Kamis , 29 Februari 2024
Editor's PickHeadlineHiburanTerpopuler

Menarik! Korea Selatan Luncurkan Visa Baru, Kini Turis Bisa Menetap Hingga 2 Tahun Lho

5e476c48df701

Madingmu.com – Menyambut tahun baru 2024, Korea Selatan mengumumkan visa untuk para digital nomad yang ingin bekerja dari Korea Selatan. Visa ini mengizinkan warga asing untuk tinggal di sana hingga 2 tahun.

Dilansir dari Strait Times, Jumat (5/1/2024) Kementerian Kehakiman menyadari tren ‘workcation’ alias liburan sembari kerja dari manapun. Sebelumnya ada visa turis yang hanya berlaku untuk 90 hari saja, tapi tanpa workcation.

“Untuk membuat pekerjaan jarak jauh dan liburan bagi orang asing di Korea lebih lancar, kami telah memutuskan untuk meluncurkan visa digital nomad yang baru,” ungkapnya.

“Selama ini orang asing diwajibkan mengajukan visa turis atau hanya tinggal kurang dari 90 hari tanpa visa untuk ‘workcation’ di Korea. Sistem baru ini akan memungkinkan karyawan dan pemberi kerja di perusahaan luar negeri untuk melakukan tur dan bekerja dari jarak jauh di Korea untuk jangka waktu yang lebih lama,” dia menambahkan.

Cara Mendapatkan Visa

Traveler yang ingin melamar harus menyerahkan dokumen ke kedutaan Korea Selatan di negaranya masing-masing yang membuktikan bahwa mereka memperoleh pendapatan tahunan lebih dari 84,96 juta won (Rp 1,3 miliar). Pelamar harus menyerahkan dokumen tambahan termasuk verifikasi pekerjaan dan rincian catatan kriminal.

Pelamar juga diharuskan memiliki asuransi kesehatan swasta dengan cakupan minimal 100 juta won untuk memastikan kemampuan untuk melakukan perjalanan pulang dalam keadaan darurat. Pelamar juga harus berusia 18 tahun ke atas dan telah bekerja di bidangnya saat ini setidaknya selama satu tahun.

Setelah menerima visa, digital nomad akan diizinkan membawa serta pasangan dan anak-anak di bawah usia 18 tahun.

Visa ini akan memungkinkan pemegangnya untuk tinggal di Korea Selatan selama satu tahun, dengan peluang untuk memperpanjang masa tinggal mereka selama satu tahun lagi.

Orang asing yang sudah berada di Korea Selatan dengan visa turis jangka pendek, seperti B-1, B-2 dan C-3, dapat mengajukan permohonan visa baru.

Namun, perlu digarisbawahi, visa ini tidak mengizinkan traveler untuk melamar kerja di Korea Selatan.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan212
Literasi Keuangan34
Ruang Siswa139
Beasiswa229
School lifehack131
Hiburan183
Editor's Pick1130
Terpopuler1089
Opini10
Serba Serbi466

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.