Jumat , 19 Juli 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Tanda Adanya PHK! Ini Dia 5 Tanda Perusahaan Akan ‘Merampingkan’ Karyawannya

phk ekrut

Madingmu.com –  Di dunia kerja, badai PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) atau layoff bagaikan mimpi buruk yang tak terduga datangnya. Kehilangan pekerjaan bisa menjadi momen penuh stres, kecemasan, dan ketidakpastian.

Namun, di tengah situasi yang penuh dengan tekanan ini, pentingnya bagi kamu untuk tetap tenang dan jeli. Dengan memahami tanda-tanda yang ditunjukkan oleh perusahaan, kamu bisa mengantisipasi kemungkinan terjadinya PHK dan mempersiapkan diri dengan lebih baik.

Apa saja sih tanda-tandanya? Dilansir dari laman US News, berikut adalah beberapa tanda perusahaan akan melakukan layoff.

  1. Tim Mengecil, tapi Produktivitas Tetap Tinggi

phkfoto freepikcomfreepik

Apakah kamu pernah dengar dengan istilah “attrition” dalam dunia kerja? Hal ini bukanlah sekadar karyawan yang mengundurkan diri, akan tetapi situasinya lebih dalam dari itu.

Attrition tanpa pengganti artinya perusahaan akan memutuskan untuk menghilangkan posisi tertentu ketika ada karyawan yang keluar. Alhasil, tim jadi lebih kecil dan ramping.

Kenapa sih ini bisa terjadi? Seiring dengan berkembang teknologi, banyak perusahaan, terutama di bidang teknologi, berinvestasi pada kecerdasan buatan (AI) dan otomatisasi tugas.

Dengan menghilangkan posisi tertentu dan mengalokasikan dana ke peran terkait AI, perusahaan bisa meningkatkan produktivitas dengan jumlah karyawan yang lebih sedikit. Jadi, saat kamu pindah kerja, bukan berarti kamu nggak diganti. Perusahaan mungkin saja memilih untuk mengoptimalkan tim dengan memanfaatkan teknologi.

  1. Hiring dan Spending Freeze

hiring freeze 1024x536 1

Dunia kerja itu dinamis. Ada masanya perusahaan gencar mencari karyawan baru dan menggelontorkan dana besar. Di sisi lain, ada juga saatnya perusahaan mengetatkan ikat pinggang dengan cara membekukan perekrutan dan pengeluaran.

Ini dia yang dinamakan “Hiring and Spending Freezes”. Tujuannya? Tentu saja untuk menghemat uang perusahaan dan mengurangi biaya.

Jadi, jika kamu dengar soal pembekuan seperti ini,  waspadalah! Bisa jadi itu pertanda perusahaan sedang  mengalami kesulitan dan perlu melakukan penyesuaian.

  1. Penundaan Proyek Baru

14691

Memang, penundaan proyek baru sendiri belum tentu artinya akan terjadi PHK. Namun hal ini bisa menjadi tanda peringatan, lho!

Mengapa? Penundaan proyek bisa jadi mencerminkan  perlambatan pertumbuhan perusahaan. Dana yang terbatas mungkin membuat perusahaan perlu  lebih selektif dalam mengalokasikan sumber daya.

Jadi, tetap peka ya! Proyek yang tertunda terus menerus juga bisa jadi  indikasi perusahaan sedang berhemat dan perlu melakukan penyesuaian.

  1. Para Petinggi Perusahaan Resign

1867592cee661c0b39d7791303c7557e

Kalau kamu meliihat ada petinggi yang hengkang dari perusahaan alias resign, hal ini bisa jadi tanda perusahaan sedang tidak baik-baik saja dan cepat atau lambat akan terjadi PHK.

Kenapa? Di level atas, para petinggi punya pandangan yang lebih luas tentang kondisi keuangan perusahaan. Mereka mungkin  menyadari potensi masalah keuangan dan memilih hengkang sebelum badai menerjang.

Keputusan mereka keluar biasanya menandakan kurangnya kepercayaan pada kemampuan perusahaan mengatasi kesulitan atau mengeksekusi strategi perbaikan.

  1. Merger dan Akuisisi Perusahaan

lt5fc5f58819fbd

Pernah dengar perusahaan A merger atau akuisisi perusahaan B? Kelihatannya sih hal ini bagus, seperti tim superhero yang kekuatannya digabungkan. Memang, tujuan merger dan akuisisi adalah  menyatukan kekuatan dan profitabilitas dua perusahaan.

Namun, ada efek sampingnya juga, lho. Proses ini bisa  mengakibatkan PHK pada karyawan dengan keahlian yang tumpang tindih.

Jadi meskipun merger dan akuisisi terlihat menguntungkan, tetap  waspada ya. Bisa jadi  posisi kamu terkena dampak rasionalisasi karyawan.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.