ke anak-anaknya.

Menariknya, tidak hanya merpati betina yang dapat menghasilkan susu, tetapi merpati jantan juga menghasilkan susu lho.

  1. Flamingo

712b4517 4b89 447e abe4 4bd40d2a9421

Burung Flamingo berevolusi menghasilkan susu karena flamingo yang baru lahir memiliki paruh yang belum cukup berkembang jika diberikan makanan seperti biasanya, itulah mengapa anak flamingo hanya bisa mengkonsumsi susu.

Sama halnya dengan merpati, baik flamingo jantan dan betina juga dapat menghasilkan susu untuk bayi mereka. Susu yang dihasilkan flamingo memiliki warna merah muda karena mengandung karotenoid yaitu pigmen warna.

Pemberian susu pada anak flamingo dilakukan biasanya sampai beberapa bulan, pemberian susu dilakukan dengan cara mengeluarkan susu tersebut langsung dari mulutnya ke mulut anak flamingo

  1. Penguin

penguin kaisar 1

Pada Penguin kaisar, yang bertugas mengeram telur penguin selama 2 bulan adalah penguin jantan sementara penguin betina akan mencari makanan.

Penguin kaisar jantan dapat membuat susu dan memberikannya kepada anaknya yang sudah menetas agar menjaga sang anak, sampai penguin betina kembali membawa makanan.

Hanya penguin jantan yang dapat membuat susu, sedangkan penguin betina tidak bisa. Meskipun begitu, anak-anak penguin bisa tetap terjamin akan kebutuhan nutrisi dari susu ketika betina pergi mencari makanan lain.

Inilah keajaiban yang menunjukkan betapa beragamnya adaptasi dan strategi kelangsungan hidup oleh berbagai jenis hewan di berbagai lingkungan.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan213
Literasi Keuangan40
Ruang Siswa153
Beasiswa280
School lifehack146
Hiburan203
Editor's Pick1373
Terpopuler1332
Opini10
Serba Serbi570

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.