Jumat , 24 Mei 2024
HeadlineRuang SiswaSerba SerbiTerpopuler

Ekstrem! Suku Dani Memotong Jarinya Untuk Mengungkapkan Perasaan Berduka

add3633876a2d962361b4fde8dcd3962

Madingmu.com – Suku Dani merupakan salah satu suku yang paling populer di tanah Papua. Suku yang tinggal di Lembah Baliem ini masih menempati rumah adat Papua yang beratap jerami dan berdinding kayu, dikenal sebagai rumah Honai. Bercocok tanam merupakan  mata pencaharian utama Suku Dani di Papua.

    Bahasa Dani merupakan bahasa aktif dan merupakan bahasa yang digunakan di kehidupan sehari-hari. Bahkan bahasa ini telah dianggap sebagai lingua franca (bahasa pengantar, bahasa pergaulan di suatu wilayah) di wilayah pegunungan tengah, di sekitar Kabupaten Jayawijaya. Namun walaupun bahasa Dani merupakan bahasa utama, Suku Dani juga bisa berbahasa Indonesia.

Baca Juga : Yuk Kenalan Sama 5 Upacara Adat di Indonesia!

    Ada salah satu tradisi Suku Dani yang unik dan menarik untuk kita pelajari. Yaitu tradisi Suku Dani yang memotong jarinya bila mereka ditinggalkan oleh kerabatnya. Tradisi ini dikenal dengan nama Ikipalin.

    Ikipalin dilakukan untuk mengekspresikan kesedihan mereka atas kepergian keluarga dan sahabatnya. Karena menurut mereka, perasaan sedih dan tangisan saja tidak cukup untuk mengekspresikan rasa berduka.

    Dikutip dari Jurnal Holistik berjudul Kebudayaan Potong Jari sebagai Simbol Duka Suku Moni di Desa Ugidimi Distrik Bibida Kabupaten Paniai Provinsi Papua yang ditulis oleh Amatus Zonggonau, hubungan kekerabatan merupakan salah satu aspek terpenting dalam tatanan masyarakat dan tradisi potong jari termasuk ke dalam aspek kekerabatan tersebut. Tradisi potong jari dianggap sebagai simbol kerukunan, kebersatuan, dan kekuatan dalam diri manusia ataupun keluarga.

Baca Juga : Selain IQ Tinggi, Ini dia 6 Ciri-Ciri Orang Cerdas Menurut Penelitian

    Tradisi Ikipalin biasanya dilakukan oleh para wanita, namun terkadang ada juga pria yang memotong jarinya saat berduka. Mereka memotong jarinya saat berduka, karena menurut mereka kebersamaan merupakan hal yang sangat penting. Bagi masyarakat Suku Dani, tangisan saja tidak cukup untuk melambangkan kesedihannya. Rasa sakit memotong jari dianggap dapat mewakili rasa sakit mereka dari kehilangan orang tersayang. Ketika jari mereka telah sembuh, maka rasa sakit kehilangan itupun sudah hilang.

    Itulah penjelasan tradisi memotong jari, Ikipalin yang dilakukan oleh masyarakat Suku Dani saat berduka. Bagaimana menurutmu?

Follow Juga : Instagram madingmu

Penulis : Nareswari Nirwasita

Sumber : https://www.tvonenews.com/berita/nasional/132030-mengenal-tradisi-ektrem-potong-jari-dari-suku-dani-papua-cara-berduka-untuk-kerabat-yang-meninggal ; http://id.dbpedia.org/page/Bahasa_Dani#:~:text=Bahasa%20Dani%20adalah%20bahasa%20yang,pegunungan%20tengah%2C%20sekitar%20kabupaten%20Jayawijaya ; https://indonesiabaik.id/infografis/5-suku-unik-yang-ada-di-papua#:~:text=Suku%20Dani%20menjadi%20salah%20satu,adat%20yang%20diberi%20nama%20Honai ; http://kipbipa.appbipa.or.id/unduh/prosiding_kipbipa11/35%20Arif%20Budi%20Wurianto.pdf ; https://mengenalindonesia.com/budaya-ikipalin-budaya-ekstrem-dari-papua-yang-penuh-makna/

Sumber Foto : https://pin.it/7uTjXng

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan215
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa156
Beasiswa293
School lifehack152
Hiburan213
Editor's Pick1497
Terpopuler1452
Opini10
Serba Serbi619

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.