Selasa , 23 April 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Tidak Disarankan Dimakan Saat Perut Kosong, 5 Buah Ini Jangan Dijadikan Takjil Saat Puasa!

2342554562 1

Madingmu.com – Buah memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Akan tetapi tidak semua buah bisa dimakan dalam kondisi perut kosong lho.

Apalagi saat berpuasa ini, kita harus tetap sehat agar ibadah lancar. Memilih buah-buah terbaik untuk dinikmati saat waktu berbuka sangatlah disarankan. Oleh karena itu, kamu perlu mencatat sederet buah-buahan yang dianjurkan untuk tidak dikonsumsi sebelum makan alias sebaiknya tidak dijadikan takjil. Apa saja sih? Simak dibawah Ini

  1. Jeruk
Daftar Manfaat Buat Jeruk Untuk Kesehatan Tubuh
Orange fruit with green leaves on the wood. Home gardening. Mandarine oranges. Tangerine oranges. Orange color. Fresh orange juice.

Asam yang ada dalam buah jeruk dapat meningkatkan produksi asam di ususmu. Hal ini dapat menyebabkan maag. Apalagi bila sistem pencernaanmu sangat rentan.

Selain jeruk, jambu biji juga tidak disarankan untuk dimakan untuk berbuka puasa karena kandungan asam sitratnya yang tinggi.

  1. Pisang

64255f1b76d11

Dilansir dari GAIA, mengonsumsi pisang dalam keadaan perut kosong dapat meningkatkan jumlah magnesium dalam darah dan membahayakan esehatan jantung.

Pisang juga mengandung gula alami yang dapat memberikan tambahan energi pada awalnya. Namun, akan menguras tenagamu beberapa lama kemudian. Hal itu dikarenakan zat gula membuatmu kenyang untuk sementara, namun dengan cepat dapat membuat perutmu kosong kembali.

Selain itu, sifat asam dari buah yang berwarna kuning ini dapat menyebabkan masalah esehatan pada ususmu.

  1. Anggur

007729800 1478599472 anggur

Anggur mengandung banyak gula dan dapat menyebabkan masalah pencernaan jika dikonsumsi saat perut kosong. Gula dalam anggur dapat menyebabkan lonjakan kadar insulin, menyebabkan ketidaknyamanan dan bahkan masalah pencernaan seperti perut kembung, gas, dan gangguan pencernaan.

  1. Mangga

1690283540383 jenis mangga 1

Mengonsumsi mangga saat berbuka puasa saat perut masih kosong dapat menyebabkan meningkatnya kadar gas dalam pencernaan, perut kembung, dan sembelit. Sebaiknya, kamu makan mangga setelah mengonsumsi makanan berat untuk menghindari masalah pencernaan selama menjalani ibadah puasa.

Selain itu, buah apel, pir, dan berry juga disarankan untuk tidak dijadikan takjil karena dapat menyebabkan efek yang sama untuk pencernaanmu.

  1. Nanas

nanas kandungan dan manfaat

Dilansir dari Mirchi Plus, nanas kaya akan vitamin C dan baik untuk pencernaan. Namun, buah ini juga mengandung bromelain yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan dalam sistem pencernaan jika dikonsumsi saat perut kosong.

Bromelain adalah enzim yang dapat mengiritasi lapisan lambung dan menyebabkan gangguan pencernaan, perut kembung, dan meningkatnya gas dalam pencernaan.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan213
Literasi Keuangan38
Ruang Siswa153
Beasiswa278
School lifehack146
Hiburan203
Editor's Pick1363
Terpopuler1320
Opini10
Serba Serbi570

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.