Minggu , 19 Mei 2024
Editor's PickBeasiswaHeadlineTerpopuler

Para Siswa-Pekerja Wajib Tahu! Berikut 5 Beasiswa dari Pemerintah yang Bisa Kamu Coba

cara cepat lulus kuliah 4 1200x900 1

Madingmu.com – Beasiswa bisa menjadi pilihan untuk kamu yang ingin menempuh pendidikan tanpa harus memikirkan biaya. Untungnya, berbagai lembaga pemerintah menyediakan beasiswa yang bisa kamu ikuti.

Beasiswa dari pemerintah pusat ini membuka berbagai jenis program. Ada yang ditujukan untuk sekolah SMP/SMA, studi S1, pascasarjana, hingga riset.

Tak hanya biaya Pendidikan saja, beasiswa juga dapat menyediakan tunjangan hidup hingga transportasi. Penasaran apa saja beasiswa dari pemerintah yang bisa kamu coba? Cek berikut ini.

5 Beasiswa dari Pemerintah yang Bisa Kamu Coba

  1. LPDP

LPDP atau Lembaga Pengelola Dana Pendidikan merupakan lembaga yang berada di bawah naungan Kementerian Keuangan. LPDP juga membuka beasiswa yang kerap kali menjadi incaran pelajar Indonesia.

Dibuka dalam dua tahap setiap tahunnya, LPDP membuka beasiswa reguler, beasiswa khusus PNS, TNI, dan POLRI, beasiswa khusus penyandang disabilitas, dan beasiswa afirmasi.

Beasiswa khusus studi pascasarjana ini akan memberikan biaya pendidikan secara penuh plus biaya tunjangan hidup. Jika kamu ingin menempuh studi ke luar negeri, maka selesai studi kamu wajib mengabdi kembali ke Tanah Air.

Untuk informasi mengenai beasiswa LPDP, kamu bisa cek di laman berikut https://lpdp.kemenkeu.go.id/.

  1. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek)

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) juga membuka beragam beasiswa. Ada empat beasiswa yang dibuka oleh kementerian ini, yaitu:

  • Beasiswa Unggulan

Beasiswa Unggulan merupakan beasiswa yang ditujukan bagi pelajar berprestasi atau pegawai Kemendikbud untuk menempuh pendidikan tinggi jenjang S1, S2, dan S3. Untuk informasi lebih lanjut mengenai beasiswa ini, kamu cek dilaman berikut https://beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/.

  • KIP Kuliah

Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP Kuliah merupakan beasiswa yang ditujukan bagi siswa berprestasi dan berasal dari keluarga ekonomi kurang mampu untuk menempuh pendidikan S1. Penerima KIP Kuliah harus termasuk dalam DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) dan memenuhi syarat yang tertera pada https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/.

  • Beasiswa Pendidikan Indonesia

Beasiswa Pendidikan Indonesia diluncurkan pada 2021 untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia. Beasiswa ini dibuka bagi pelajar berprestasi, guru, hingga pelaku budaya. Untuk informasi mengenai pendaftaran Beasiswa Pendidikan Indonesia, kamu bisa cek di laman berikut https://beasiswa.kemdikbud.go.id/.

  • Beasiswa Indonesia Maju

Beasiswa Indonesia Maju (BIM) diluncurkan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) untuk menyiapkan dan memberikan pembiayaan bagi pelajar berprestasi. BIM membuka program beasiswa persiapan bagi pelajar kelas XI dan beasiswa studi S1 dan S2. Untuk informasi lebih lanjut mengenai BIM, kamu bisa cek di laman berikut https://bim-pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/.

  1. Kementerian Agama (Kemenag)

Kementerian Agama (Kemenag) sedang membuka peluang lebar bagi alumni pesantren, lulusan perguruan tinggi Islam, dan tenaga kependidikan Pendidikan Agama Islam untuk melanjutkan studi. Beasiswa yang ditawarkan oleh Kemenag adalah Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB).

BIB adalah beasiswa kolaborasi antara Kemenag dengan LPDP dengan cakupan beasiswa jenjang S1, S2, S3, dan studi non gelar. Jika kamu tertarik untuk mendaftar, kamu bisa cek informasi tentang BIB di laman berikut ini https://beasiswa.kemenag.go.id/.

  1. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo)

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menawarkan dua beasiswa yang bisa diikuti oleh pelajar maupun masyarakat umum. Beasiswa tersebut ialah Digital Talent Scholarship dan Beasiswa Kominfo.

  • Digital Talent Scholarship

Digital Talent Scholarship merupakan beasiswa pelatihan di bidang informasi dan teknologi yang telah dirilis Kominfo sejak 2018. Beasiswa ini dibuka untuk pelajar, mahasiswa, dan pekerja. Untuk informasi mengenai Digital Talent Scholarship, kamu bisa dicek di laman berikut https://digitalent.kominfo.go.id/.

  • Beasiswa Kominfo

Beasiswa Kominfo menawarkan beasiswa mengembangkan kualitas dan kapasitas sumber daya manusia bidang komunikasi dan informatika melalui pendidikan formal jenjang S2 baik dalam maupun luar negeri. Program ini terbuka luas bagi PNS, anggota TNI/POLRI, dan masyarakat umum yang telah bekerja. Untuk pendaftaran Beasiswa Kominfo kamu bisa dicek melalui laman berikut ini https://beasiswa.kominfo.go.id/.

  1. Badan Riset dan Inovasi Nasional BRIN)

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) membuka Beasiswa Doktor Talenta Riset bekerja sama dengan LPDP. Beasiswa ini dibuka untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam riset nasional di bidang keanekaragaman hayati, nuklir, penerbangan dan antariksa, serta maritim.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Beasiswa Doktor Talent Riset, kamu bisa dicek melalui laman berikut https://lpdp.kemenkeu.go.id/beasiswa/targeted/beasiswa-doktor-talenta-riset-dan-inovasi-nasional-tahun-2024.

Itulah lima beasiswa dari pemerintah yang bisa kamu coba. Apakah sobat madingmu tertarik daftar?

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan214
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa155
Beasiswa292
School lifehack152
Hiburan209
Editor's Pick1474
Terpopuler1429
Opini10
Serba Serbi612

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.