Senin , 24 Juni 2024
Editor's PickHeadlineLiterasi KeuanganTerpopuler

Bikin Kaya Raya! Berikut Tips Menabung Ala Orang China

screenshot 2024 03 04 004907 65e4b69cde948f3c702061f2

Madingmu.com – China termasuk salah satu negara terkaya di dunia. Negara yang satu ini juga menarik perhatian dunia karena memiliki penduduk yang memiliki kebiasaan menabung lebih banyak.

Dilansir dari laman Forbes, hal ini dilatarbelakangi oleh kekhawatiran biaya layanan kesehatan, pendidikan, pensiun hari tua, dan tidak yakin mengenai besarnya perubahan biaya tersebut seiring dengan berjalannya waktu. Karena itu, orang China menanggapi kekhawatiran tersebut dengan cara menabung lebih banyak.

Bagaimana sih tips menabung ala orang China? Simak informasi di bawah ini.

  1. Terapkan Gaya Hidup Hemat

pexels karolina grabowska 4475523 2797150738

Orang China menerapkan frugal living atau gaya hidup hemat. Hal ini dilakukan untuk mempertahankan tabungan atau keuangan. Orang China akan penuh pertimbangan sebelum membeli sesuatu, termasuk memperhatikan manfaat barang yang diinginkan tersebut.

Jika dengan harga yang lebih murah mereka bisa memperoleh barang serupa dengan fungsi yang sama, maka mereka akan lebih memilih yang harganya terjangkau.

Menerapkan gaya hidup hemat bukan berarti pelit lho, hal ini tentang cara mengelola keuangan dengan baik agar bisa meningkatkan kekayaan dengan cepat.

  1. Masak di Rumah

memasak sendiri

Cobalah untuk lebih sering memasak makanan sendiri rumah. Dibandingkan membeli makanan di luar, memasak makanan sendiri tentu saja akan lebih menyehatkan dan juga lebih menghemat uang.

  1. Suka Menawar Harga

KINI.id 25 1 1568x882 1

Orang China dikenal sangat terampil dalam hal tawar-menawar harga. Mereka akan terus menawar hingga mendapatkan harga yang diinginkan. Keterampilan dalam menawar ini terbukti mampu membawa kondisi finansial mereka ke arah yang lebih baik.

Namun sebelum itu, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu harga pasaran untuk barang yang kamu tawar. Jadi, setidaknya kamu dapat menyangkal jika penjual hendak menolak tawaranmu.

  1. Memiliki Penghasilan Sampingan

Pentingnya Usaha Sampingan untuk Sumber Penghasilan Tambahan

Kamu bisa mencoba untuk memiliki penghasilan sampingan agar bisa mendapatkan sedikit uang tambahan. Baik itu dengan melakukan pekerjaan lepas atau bisnis sampingan kecil-kecilan.

  1. Manfaatkan Promo dan Diskon

strategi diskon 9

Ketika hendak berbelanja kebutuhan rumah tangga, orang China cenderung akan kmengecek apakah ada promo atau diskon. Mereka kerap memanfaatkan promo atau diskon untuk menghemat pengeluaran, sehingga bisa menabung dan membeli kebutuhan lainnya.

  1. Menerapkan 3R: Reduce, Reuse, Recycle

kurangi daur ulang daur ulang

Salah satu prinsip yang membuat orang China kaya ialah mereka menerapkan 3R yang terdiri dari reduce, reuse, dan recycle. Mereka tidak akan membuang suatu barang sebelum mempertimbangkan apakah barang tersebut masih bisa digunakan kembali atau tidak.

  1. Mengajari Anak tentang Literasi Keuangan

literasi keuangan parapuan1

Orang tua China akan mengajari tentang literasi keuangan ketika anaknya sudah cukup besar dan paham tentang uang. Hal ini dilakukan agar anak-anak dapat lebih memahami dan memanfaatkan uang dengan sebaik-baiknya.

Sebagai contoh sederhana, seperti menyuruh anak untuk mematikan lampu dan televisi jika tidak digunakan. Karena kedua barang tersebut membutuhkan biaya listrik.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.