Minggu , 19 Mei 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Menarik! Ini Dia 6 Bank Tertua Di Dunia

654370c8391eb

Madingmu.com – Bank tertua yang ada di Indonesia adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI). Bank ini didirikan oleh Raden Aria Wiriatmaja pada tahun 1895 di Purwokerto dengan nama De Poerwokertosche Hulp-en Spaarbank der Indlandsche Hoofden. Lantas bagaimana sih dengan bank tertua yang ada di dunia?

Dalam sejarah bank di Indonesia, jauh sebelum adanya BRI, sudah ada bank yang memberi pinjaman pegawai VOC. Bank tersebut adalah Bank van Courant, yang berdiri pada tahun 1746.

Dilansir dari laman resmi Bank Indonesia (BI), Bank yang pertama berdiri di Nusantara ini dulunya memiliki tugas untuk memberikan pinjaman dengan jaminan emas, perak, perhiasan, dan barang-barang berharga lainnya.

Dilansir dari Oldest, berikut ini daftar bank tertua di dunia.

  1. Banca Monte dei Paschi (BMPS), Italia – 1472

GettyImages 630434302

Monte dei Paschi adalah bank tertua di dunia yang berlokasi di Italia dan masih bertahan hingga saat ini. BMPS berdiri sejak diperintahkan Hakim Republik Siena sebagai Monte di Pietà dan terus beroperasi sejak saat itu.

Sepanjang abad ke-17 dan 18, BMPS meluaskan operasinya ke seluruh negeri dan menawarkan pinjaman hipotek pertama kepada warga negara Italia.

Saat ini, BMPS adalah bank ritel komersial terbesar keempat di Italia. Dalam beberapa tahun terakhir, untuk menghindari penutupan, BMPS menerima dana talangan dari pemerintah

  1. Berenberg Bank (Joh. Berenberg, Gossler & Co. KG), Jerman – 1590
1x 1 scaled
A picture taken on September 2, 2010 shows the Private Banking company Berenberg Bank in Hamburg, northern Germany. / AFP / dpa / Angelika Warmuth / Germany OUT (Photo credit should read ANGELIKA WARMUTH/AFP/Getty Images)

Berenberg Bank dikenal secara hukum sebagai Joh. Berenberg, Gossler & Co. KG. Bank ini didirikan di Jerman oleh keluarga Berenberg dan identitas hukumnya tidak pernah berubah, sampai sekarangpun Berenberg Bank masih dimiliki oleh keturunan pendiri aslinya.

Nama bank ini diambil dari nama Johann Berenberg dan menantu laki-lakinya, Johann Hinrich Gossler. Logo bank itu pun memadukan lambang keluarga Berenberg dan Gossler yang tidak pernah berubah hingga saat ini.

  1. Sveriges Riksbank, Swedia – 1668

sveriges riksbank

Sveriges Riksbank atau disebut juga dengan Riksbanken adalah bank sentral tertua di dunia yang terletak di Swedia. Bank ini didirikan dan dikendalikan langsung oleh Riksdag of Estates (otoritas tertinggi di Swedia setelah raja (saat itu).

Hal ini dilakukan untuk mencegah raja ikut campur dalam urusan bank. Karena Bank Swedia sebelumnya, Stockholms Banco, yang berada di bawah kendali raja gagal karena menerbitkan terlalu banyak uang kertas tanpa jaminan yang layak.

Pada akhirnya, Bank Stockholms Banco, menyusul krisis keuangan global di awal tahun 2000-an. Bank tersebut menutup seluruh cabang di Swedia dan mengalihkan penanganan koin dan uang kertas ke perusahaan swasta.

  1. C. Hoare & Co, Inggris – 1672

bank front 6

Bank C. Hoare & Co merupakan bank swasta kecil dan tertua di Inggris yang didirikan oleh Sir Richard Hoare. Bank ini masih dimiliki oleh keluarganya hingga keturunan generasi ke-10 dan ke-11 sebagai pengelola operasional bank.

Bank C. Hoare & Co menjadi bank paling bergengsi karena melayani klien-klien terkenal yang biasanya memiliki kekayaan bersih tinggi, seperti Jane Austen, Catherine istri Raja Charles II, dan Lord Byron.

Bank C. Hoare & Co juga memberi layanan pinjaman, hipotek, rekening tabungan, serta layanan pajak dan perencanaan properti.

  1. Bankhaus Metzler, Jerman – 1674

bank UMA 0051 1176x660 1

Bankhaus Metzler didirikan oleh Benjamin Metzler di Frankfurt, Jerman. Metzler pindah ke Frankfurt pada tahun 1671 dan bekerja selama beberapa tahun sebagai pemegang buku di sebuah perusahaan gorden terkenal sebelum akhirnya mendirikan bisnisnya sendiri

Pada tahun 1760-an, perusahaan bisnis Metzler tersebut beralih menjadi bank. Lalu di akhir abad ke-19 Bank Metzler fokus menyediakan layanan keuangan individu dibanding pialang saham.

Sampai saat ini pun, Bank Metzler masih aktif menjadi bank dagang, transaksi sekuritas, sebagai manajer aset, dan konsultan keuangan perusahaan.

  1. Barclays, Inggris – 1690

142095170 m

Barclays adalah bank multinasional terbesar sekaligus tertua yang terletak di London, England. Pada awalnya Bank ini dijadikan sebagai bisnis perbankan pandai emas yang didirikan oleh John Freame dan Thomas Gould pada 1690.

Nama Bank Barclays diambil dari nama menantu Freame, James Barclay, yang menjadi mitra bisnis pada tahun 1736. Kemudian pada tahun 1900-an, Bank Barclays tumbuh dengan mengakuisisi bank-bank kecil di Inggris hingga saat ini.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan214
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa155
Beasiswa292
School lifehack152
Hiburan209
Editor's Pick1474
Terpopuler1429
Opini10
Serba Serbi612

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.