Selasa , 23 April 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Siapa Penemu Internet yang Sebenarnya?

internet1
sumber:google/dkiskotacirebon

Madingmu.com – Penemuan internet,seperti halnya penemuan penting lainnya dalam peradaban manusia, tidak mungkin untuk menentukan siapa penemunya yang pertama. Namun ada beberapa orang yang disebut-sebut sebagai “penemu” internet. Siapakah sebenarnya mereka?

Licklider

Licklider, seorang psikolog dan ilmuwan komputer AS, mengusulkan gagasan ‘Jaringan Galaksi’ pada bulan Agustus 1962. Ia menjelaskan konsepnya tentang komputer yang saling terhubung secara global di mana setiap orang dapat mengakses data dan aplikasi dari berbagai lokasi.Dia membujuk pewaris gagasan ini untuk melanjutkan pekerjaannya saat bekerja di Badan Proyek Penelitian Lanjutan Departemen Pertahanan AS (DARPA).

Kleinrock, Leonard

Kleinrock, seorang ilmuwan komputer dari Amerika Serikat, muncul berikutnya, menerbitkan sebuah makalah tentang teori pengalihan paket pada bulan Juli 1961 dan sebuah buku tentang masalah ini pada tahun1964. Gagasannya adalah bahwa jaringan internet dapat dibangun di
mana komputer berinteraksi menggunakan ‘paket’ informasi dan bukan sirkuit.Pada tahun 1965, hal ini memungkinkan dua komputer di Lincoln Lab MIT untuk berkomunikasi satu sama lain untuk pertama kalinya.

Paul baran

Ketika bekerja dengan Angkatan Udara AS di RAND pada tahun 1960-an, Baran, seorang insinyur Polandia-Amerika, merancang jaringan komunikasi tanpa titik komando pusat.Dia merancang sebuah mekanisme yang memungkinkan titik akses jaringan untuk berkomunikasi satu sama lain tanpa memerlukan titik pusat. Hasilnya, meskipun salah satu dihancurkan, mereka masih dapat mengakses semuanya.

Larry Roberts

Ilmuwan utama DARPA ini berkolaborasi dalam konsep jaringan terdistribusi dengan Paul Baran dan Leonard Kleinrock. Pada tahun 1967, ia merinci rancangannya untuk jaringan komputer dalam ‘Advanced Research Projects Agency Network’, atau ARPANET. Pada tanggal 29 Oktober 1969, transmisi pertama antara dua komputer ARPANET dikirim dari pusat penelitian UCLA ke Universitas Stanford.

Robert Kahn dan Vint Cerf

Cerf dan Kahn menciptakan ‘Transmission Control Protocol and Internet Protocol’ (TCP/IP) pada tahun 1974, yang memungkinkan komputer pada jaringan yang berbeda untuk berinteraksi satu sama lain. Banyak yang menganggap tanggal 1 Januari 1983, sebagai hari dimana ARPANET dan Jaringan Data Pertahanan secara resmi beralih ke TCP/IP sebagai tanggal lahirnya Internet.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan213
Literasi Keuangan38
Ruang Siswa153
Beasiswa278
School lifehack146
Hiburan203
Editor's Pick1363
Terpopuler1320
Opini10
Serba Serbi570

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.