Senin , 24 Juni 2024
HeadlineKilas Pendidikan

Mengintip ‘Ausbildung’ di Jerman, Lulusan SMA/SMK Bisa Ikut dan Dapat Tunjangan

VET
Foto: Ditjen Vokasi

madingmu.com – Di Jerman, program pendidikan kejuruan ganda dikenal dengan nama German Dual VET System (Ausbildung). Program ini merupakan program pendidikan dan pelatihan.

Program ini tidak hanya diminati oleh kaum muda Jerman. Ardi Marwan, Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Berlin, mengatakan bahwa berdasarkan data keimigrasian KBRI Berlin, lebih dari 8.000 pelajar Indonesia menempuh pendidikan di Jerman. Beberapa di antaranya adalah peserta Ausbildung.

Apakah Kamu harus bisa berbahasa Jerman?

Peserta Ausbildung di masa depan diproyeksikan akan meningkat karena Jerman mengalami kekurangan tenaga kerja terampil yang cukup signifikan. Namun, Ardi menggarisbawahi bahwa persyaratan untuk mengikuti Ausbildung tidak mudah.

“Meskipun program ini sangat bagus, terutama bagi lulusan SMA/SMK dari Indonesia, namun persyaratan untuk dapat mendaftar tidaklah mudah, di mana utamanya calon peserta harus memiliki kompetensi bahasa Jerman yang memadai,” terangnya (4/6/2023), dikutip dari rilis Kemdikbud.

Jika ingin mengikuti Ausbildung, para peserta harus memiliki kesiapan mental dan kedisiplinan yang mumpuni. Tujuannya agar mereka dapat mengikuti seluruh program dengan baik.

Beberapa peserta Ausbildung masih perlu menyelesaikan program karena berbagai faktor, seperti tuntutan pekerjaan selama praktik, perbedaan budaya dan masalah interaksi dengan rekan kerja atau atasan, dan sebagainya.

Para peserta program Ausbildung disebut Azubi. Pada umumnya, mereka mengikuti program ini untuk mendapatkan kualifikasi profesional resmi Jerman sehingga dapat bekerja dan tinggal di sana.

Namun, ada juga lulusan Ausbildung yang kembali ke Indonesia untuk melanjutkan pendidikan atau berkarir.

Apakah D3 bisa disetarakan?

Ardi bercerita tentang permohonan penyetaraan ijazah salah satu lulusan Ausbildung. Permohonan ini disetujui oleh bagian penyetaraan ijazah Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti), dimana program yang diikuti oleh yang bersangkutan adalah program 3 tahun.

Ardi mengatakan apakah ijazah Ausbildung tersebut bisa disetarakan dengan D3 atau jenjang lainnya didasarkan pada penilaian tim penilai penyetaraan ijazah luar negeri Dikti.

Berkaca dari situ, lulusan Ausbildung dengan durasi minimal 3 tahun bisa disetarakan ijazahnya dengan D3.

“Kemudian, untuk dapat dinilai, pemohon tentu saja harus mengikuti prosedur dan memenuhi persyaratan pengajuan penyetaraan ijazah luar negeri yang telah ditetapkan Dikti,” jelas Ardi.

Dapatkan Tunjangan Hidup Per Bulan

Program Ausbildung populer karena peserta dapat magang di industri sekitar 70% dari total masa pendidikan. Kemudian, 30 persen masa pendidikan lainnya mereka mendapatkan mata kuliah teori di sekolah kejuruan atau berufsschule.

Selain itu, peserta akan diberikan uang saku bulanan antara 600-1.300 euro atau sekitar Rp 9,5-20,7 juta. Mereka juga akan mendapatkan ijazah untuk bekerja secara profesional di Jerman, dan industri langsung menyerap sebagian besar lulusannya.

 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.