Kamis , 23 Mei 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Ternyata Ini Penyebab Mengapa Air Mata Terasa Asin

air mata
Sumber:google/Lifestyle Kompas

Madingmu.com – Mungkin Anda pernah secara tidak sengaja memakan air mata saat menangis. Tanpa disadari, air mata memiliki rasa yang asin. Bagaimana bisa? Menurut penelitian, air mata dan keringat terbuat dari air tubuh yang kaya akan elektrolit, dan itulah sebabnya mengapa keduanya memiliki rasa asin yang khas. Menurut situs WebMD, air mata hampir seluruhnya terdiri dari air, dengan hanya 2% yang berkontribusi pada rasa asin.

Namun demikian, komposisi 2% ini mengandung sejumlah bahan penting, seperti minyak, garam, dan lebih dari 1.500 jenis protein yang mendukung kesehatan dan fungsi mata.

Kandungan Elektrolit

Air mata mengandung elektrolit yang sangat penting dalam menghasilkan arus listrik dalam tubuh kita yang meningkatkan fungsi otak dan kontraksi otot. Elektrolit yang terkandung dalam air mata meliputi kalium, klorida, dan natrium, yang memberikan rasa asin pada air mata. Untuk memastikan operasi dan kesehatan mata dan organ tubuh lainnya, semuanya berinteraksi dalam keseimbangan yang rumit.

Air mata memainkan peran biologis yang sangat penting di samping fungsi fisiknya. Hal ini dikarenakan air mata merupakan mekanisme pertahanan alami mata terhadap ancaman, termasuk debu, virus, dan kuman. Air mata membantu menjaga kelembapan mata dan membersihkannya saat mata berkedip.

Baca Juga:Bukan PLTU Ini Penyebab Utama Polusi Udara Jakarta!

Apa yang Menyebabkan Air Mata Terbentuk?

Kelenjar air mata di bawah kelopak mata dan di atas mata bertanggung jawab untuk memproduksi air mata. Zat air mata ini disebarkan secara seragam ke seluruh permukaan kornea dan keluar melalui saluran air mata yang terletak di sudut kelopak mata. Air mata memiliki berbagai tujuan, termasuk menjaga kesehatan mata serta melindungi mata.

Terdapat lapisan-lapisan khusus dengan fungsi yang berbeda di dalam setiap tetesan air mata. Lapisan awal berupa lendir, yang melekat pada mata, melindungi mata dari risiko infeksi dan mata kering.

Lapisan air yang paling tebal dan paling asin berfungsi untuk menjaga kelembapan mata dan melindungi kornea. Terakhir, lapisan berminyak menjaga permukaan mata tetap jernih dan licin Oleh karena itu, meskipun terlihat sederhana, air mata sangat kompleks dan penting untuk menjaga dan memelihara keseimbangan tubuh serta kesehatan mata kita.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan215
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa156
Beasiswa293
School lifehack152
Hiburan212
Editor's Pick1492
Terpopuler1447
Opini10
Serba Serbi618

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.