Rabu , 19 Juni 2024
HeadlineKilas Pendidikan

Pengumuman UTBK 2023, Lihat Cara Cek dan Tahapan Selanjutnya

pengumuman utbk 2023 jam berapa
Dok Universitas Indonesia

madingmu.com – Pengumuman hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berbasis Tes (UTBK SNBT) akan disampaikan pada hari Selasa, 20 Juni 2023. Pengumuman akan dibuka pada pukul 15.00 WIB.

Panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) mengatakan pengumuman tersebut dapat diakses di laman resmi SNPMB dan laman mirror.

“Pengumuman nantinya dapat diakses melalui laman resmi SNPMB & laman mirror yang akan segera diumumkan,” tulis BPPP Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru, dikutip (16/6/2023).

Meski link mirror pengumuman UTBK SNBT 2023 belum diinformasikan, namun detailers bisa memahami cara melihat hasilnya terlebih dahulu. Simak langkah-langkahnya berikut ini!

Cara Melihat Pengumuman UTBK 2023

  1. Buka situs https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ atau laman mirror kampus tujuan.
  2. Masukkan nomor peserta dan tanggal lahir
  3. Klik Lihat Hasil.

Nantinya, jika siswa diterima, pada halaman tersebut akan ditampilkan nomor peserta, nama, tanggal lahir, nama perguruan tinggi penerima, dan nama program studi. Sementara itu, bagi siswa yang tidak diterima, halaman hanya akan menampilkan nama dan nomor peserta.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Gagal UTBK?

Beberapa hal bisa dilakukan bagi siswa yang belum berhasil di UTBK SNBT tahun ini. Mengutip media sosial resmi @bp3_kemdikbud, berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan jika belum berhasil lolos UTBK 2023:

1. Mengikuti Seleksi Mandiri

Masih ada berbagai jalur seleksi mandiri di perguruan tinggi negeri. Seleksi mandiri yang bisa dicoba antara lain SIMAK Universitas Indonesia, SM ITB, SM IPB, SMUP Unpad, SM Unair (SMUA), dan lain-lain.

2. Mengikuti Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Swasta

Belajar di perguruan tinggi swasta juga tidak kalah dengan perguruan tinggi negeri. Jika khawatir terkendala biaya, detailers bisa melihat peluang beasiswa yang disediakan oleh PTS terkait atau mendaftar di PTS yang menerima KIP Kuliah.

3. Melakukan Gap Year

Opsi gap year bisa dilakukan oleh para lulusan SMA/sederajat yang masih harus lulus UTBK SNBT 2023. Selama gap year, kamu bisa mempersiapkan diri untuk mengikuti UTBK tahun depan, mengikuti magang, dan kursus, membuka usaha, dan melakukan kegiatan berharga lainnya.

Itulah cara melihat pengumuman UTBK SNBT 2023 dan beberapa hal yang bisa kamu lakukan jika tidak lolos. Selamat mencoba!

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.