Senin , 24 Juni 2024
HeadlineEditor's PickHealthcareTerpopuler

Tahukah Kamu, Kebiasan Ini Bisa Memicu Bibir Jadi Gelap

apakah liptint membuat bibir hitam

Madingmu.com – Perubahan warna pada bibir atau sering diistilahkan dengan pigmentasi bibir menjadi salah satu permasalahan yang dialami oleh banyak orang. Kondisi ini pun umumnya cenderung membuat bibir tampak lebih gelap. Meski biasanya hal itu bukan merupakan masalah medis, akan tetapi bibir yang menggelap akan mengganggu kepercayaan diri kamu.

Bibir yang gelap dapat terjadi karena sejumlah faktor. Mulai dari perubahan hormonal hingga soal kebiasaan yang dilakukan sehari-hari. Dilansir dari Life Style Asia, berikut ini sejumlah kebiasaan yang ternyata bisa memicu bibir gelap. Kira-kira masih sering Beauties lakukan tidak, ya?

  1. Abaikan Paparan Sinar Matahari

A15B5F96 15B7 489E BC6A 4A9A82A81009

Sinar matahari memang sangat penting untuk kesehatan karena mengandung vitamin D. akan tetapi paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menimbulkan flek hitam dan pigmentasi bibir secara keseluruhan. Tak main-main, sinar matahari yang berlebihan bahkan dapat menyebabkan penuaan dini hingga potensi kanker bibir.

Untuk mencegah risiko tersebut, penggunaan lip balm dan lipstik yang mengandung SPF menjadi hal yang penting. Maka saat akan membeli produk perawatan bibir, pastikan dulu kamu mencari yang tidak hanya memberikan efek melembapkan melainkan juga yang mengandung perlindungan terhadap UVA dan UVB.

  1. Sering Memakai Sembarang Produk Bibir

feedImage 2024 2 29 1709191771024

Setiap orang tentu saja ingin memiliki bibir yang cantik dan merah alami. Untuk mewujudkan hal tersebut, kamu mungkin terdorong untuk menggunakan berbagai jenis produk bibir tanpa terlalu memperhatikan kandungannya.

Padahal, sejumlah produk mengandung bahan kimia yang terlalu keras. Produk itulah yang justru bisa menyebabkan masalah bibir kering, iritasi, dan pigmentasi. Olehnya itu, para ahli lebih menyarankan untuk memilih produk dengan bahan alami seperti minyak kelapa dan vitamin E. Bahan ini tidak hanya melembapkan bibir melainkan juga memberikan nutrisi tanpa menimbulkan efek buruk.

  1. Sering Kali Tidak Memperhatikan Makanan yang Dikonsumsi

1661913437 Aturan dan Pilihan Makanan untuk Pasien COVID 19

Makanan dan minuman yang dikonsumsi sangat berkontribusi penting bukan hanya untuk kesehatan tubuh, tapi juga untuk kesehatan kulit termasuk bibir. Maka, selain memperhatikan pemilihan produk bibir yang digunakan, kamu juga wajib untuk memperbaiki pola makan.

Terkait itu, penting juga untuk mengonsumsi makanan seimbang yang kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral. Di antaranya buah beri, sayuran berdaun hijau, dan ikan yang kaya asam lemak omega-3 karena dapat membuat bibir sehat dan bercahaya.

Selain itu, pastikan kamu juga batasi konsumsi kafein, alkohol, dan makanan pedas secara berlebihan karena bisa memperburuk masalah bibir gelap.

  1. Sering Membiarkan Bibir Kering dan Pecah

image

Bibir kering dan pecah-pecah memang cukup lumrah terjadi. Sayangnya, beberapa di antara kamu mungkin menyepelekan kondisi ini. Kamu mungkin bahkan hanya berusaha untuk mengorek bibir yang pecah-pecah.

Faktanya, kebiasaan tersebut justru bisa memperparah pigmentasi bibir dan memicu infeksi. Maka, alih-alih mengoreknya secara kasar, kamu sebaiknya menggunakan scrub bibir untuk mengelupas kulit bibir dengan lembut. Setelah itu, jangan lupa menggunakan lip balm untuk menjaga kelembapan dan mempercepat penyembuhannya.

  1. Selalu Melewatkan Minum

60ba038d5d628

Air memainkan peran yang sangat penting untuk kesehatan tubuh dan kulit. Tapi kegiatan sepele minum air putih terkadang masih sering dilewatkan lho. Padahal, asupan air yang kurang bisa menimbulkan banyak masalah, termasuk bibir kering dan gelap.

Oleh karena itu, selain menggunakan produk perawatan bibir, kamu juga harus menjaga kelembapan kulit dari dalam dengan cara minum air yang cukup. Dalam hal ini, upayakan untuk mengonsumsi air putih setidaknya 2 liter atau sekitar 8 gelas air setiap hari.

Itu dia sejumlah kebiasaan yang bisa memicu bibir gelap. Jangan lakukan lagi agar masalah pigmentasi bibir bisa segera teratasi ya.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.