Kamis , 23 Mei 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Menurut Ahli Diet, Berikut 3 Protein Terbaik untuk Turunkan Berat Badan

1689307753 Untitled design192

Madingmu.com – Makanan dengan tinggi protein bisa membantu menurunkan berat badan. Hal ini karena makanan dengan tinggi protein mampu mempercepat dan mempertahankan rasa kenyang. Rasa kenyang membantu mengurangi keinginan untuk mengonsumsi camilan yang tidak sehat, sehingga dapat mencegah kenaikan berat badan. Tak heran, jika protein menjadi salah satu nutrisi terbaik yang perlu dikonsumsi saat sedang menjalani diet. Akan tetapi di antara banyaknya pilihan makanan berprotein tinggi, manakah yang terbaik untuk menurunkan berat badan?

Dilansir dari laman Eat This, Kamis (2/11/2023), ahli diet terdaftar dari Dallas-Fort Worth, Texas, Amerika Serikat, Amy Goodson mengatakan, bahwa protein lebih mengenyangkan daripada karbohidrat dan lemak. Selain itu, efek termal atau energi yang digunakan tubuh untuk mengubah makanan menjadi lebih banyak energi maupun lemak, lebih tinggi pada protein dibandingkan karbohidrat dan lemak. “Ini berarti tubuh Anda mengeluarkan lebih banyak energi untuk mencerna dan memetabolisme protein, yang dapat meningkatkan pengeluaran kalori harian secara keseluruhan,” ungkap Goodson. Diet tinggi protein juga dapat meningkatkan penurunan lemak sekaligus membantu mempertahankan otot tanpa lemak. “Protein membantu tubuh menggunakan lemak sebagai energi, yang dapat berkontribusi pada hilangnya lebih banyak lemak tubuh,” sambung Goodson.

Berikut protein terbaik yang cocok dikonsumsi saat diet atau menurunkan berat badan :

  1. Ikan salmon

Ikan, terutama salmon, mengandung protein dalam jumlah melimpah yang membantu melancarkan program diet. Magryta mengungkapkan, sejumlah 3 ons ikan salmon yang telah dimasak memiliki sekitar 25 gram protein. “Ini adalah salah satu sumber lemak omega-3 terbaik serta mengandung vitamin B dan selenium,” kata Magryta. Asam lemak omega-3 pada salmon juga dapat membantu mengurangi peradangan dan menurunkan risiko penyakit kronis.

  1. Daging ayam

Pakar nutrisi serta kesehatan pikiran dan tubuh dari Charlotte Metro, Carolina Utara, Amerika Serikat, Nicole Magryta memaparkan, ayam adalah salah satu makanan tinggi protein terbaik. Sekitar 3 ons daging ayam matang terdiri dari 31 gram protein tanpa lemak yang mendukung penurunan berat badan secara sehat. Bahan pangan ini juga tinggi mineral dan vitamin, termasuk selenium, fosfor, dan vitamin B. “Yang merupakan bahan pembangun tubuh yang sehat dan secara langsung berdampak pada tingkat energi dan fungsi otak,” kata Magryta,

Dilansir dari laman Eating Well, Sabtu (21/10/2023). Selain bagus untuk menurunkan berat badan, menurut Magryta, selenium sangat bagus untuk kesehatan tiroid. Oleh karenanya, mengonsumsi daging ayam sebagai sumber protein tidak hanya mendukung diet, tetapi juga meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

  1. Telur

Menurut Goodson, semua protein berkualitas tinggi, seperti unggas, ikan, telur, dan produk susu dapat mendukung penurunan berat badan. Akan tetapi, telur adalah sumber protein utama untuk menurunkan berat badan karena beberapa alasan. Bahan pangan ini menawarkan setiap asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga dan memperbaiki jaringan otot. “Yang sangat berguna selama penurunan berat badan ketika Anda mencoba mempertahankan massa otot tanpa lemak,” ujarnya.

Telur juga rendah kalori, hanya mengandung sekitar 72 kalori untuk satu butir berukuran besar. Tidak hanya menjadi sumber protein, telur juga mengandung nutrisi penting, termasuk antioksidan, vitamin seperti vitamin D dan B, serta mineral seperti selenium dan fosfor. “Nutrisi ini penting untuk kesehatan secara keseluruhan dan dapat melengkapi diet penurunan berat badan,” jelas Goodson. Dengan skor indeks glikemik rendah, bahan pangan ini juga minim pengaruh terhadap kadar gula darah dalam tubuh. Hal tersebut dapat membantu mencegah lonjakan dan penurunan kadar gula darah, serta mengurangi nafsu makan yang tidak sehat.

Jumlah Protein Untuk Menurunkan Berat Badan

Masih dari Eat This, jumlah protein yang dibutuhkan selama diet berbeda, tergantung berat badan dan jenis atau jumlah olahraga masing-masing individu. Oleh sebab itu, tidak ada rekomendasi angka pasti seberapa banyak kebutuhan protein untuk semua orang. Namun, sebuah aturan praktis yang dapat diterapkan, yakni memasukkan sekitar 25-30 gram protein berkualitas tinggi untuk tiga kali waktu makan. Kemudian, kembali memasukkan 10-20 gram protein pada camilan sehat. Sementara itu, menurut kisaran distribusi makronutrien yang dapat diterima (AMDR), seseorang dapat mengonsumsi 10-35 persen total kalori dari protein tergantung pada gaya hidup dan aktivitas.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan215
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa156
Beasiswa293
School lifehack152
Hiburan212
Editor's Pick1493
Terpopuler1448
Opini10
Serba Serbi618

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.