Senin , 24 Juni 2024
HeadlineSerba Serbi

Teknologi Berbasis Kecerdasan Buatan Google Mulai Bisa Digunakan

doj antitrust google search CONTENT 2020
SGE merupakan teknologi berbasis kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) generatif. FOTO/ THE VERGE

madingmu.com – Google memang tidak pernah berhenti menghadirkan berbagai inovasi di platform-nya. Baru-baru ini, raksasa teknologi asal Amerika Serikat tersebut mengumumkan bahwa mereka mulai membuka akses ke Google Search Generative Experience (SGE).

Ini merupakan teknologi berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang bersifat generatif. Nantinya, pengguna bisa memperluas snapshot, menambahkan kartu yang menampilkan artikel sumber dan bisa mengajukan pertanyaan lanjutan.

Seperti dihimpun dari Engadget, Jumat (25/5/2023), pencarian inovatif bertenaga AI milik Google ini menggunakan input bar yang sama pada Google Search versi reguler, bukan kolom chatbot tertentu seperti di Bing. Selain menambahkan AI generatif ke dalam Search, Google juga membuka akses ke Search Labs lainnya, termasuk Code Tips dan Add to Sheets.

Code Tips memanfaatkan kekuatan model bahasa yang besar untuk memberikan petunjuk dalam menulis kode yang lebih cepat dan cerdas. Fitur ini memungkinkan para calon pengembang untuk mengajukan pertanyaan tentang bahasa pemrograman (C, C++, Go, Java, JavaScript, Kotlin, Python, dan TypeScript), alat bantu (Docker, Git, shell), dan algoritma.

Sementara itu, seperti namanya, Add to Sheets memungkinkan pengguna untuk memasukkan hasil pencarian langsung ke dalam aplikasi spreadsheet Google.

Dengan mengetuk ikon Sheets di sebelah kiri hasil pencarian, maka akan muncul dokumen-dokumen terbaru pengguna.

Sayangnya, update ini baru tersedia untuk pengguna Google di Amerika Serikat. Perusahaan belum mengumumkan seberapa cepat atau luas akses yang akan dibuka untuk pengguna di negara lain.

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.