Minggu , 19 Mei 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Takut Makanan Lebaran Cepat Basi ? Berikut 5 Kesalahan Memasak Santan yang Harus Dihindari

232835 santan kelapa 1265 711

Madingmu.com – Santan menjadi salah satu bahan yang sering digunakan untuk mengolah makanan khas Lebaran. Seperti opor ayam, rendang, lontong sayur, gulai, hingga ketupat sayur. Bukan tanpa alasan, dengan rasa gurih dan creamy, santan mampu meningkatkan cita rasa makanan.

Namun, memasak santan bisa jadi gampang-gampang susah, lho. Jika tidak memasaknya dengan tepat, santan bisa pecah, gosong, atau makanan jadi cepat basi.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa kesalahan memasak santan yang harus kamu hindari.

  1. Tidak Diaduk

5ea921c9e6bb6

Santan perlu terus diaduk secara perlahan, hal ini bertujuan agar santan tidak pecah dan gosong. tapi mengaduknya pun juga jangan asal-asalan. Gunakan spatula kayu atau silikon untuk mengaduk santan agar tidak lengket di panci. Selain itu, aduk dari tengah ke arah luar karena umumnya bagian tengah panci lebih panas daripada bagian tepi.

  1. Tidak Dimasak dengan Api Kecil

4 masakan ini harus dimasak deng 20230430102609

Memasak santan dengan api besar bisa membuatnya menjadi pecah. Selain itu, suhu terlalu tinggi akan membuat santan menjadi sulit tercampur dengan bahan masakan lainnya.

Oleh karena itu, gunakan api kecil untuk memasak santan sambil diaduk perlahan. Dilansir dari CNN Indonesia, pada masakan berkuah, masukkan santan pada tahap terakhir. Dalam kondisi ini, semua bahan masakan sudah hampir matang dan jadikan santan sebagai sentuhan terakhir. Masukkan santan, aduk hingga mendidih, lalu matikan api.

  1. Memasak Santan Terlalu Lama

santan 0212c31437c4213c0687b47800e95dee cc883b0075e625a6457de24e079f5f5d

Jangan memasak santan terlalu lama, hal ini karena dapat membuat santan menjadi gosong dan berminyak.

Lantas, berapa lama sih harus memasak santan? Masak santan sampai matang dan mengeluarkan aroma yang harum.

  1. Jangan Dipanaskan Berkali-kali

018474200 1623306564 Suka Memanaskan Ulang Makanan Bersantan Awas Penyakit Jantung By Ika Rahma H shutterstock

Saat Lebaran, tak jarang kita mungkin akan memanaskan kembali makanan bersantan jika masih bersisa. Akan tetapi memanaskan makanan bersantan berulang kali bisa berdampak buruk lho bagi Kesehatan.

Dilansir dari CNN Indonesia, santan yang dipanaskan berulang bisa membuat asam lemaknya berubah jadi lemak jenuh. Dengan lemak jenuh tersebut tentu akan sangat berisiko meningkatkan kadar kolesterol jahat LDL dalam tubuh.

Terlalu banyak kolesterol LDL dalam darah dapat menyebabkan penumpukan lemak di pembuluh darah yang bisa menyumbat aliran darah ke jantung serta otak. Kemudian dampak buruk lainnya dari kelebihan lemak jahat ini ialah meningkatkan risiko penyakit jantung, obesitas, serta stroke.

Oleh karena itu, sebaiknya membuat masakan bersantan untuk satu kali santap saja dengan porsi secukupnya sehingga mengurangi risiko pemanasan kembali.

  1. Dicampur dengan Bahan Asam

masakan santan basi

Tahukah kamu jika santan mudah pecah saat dicampur dengan bahan asam? Misalnya dengan jeruk nipis, tomat, dan cuka. Jika ingin menambahkan bahan asam, masukkan saat masakan sudah hampir matang.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan214
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa155
Beasiswa292
School lifehack152
Hiburan209
Editor's Pick1474
Terpopuler1429
Opini10
Serba Serbi612

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.