Minggu , 19 Mei 2024
HeadlineEditor's PickSerba SerbiTerpopuler

Dapat Menyebabkan Kanker! Menurut Pakar 9 Barang Ini Harus di Buang Dari Dapur

011399800 1445137530 bersih bersih rumah

Madingmu.com – Seringkali di dapur banyak sekali barang yang tidak terpakai, kadaluwarsa, ataupun tidak cocok dengan konsep dapur sehingga kamu cenderung untuk menyimpannya ataupun membuangnya. Akan tetapi banyak orang terjebak dalam pemikiran bahwa membuang barang yang masih bagus bukanlah suatu hal yang baik.

Tapi tahukah kamu bahwa menurut pakar ada ada beberapa barang yang harus segera di buang lho .

Seperti yang diketahui bahwa dapur adalah tempat favorit bagi bakteri, kuman, dan penyakit, hal ini berdampak besar bagi Kesehatan secara keseluruhan. Dari menyebabkan serangan jantung hingga kanker, ada beberapa barang dapur yang dapat menyebabkan banyak penyakit mengancam jiwa.

Untuk membantu kamu dalam mengurangi risiko dari beragam penyakit mematikan, berikut ini adalah kumpulan barang dapur yang perlu segera dibuang.

  1. Minyak Yang Dimurnikan
istockphoto 1148792852 1024x1024 1
One bottle of aromatic unrefined cold pressed sunflower oil and bottle of refined oil on the rustic table

Proses pemurnian minyak menggunakan banyak asam, yang selanjutnya dihilangkan baunya dengan bahan kimia bernama Hexanol untuk menghilangkan bau menyengat.

Ketika minyak hasil olahan dipanaskan untuk menggoreng, minyak tersebut akan teroksidasi dan melepaskan lemak trans, yang berbahaya bagi tubuh manusia dan hal ini dapat menyebabkan masalah jantung dan kanker.

  1. Botol Plastik

botol

Dilansir dari laman Times of India, penggunaan senyawa kimia bernama Bisphenol A (BPA) dapat membuat botol dan wadah plastik disebut berbahaya bagi tubuh manusia.

Penggunaan wadah tersebut secara teratur memengaruhi kekebalan, hormon, dan menyebabkan obesitas. Memanaskan kembali makanan dalam wadah plastik akan melepaskan racun yang merangsang sensitivitas insulin dan mengakibatkan pelepasan sel-sel lemak.

  1. Pelapis Aluminium

woman make dinner kitchen home scaled 1

Menurut World Health Organization (WHO), 50 miligram alumunium diperbolehkan untuk tubuh manusia. Penelitian mengatakan makanan yang dikemas dalam foil mengandung sekitar 2 sampai 5 miligram alumunium.

Konsumsi alumunium secara tidak langsung ini menghambat penyerapan seng dalam tubuh yang tidak dapat dihindari untuk mempertajam kepadatan otak dan tulang.

  1. Peralatan Masak Anti Lengket

Penelitian menyebutkan bahwa sekitar 90 persen rumah di perkotaan menggunakan wajan anti lengket untuk memasak sehari-hari.

Penggunaannya pada suhu tinggi akan mengganggu lapisan PFC dalam bentuk asap. Jika tertelan, lapisan yang terkelupas dapat merusak hati dan selanjutnya menyebabkan masalah pada pencernaan.

  1. Talenan Plastik

2e2601f2b5f4d9d878850a5815eea6f3

Jika kamu masih menggunakan talenan plastik untuk keperluan memotong dan mencacah, saat ini kamu perlu untuk membuangnya.

Penelitian menyebutkan bahwa talenan basah mengandung bakteri penyebab penyakit yang selanjutnya dapat menyebabkan infeksi lambung. Tentu saja, secara tidak sadar, kamu juga akan menambahkan plastik kecil ke dalam makanan kamu.

  1. Barang Pecah

00408199s6

Kamu punya cangkir atau piring favorit? Meskipun sudah pecah atau rusak, kamu disarankan untuk tidak menyimpan barang tersebut.

Barang yang sudah menjadi pecah belah dan retak tidak akan pernah benar-benar bersih karena kuman akan menetap di lekukan kecilnya.

  1. Rempah-rempah Kadaluwarsa

gambar sampul 1700047941

Rempah-rempah akan kehilangan rasa dan khasiatnya seiring dengan berjalannya waktu. Jika sudah kedaluwarsa, tidak ada gunanya untuk membiarkannya terus-menerus ada di dapur.

Michelle Urban, pengelola rumah profesional dan pemilik The Organized House, mengatakan bahwa saat membersihkannya, buatlah daftar mengenai bumbu-bumbu yang telah dibuang, sehingga dapat mengisinya kembali saat pergi berbelanja.

  1. Peralatan Masak  Aluminium

alat masak aluminium disebut berisiko bagi kesehatan ini 5 sebabnya 1

Meski terdengar sangat aneh akan tetapi alumunium adalah racun yang lambat. Penggunaan peralatan alumunium secara teratur untuk konsumsi makanan menyebabkan masalah bagi ginjal dan paru-paru.

Penggunaan peralatan makan berbahan alumunium terbukti dapat menyebabkan bocornya partikel alumunium pada makanan yang selanjutnya akan menumpuk di dalam tubuh dan dapat menimbulkan gangguan kesehatan.

  1. Tas Belanja

bimu foldable bagDSC09940

Dilansir dari laman The Spruce, Ashley La Fond pendiri rumah perusahaan organisasi Of Space + Mind, merekomendasikan untuk membuang semua tas belanja kertas dan tas jinjing yang dapat digunakan kembali.

“Simpan sedikit saja dan daur ulang atau sumbangkan sisanya. Dan selalu simpan di tempat yang diingat untuk membawanya ke toko,” ucap La Fond.

Itu dia beberapa jenis barang dapur yang perlu segera kamu buang karena bisa menyebabkan penyakit seperti kanker. Semoga informasi ini bermanfaat!

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan214
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa155
Beasiswa292
School lifehack152
Hiburan209
Editor's Pick1474
Terpopuler1429
Opini10
Serba Serbi612

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.