Senin , 15 Juli 2024
HeadlineEditor's PickSerba SerbiTerpopuler

Tata Cara Shalat Gerhana Matahari

1577333394

Madingmu.com – Seperti yang telah disampaikan BMKG sebelumnya. Hari ini Indonesia akan mengalamai gerhana matahari Hibrid dan gerhana matahari total. Maka dari itu, Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag) Kamaruddin Amin mengajak seluruh umat muslim untuk melaksanakan salat kusuf saat Gerhana Matahari Hibrida terjadi.

“Kami juga mengimbau masyarakat untuk bertakbir, memperbanyak zikir, istighfar, sedekah dan amal saleh lainnya, serta mendoakan kesejahteraan dan kemajuan bangsa,” ujar Kamaruddin Amin, Selasa (18/4/2023) dikutip dari siaran pers.

Ketika terjadi gerhana matahari (kusufus syamsi), umat Islam dianjurkan melaksanakan sholat kusuf. Sebagaimana dalam hadis berikut ini.

إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ لَا يَكْسِفَانِ لِمَوْتِ اَحَدٍ وَلَا لِحَيَاتِهِ وَلَكِنَّهُمَا آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اللهِ تَعَالَى فَإِذَا رَأَيْتُمُوهُمَا فَقُومُوا وَصَلُّوا

Artinya: Sungguh, gerhana matahari dan bulan tidak terjadi sebab mati atau hidupnya seseorang, tetapi itu merupakan salah satu tanda kebesaran Allah ta’ala. Karenanya, bila kalian melihat gerhana matahari dan gerhana bulan, bangkit dan sholatlah kalian. (HR Bukhari-Muslim).

Saat terjadi gerhana matahari, kamu bisa langsung melakukan shalat gerhana matahari. Berikut niat shalat gerhana matahari :

Anjuran dalam Sholat Gerhana Matahari

Disunahkan untuk mandi sebelum sholat gerhana, tanpa berhias. Niat mandi sebelum sholat gerhana:

Bacaan Arab:

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِصَلَاةِ الْكُسُوْفِ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى

Bacaan latin:

Nawaitul ghusla lishalatil kusufi sunnatan lillahi ta’ala.

Artinya:

Aku niat mandi untuk gerhana matahari sunah karena Allah ta’ala.

Sholat gerhana disunahkan dilakukan secara sendiri (tidak berjemaah) apabila terjadi gempa, petir yang menakutkan dan angin kencang (Habib Zain, Taqriratus Sadidah fil Masailil Mufidah).

Tata Cara dan Niat Sholat Gerhana Matahari

1. Memastikan terjadinya gerhana matahari terlebih dahulu.

2. Sholat dilakukan saat gerhana sedang terjadi.

3. Pelaksanaan sholat dianjurkan secara berjemaah, namun juga diperbolehkan secara sendiri.

4. Dalam sholat gerhana tidak ada azan dan iqamah. Sebelum sholat, jemaah dapat diingatkan dengan ungkapan ‘As-Shalatu jami’ah’.

5. Membaca niat sholat gerhana matahari (kusufus syams)

Bacaan Arab:

أُصَلِّيْ سُنَّةً لِكُسُوْفِ الشَّمْسِ (اِمَامًا / مَأْمُوْمًا) رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Bacaan Latin:

Ushalli sunnatan likusufisy syamsi (imaman/makmuman) rak’ataini lillahi ta’ala.

Artinya:

Saya niat sholat sunah gerhana matahari (sebagai imam/makmum) dua rakaat karena Allah ta’ala.

6. Bacaan surat dalam sholat sunah gerhana matahari boleh dipelankan, boleh juga dikeraskan. Tetapi disunahkan pelan.

7. Sholat gerhana terdiri atas dua rakaat. Setiap rakaat terdiri dari dua kali ruku dan dua kali sujud. Setelah ruku pertama dari setiap rakaat membaca Al-Fatihah dan surat kembali. Dalam kitab Syarah Yaqutun Nafis disebutkan sholat gerhana bisa dilakukan dengan salah satu dari tiga cara berikut ini :

  • Sholat dua rakaat seperti sholat sunah tahiyatul masjid, dengan memperpendek bacaan-bacaannya. Cara ini merupakan cara paling gampang dan ringan.
  • Sholat dua rakaat dengan dua kali berdiri dan dua kali ruku dalam setiap rakaat, tanpa memperpanjang bacaan-bacaannya.
  • Sholat dua rakaat dengan dua kali berdiri dan dua kali ruku dalam setiap rakaatnya, serta memperpanjang bacaan-bacaan di dalam solat. Cara inilah yang paling utama.

8. Menurut keterangan yang terdapat dalam kitab-kitab fikih Mazhab Syafi’i, dianjurkan bacaan surat pertama lebih panjang daripada surat kedua.

Pada rakaat pertama di ruku pertama membaca tasbih kira-kira lamanya sama dengan membaca 100 ayat surat Al-Baqarah, sedangkan di ruku kedua kira-kira selama 80 ayat surat Al-Baqarah.

Pada rakaat kedua di ruku pertama membaca tasbih kira-kira lamanya sama dengan membaca 70 ayat surat Al-Baqarah, sedangkan di ruku kedua kira-kira selama 50 ayat surat Al-Baqarah.

9. Setelah sholat disunahkan untuk berkhotbah. Setelah selesai sholat, dilanjutkan dengan dua khotbah sebagaimana khotbah Jumat. Namun jika sholat sunah gerhana matahari dilakukan sendirian, tidak perlu ada khotbah. Begitu juga jika semua jemaahnya adalah perempuan. Tetapi jika ada salah satu dari perempuan tersebut yang berdiri untuk memberikan mauidlah tidak ada masalah.

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan218
Literasi Keuangan54
Ruang Siswa162
Beasiswa305
School lifehack154
Hiburan236
Editor's Pick1649
Terpopuler1601
Opini10
Serba Serbi685




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.