Minggu , 19 Mei 2024
HeadlineEditor's PickSerba SerbiTerpopuler

Kenapa Bumi Berbentuk Bulat? Ini Dia Penjelasannya

1704160844

Madingmu.com – Bentuk Bumi bulat atau tidak masih sering kali menjadi perdebatan. Padahal beberapa penelitian yang dilakukan secara bertahun-tahun telah membuktikan bahwa Bumi itu bulat.

Dilansir dari laman Ocean Service. Ratusan tahun yang lalu, orang-orang percaya bahwa Bumi itu datar. Selain itu, orang-orang dimasa lalu juga beranggapan bahwa Matahari mengelilingi Bumi.

Anggapan ini berkembang sebelum lahirnya teknologi dan ilmu yang membuktikan fakta bahwa bumi ini berbentuk bulat. Evolusi pengetahuan ilmiah telah membuktikan bahwa dalam hal astronomi, manusia terkadang tidak bisa hanya mengandalkan indera yang terbatas.

Kenapa Bumi Berbentuk Bulat?

Bumi, tempat tinggal kita, bukanlah sebuah bidang datar seperti yang mungkin kita bayangkan, melainkan sebuah bola raksasa yang melayang di angkasa. Pernyataan ini mungkin terdengar asing bagi sebagian orang, namun sains telah membuktikannya dengan berbagai cara.

Bumi yang berbentuk bulat karena adanya dua faktor utama yaitu massa dan gravitasi.

  • Massa Bumi

Bumi memiliki massa yang sangat besar yaitu mencapai 5,97 x 10^24 kilogram. Bayangkan bola besi raksasa, massa Bumi jauh lebih besar dari itu. Massa ini tersebar secara merata di seluruh bagian planet, tidak terpusat di satu titik.

  • Gravitasi

Gravitasi adalah gaya tarik-menarik antar benda yang memiliki massa. Semakin besar massa suatu benda, semakin kuat gaya gravitasinya. Di Bumi, gaya gravitasi menarik semua benda ke arah pusatnya. Bayangkan sebuah bola magnet, benda-benda di sekitarnya akan tertarik ke arah magnet. Bumi bekerja dengan prinsip yang sama.

Pembentukan Bumi Bulat

Ketika Bumi masih dalam tahap awal pembentukannya, sekitar 4,6 miliar tahun lalu, planet ini tersusun dari material cair yang sangat panas. Material ini terus berputar dan mendingin. Seiring dengan berjalannya waktu, material yang lebih berat tenggelam ke inti Bumi, sedangkan material yang lebih ringan mengapung ke atas permukaan.

Proses ini menyebabkan Bumi menjadi lebih padat di bagian intinya dan lebih longgar di bagian luarnya. Perbedaan kepadatan inilah yang menghasilkan gaya gravitasi yang lebih kuat di bagian intinya. Gaya gravitasi yang kuat ini menarik semua material di Bumi ke arah pusatnya, sehingga membentuk bola yang hampir sempurna.

Teori Bumi Bulat dan Bukti-Bukti Pendukungnya

Bukti bumi itu bulat bisa ditunjukkan dari adanya berbagai bukti ilmiah, di antaranya sebagai berikut.

Banyak bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa Bumi berbentuk bulat. Berikut beberapa contohnya:

  1. Kapal Yang Berlayar di Laut

Ketika sebuah kapal berlayar ke arah cakrawala, lambungnya akan terlihat menghilang terlebih dahulu, diikuti dengan tiang-tiangnya. Hal ini menunjukkan bahwa Bumi melengkung, sehingga bagian bawah kapal terhalang terlebih dahulu oleh kelengkungan Bumi.

  1. Bayangan Bumi di Bulan Saat Gerhana Bulan

Saat gerhana bulan, Bumi akan berada di antara Matahari dan Bulan. Bayangan Bumi di Bulan selalu berbentuk bulat, yang menunjukkan bahwa Bumi berbentuk bola.

  1. Foto Bumi Dari Luar Angkasa

Banyak foto Bumi yang diambil dari luar angkasa menunjukkan bahwa Bumi berbentuk bulat.

  1. Pengukuran Keliling Bumi

Para ilmuwan telah melakukan pengukuran keliling Bumi di berbagai tempat. Hasilnya, keliling Bumi selalu berbentuk lingkaran, yang merupakan ciri khas bola.

  1. Perbedaan Waktu di Berbagai Belahan Dunia

Karena Bumi berbentuk bulat, bagian yang berbeda dari planet ini akan menghadap Matahari pada waktu yang berbeda. Hal ini menyebabkan perbedaan waktu di berbagai belahan dunia.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan214
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa155
Beasiswa292
School lifehack152
Hiburan209
Editor's Pick1474
Terpopuler1429
Opini10
Serba Serbi612

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.