Senin , 11 Desember 2023
HeadlineKilas Pendidikan

Pendaftaran Masih Dibuka, 1.000 Orang Berpeluang Jadi Mahasiswa Sarjana Terapan Unpad

ayo kenal unpad

madingmu.com – Universitas Padjadjaran masih membuka kesempatan pendaftaran untuk program Sarjana Terapan. Tahun ini daya tampung Program Sarjana Terapan Unpad kurang lebih 1.000 orang untuk 14 program studi.

“Total daya tampung sekitar 900 lebih, hampir 1.000 calon mahasiswa yang masuk ke program Sarjana Terapan Unpad. Jadi peluangnya besar bagi yang ingin bergabung dengan Unpad melalui program Sarjana Terapan,” ujar Kepala Kantor Pendidikan Vokasi Dina Sartika, S.E., M.Si., Ph.D. dalam acara “Yuk Mengenal SMUP Sarjana Terapan Unpad”, yang disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Unpad, Kamis (22/6/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Dina menjelaskan bahwa kurikulum program Sarjana Terapan Unpad dibangun dengan melibatkan industri dan mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia dari Kementerian Ketenagakerjaan RI. “Sehingga lulusan kami belajar sesuai dengan kebutuhan industri,” ujar Dina.

Lebih lanjut Dina menjelaskan, berbeda dengan pendidikan sarjana (S-1) yang banyak mengajarkan teori, pendidikan Sarjana Terapan lebih banyak didominasi oleh praktik. “Jadi sekitar 30-40% adalah belajar teori, dan sisanya, 60-70% adalah belajar praktik baik di lab maupun lapangan,” jelas Dina.

Selain mendapatkan ijazah, lulusan Sarjana Terapan Unpad juga akan dibekali dengan sertifikasi kompetensi yang diakui oleh Badan Nasional Sertifikasi Kompetensi sesuai dengan bidang yang ditekuninya. “Ini semacam pengakuan dari pihak luar bahwa Anda memiliki kompetensi di bidang Anda,” ujar Dina.

Perhatikan Tanggal Penting Pendaftaran

Panitia SMUP 2023 Irma Nuraini, S.Si., M.T. mengatakan, pendaftaran Sarjana Terapan Unpad dilakukan melalui seleksi mandiri. Pendaftar dapat memilih dua skema, yaitu skema nilai UTBK 2023 atau nilai ujian SMUP. Irma juga menekankan pentingnya memperhatikan jadwal pendaftaran dan ujian.

Pendaftaran Sarjana Terapan Unpad dapat dilakukan hingga 25 Juli 2023. Namun, khusus untuk pemilih skema nilai ujian SMUP, pendaftar harus melakukan pendaftaran hingga 26 Juni 2023. Ujian SMUP akan dilaksanakan secara daring pada tanggal 8-10 Juli 2023. Pelamar untuk jenjang S-1 dan Sarjana Terapan seleksi mandiri akan mengikuti ujian ini.

“Ujian SMUP hanya dilaksanakan satu kali, dan hasil ujiannya bisa digunakan untuk mendaftar ke jenjang S-1 atau Sarjana Terapan,” jelas Irma. Materi yang diujikan adalah Tes Kemampuan Belajar, dan tidak ada materi tes mata pelajaran.

Peserta yang lulus memiliki nilai tertinggi sesuai dengan kuota atau daya tampung masing-masing program studi. “Jadi kita urutkan nilainya. Nilai tertinggi itulah yang bisa lolos ke program Sarjana Terapan,” kata Irma.

Sumber : https://www.unpad.ac.id/2023/06/pendaftaran-masih-dibuka-1-000-orang-berpeluang-jadi-mahasiswa-sarjana-terapan-unpad/

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan211
Literasi Keuangan30
Ruang Siswa107
Beasiswa137
School lifehack91
Hiburan144
Editor's Pick780
Terpopuler744
Opini10
Serba Serbi376

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.