Jumat , 24 Mei 2024
Editor's PickHeadlineKilas PendidikanTerpopuler

Persiapan Bagi Siswa Kelas 12, 7 Cara Lolos SNBP 2024

Tips Belajar Efektif

Madingmu.com –  Bagi siswa kelas 12 SMA/SMK/Sederajat yang nanti ingin masuk perguruan tinggi negeri (PTN), maka bisa mengikuti jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024. Oleh karena itu, tentu saja butuh cara atau tips lolos SNBP 2024. Salah satunya dengan terus meningkatkan prestasi baik akademik maupun non-akademik. Adapun SNBP menggunakan kombinasi dari rata-rata nilai seluruh mata pelajaran, prestasi akademik, dan penilaian dari masing-masing kampus. Penyelenggaraan SNBP dilakukan oleh lembaga Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB).

Tentu nya ada beberapa aturan yang ditetapkan oleh SNPMB bagi calon peserta SNBP, yaitu mengenai PDSS, akreditasi sekolah, dan pemilihan program studi. Apakah kamu ingin ikut SNBP 2024? Sebagai calon mahasiswa, kamu harus memahami beberapa hal berikut.

Dilansir dari laman Universitas Multimedia Nusantara (UMN). Berikut ini merupakan beberapa cara untuk lolos SNBP 2024 bagi calon mahasiswa :

Persyaratan pendaftaran harus dipenuhi

Jika kamu ingin ikut SNBP 2024, maka jangan lupa untuk memenuhi semua persyaratan yang dibutuhkan saat mendaftar SNBP, baik persyaratan umum maupun persyaratan khusus. Sebagai siswa SMA kelas 12, kamu harus memenuhi semua syarat yang ditetapkan oleh PTN dan jurusan kuliah yang kamu tujuan.

Tapi perlu diingat bahwa persyaratan tiap jurusan di setiap PTN bisa berbeda-beda, Pastikan kamu bisa memperoleh informasi yang benar melalui situs web PTN terkait.

Perhatikan jadwal SNBP 2024

Kamu harus membuat pengingat pada setiap tahapan jadwal pendaftaran di ponsel kamu atau membuat pengingat ditempat yang mudah dilihat. Kamu pun bisa kehilangan kesempatan mendaftar jika kamu tidak paham jadwal SNBP 2024.

Harus memahami aturan dasar

Sebelum mendaftar SNBP 2024, sebaiknya kamu harus memahami dahulu aturan dasar yang berlaku. Informasi tersebut dapat diakses melalui laman resmi yang sudah tersedia.

Bisa menganalisis nilai rapor

Kamu juga bisa menghitung nilai rapor sendiri dengan mengacu pada kebijakan terbaru yang dikeluarkan oleh Kemendikbud Ristek, kemudian menganalisis hasilnya dengan rumus yang tersedia. Setelah itu, cocokkan hasil analisis dengan jurusan kuliah yang ingin kamu daftar, apakah sudah sesuai atau belum.

Coba sesuaikan nilai rapor dengan jurusan

Jika kamu sudah menentukan jurusan kuliah yang ingin kamu daftar, maka harus bisa menyesuaikan nilai rapor kamu. Jika nilai rapor mu rendah, kamu bisa mencoba untuk pilih jurusan lain yang sesuai dengan nilaimu. Selain itu, kamu jangan terlalu ambisi dalam mengambil keputusan sebelum memastikan nilai rapor kamu.

Harus optimis dan berdoa

Hal yang tak kalah penting ialah kamu harus selalu optimis dan berdoa. Sebab, usaha baik yang didukung dengan doa tulus akan diberikan hasil yang terbaik.

Membuat portofolio yang paling baik

Kamu harus membuat portofolio paling baik. Meskipun tidak semua jurusan membutuhkan portofolio sebagai faktor penentu kelulusan.

Itulah beberapa cara lolos SNBP 2024 yang harus dipahami oleh siswa kelas 12 sebagai persiapan kuliah di PTN.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan215
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa156
Beasiswa293
School lifehack152
Hiburan213
Editor's Pick1497
Terpopuler1452
Opini10
Serba Serbi619

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.