Senin , 24 Juni 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Ternyata 5 Langkah Kecil Ini Bisa Bantu Palestina Lho!

palestine ap 327669110451

Madingmu.com –  Sudah tujuh bulan lebih Israel melangsungkan aksi kejinya kepada warga Palestina.

Dilansir dari Al Jazeera, korban meninggal dunia sejak tanggal 7 Oktober 2023-28 Mei 2024, sudah mencapai 36.096 orang. Dimana 15.000 di antaranya adalah anak-anak dan 10.000 orang dilaporkan hilang. Adapun untuk korban luka-luka mencapai 81.136 orang. Tentu saja hal ini bukanlah jumlah yang sedikit.

Serangan terbaru dari Israel di Rafah yang awalnya disebut dengan ‘zona aman’, dan ternyata masuk ke dalam wilayah yang di serangan, hal inipun telah menjadi sorotan dunia. Tak henti-hentinya kita di media sosial melihat serangkaian kekejaman Israel. Lantas apa saja sih langkah yang bisa kita lakukan untuk membantu Palestina?

  1. Mendoakan di Setiap Waktu

ilustrasi berdoa 169

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk membantu Palestina adalah dengan mendoakannya setiap waktu. Walau hal ini terkesan sangat sederhana, akan tetapi doa memiliki kekuatan energi yang bisa didengar dan diketahui langsung oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Dilansir dari detikHikmah, berikut ini doa untuk Palestina yang bisa kamu amalkan:

اَللّٰهُمَّ انْصُرِ الْمُسْلِمِيْنَ الْمُسْتَضْعَفِيْنَ فِي كُلِّ مَكَانٍ. اَللّٰهُمَّ ارْحَمِ الْمُسْتَضْعَفِيْنَ مِنْ عِبَادِكَ. اَللّٰهُمَّ اكْشِفْ الغُمَّةَ عَنْ أُمَّتِنَا. اَللّٰهُمَّ إنَّا نَسْأَلُكَ أَنْ تَرْفَعَ الْبَلَاءَ عَنْ غَزَّةَ وَأَهْلِهَا، وَأَنْ تَنْصُرَهُمْ عَلَى عَدُوِّهِمْ، وَأَنْ تَرْحَمَ الْمُسْتَضْعَفِيْنَ مِنْ عِبَادِكَ، وَأَنْ تَكْشِفَ الْغُمَّةَ عَنْ أُمَّتِنَا. اَللّٰهُمَّ عَافِنَا وَالْطُفْ بِنَا وَاحْفَظْنَا وَانْصُرْنَا وَفَرِِّجْ عَنَّا وَالْمُسْلِمِيْنَ. اَللّٰهُمَّ اكْفِنَا وَإِيَّاهُمْ جَمِيْعًا شَرَّ مَصَائِبِ الدُّنْيَا وَالدِّيْنِ

Arab-latin: Allahummanshuril musliminal mustadl’afina fi kulli makan(i). Allahumma-rhamil mustadh’afina min ‘ibadik(a). Allahummaksyifil ghummah ‘an ummatina. Allahumma inna nas’aluka an tarfa’al bala-a ‘an Ghazzah wa ahliha, wa an tanshurahum ‘ala ‘aduwwihim, wa an tarḫamal mustadl’afina min ‘ibadika, wa an taksyifal ghummah ‘an ummatina. Allahumma ‘afina walthuf bina waḫfadhna wanshurna wa farrij ‘anna wal muslimin(a). Allahummakfina wa iyyahum jami’an syarra masha-ibid dun-ya wad din(i)

Artinya: “Ya Allah, bantu umat Islam yang menderita di seluruh dunia. Kasihanilah mereka yang terzhalim di antara hamba-hamba-Mu. Ya Tuhan, hilangkanlah penderitaan dari umat kami. Kami mohon agar Engkau mengangkat kesulitan dari Gaza dan penduduknya, memberi mereka kemenangan atas musuh mereka, mengampuni mereka yang tertindas di antara hamba-hamba-Mu, dan singkirkanlah penderitaan di bangsa kami. Ya Allah, berikanlah kami kesehatan, berikan hati yang baik kepada kami, lindungilah kami, dan dukunglah kami, serta seluruh kaum Muslim. Ya Allah, peliharalah kami dan mereka dari segala bahaya, baik dalam urusan dunia maupun agama.”

  1. Berhenti Pembelian Produk yang Terafiliasi dengan Israel

1698745309 6540cbddadcf7 F3zUXqpJ5y6eD98HySHX

Salah satu bentuk dukungan untuk warga Palestina adalah dengan menghentikan pembelian produk yang terafiliasi dengan Israel. Pasalnya, sebagian keuntungan dari produk tersebut ada yang digunakan untuk Israel menyerang Palestina.

Kamu bisa memanfaatkan situs bdnaash.com atau aplikasi No Thanks, untuk memeriksa produk yang terafiliasi. Nantinya akan ada keterangan apakah produk yang akan kamu beli terafiliasi atau tidak dengan Israel.

  1. Ikut Berdonasi

WhatsApp Image 2023 11 21 at 11.09.15

Jika kamu punya rezeki lebih, kamu bisa ikut berdonasi. Donasi sekecil apapun, sangat bermanfaat lho.

Tapi harus di pastikan bahwa kamu memilih tempat donasi yang sudah terpercaya. Hal ini bertujuan agar tidak adanya penyelewengan dana dan rezeki yang sudah kamu sisihkan bisa tersampaikan.

  1. Menyuarakan di Media Sosial

all eyes on rafah dok instagram trtworld 169 1

Kamu bisa memanfaatkan media sosial, baik itu Instagram, X, Facebook, ataupun TikTok untuk terus mengunggah update terbaru soal Palestina.

Dengan postingan-postingan yang kamu unggah, kamu bisa memberikan pemahaman dan menyadarkan banyak orang untuk turut peduli dengan masalah yang menimpa Palestina. Dengan hal ini, akan semakin banyak orang lagi yang tentunya peduli.

  1. Ikut Aksi Bela Palestina

aksi bela palestina kepung kedubes as 20231028 101625

Saat kamu punya kesempatan dan waktu luang, kamu bisa ikut turun ke jalan untuk membela Palestina. Biasanya banyak komunitas yang menginisiasi aksi ini dan menentukan titik kumpulnya. Untuk info-info terkait aksi bela Palestina bisa kamu temukan di media sosial.

Itulah sederet langkah kecil yang dapat membantu warga Palestina. karena langkah kecilmu sangatlah berarti bagi mereka!

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.