Kamis , 23 Mei 2024
Editor's PickHeadlineSchool lifehackTerpopuler

It’s Ok To Gap Year, Asalkan Kamu Melakukan Ini!

62f3750989f9105b5fa2d85a PG GAP YEAR Top Preparatory Year Programs 1

Madingmu.com – Gap year adalah ketika seorang siswa memutuskan untuk tidak mendaftar di perguruan tinggi pada tahun pertama setelah lulus sekolah. Gap Year biasanya berlangsung selama satu atau dua tahun, tergantung pada pilihan orang tersebut. Gap year atau menunda kuliah setelah kelulusan sekolah itu bukanlah hal yang memalukan! Justru gap year menawarkan kesempatan untuk terlibat dalam kegiatan yang penting dan konstruktif.

Biasanya kebanyakan orang memilih gap year karena keterbatasan biaya, dan lebih memilih bekerja terlebih dahulu. Agar gap year mu lebih produktif, kamu bisa melakukan kegiatan-kegiatan berikut :

1. Kerja part-time atau volunteer

Siapa bilang lulusan SMA tidak bisa mendapatkan pekerjaan? Tahun 2023 ini banyak sekali lapangan pekerjaann baru yang cocok untuk lulusan SMA seperti content creator, content writer. Kamu  juga bisa memulai bisnis dropshipping, bekerja sebagai barista, menjadi kasir di distro (toko baju) dan bisnis lainnya secara online tanpa perlu mengeluarkan modal. Mendaftar menjadi sukarelawan (volunteer) juga merupakan ide yang bagus jika yang bisa kamu pi,ih saat gap year. Kamu bisa mengikuti kegiatan sosial sebuah komunitas remaja. Selain menambah pahala, kamu juga bisa mendapatkan pengalaman dan relasi juga.

Baca Juga : Pekerjaan yang Paling Banyak Dibutuhkan Tahun 2023! Cocok Untuk Fresh Graduate

2. Belajar skill baru dan juga mengasah Skill yang dimiliki

Point ini wajib sekali untuk kamu lakukan. Gunakan waktu gap year kamu untuk menemukan hal-hal yang mungkin terlewatkan di sekolah tanpa harus meninggalkan rumah. Misalnya, coding, Microsoft Excel, desain grafis, atau pemasaran digital. Dan jika kamu memiliki kemampuan khusus, gap year juga menjadi waktu yang tepat untuk mengasah skill kamu.

Kemampuan-kemampuan ini dapat dilakukan dari lokasi mana pun dan sangat dicari di dunia kerja. Jangan lupakan betapa pentingnya belajar bahasa Inggris. Dengan begitu, perjalanan Anda tidak akan sia-sia.

3. Menekuni Hobi

Gap year adalah kesempatan yang ideal untuk melakukan hobi hobi kamu. Misalnya kamu memiliki hobi memasak atau bernyanyi, kamu bisa mulai memanfaatkannya untuk membuat konten video / vlog setiap harinya. Selain mengisi waktu, menyalurkan hobi juga bisa menjadi hal yang menyenangkan untuk orang lain, termasuk menjadi sumber uang.

Merupakan hal yang menyenangkan bukan pada saat kita melakukan hobi yang dibayar

Baca Juga : Cara Mudah Screenshot di Laptop Windows dan MAC OS

4. Ikut Kelas Khusus

Disini adalah kesempatan emas kamu untuk bisa belajar kembali materi materi selama sekolah dan tes-tes perguruan tinggi. Dengan demikian kamu lebih diuntungkan satu langkah dibandingkan dengan fresh graduate lainnya.

Jangan lupa, setelah memilih untuk gap year. Kamu harus mulai kembali mengatur jadwal dan tujuan hidup mu. Mulailah dari menentukan akan berapa lama waktu gap year mu, menentukan kegiatan apa saja yang akan dilakukan, lalu belajar kembali materi selama sekolah dan mulai mencari kampus pilihan.

Follow Juga : Instagram madingmu

 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan215
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa156
Beasiswa293
School lifehack152
Hiburan212
Editor's Pick1492
Terpopuler1447
Opini10
Serba Serbi618

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.