Selasa , 5 Maret 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

5 Efek Samping Durian, Kamu Wajib Tahu!

5e4f616a4a5d4

Madingmu.com – Durian merupakan buah dengan aroma yang cukup menyengat, akan tetapi disukai oleh banyak orang karena kelezatannya. Buah tropis ini memiliki kulit berduri dan ukurannya bervariasi, tergantung dengan jenisnya. Durian bisa dimakan secara langsung atau diolah terlebih dahulu seperti menjadi jus, dessert, atau sajian lainnya. Akan tetapi durian ternyata memiliki sejumlah efek samping yang jarang diketahui jika dikonsumsi secara berlebihan.

Lantas, seperti apa aja sih efek samping tersebut?

Berikut lima efek samping dari buah durian yang perlu kamu ketahui :

Memperburuk Penyakit Ginjal

Jika seseorang memiliki gangguan ginjal atau sedang menjalani dialisis, sebaiknya hindari untuk memakan durian. Pasalnya, asupan durian tersebut bisa meningkatkan kadar kalium di dalam tubuh.

Diketahui, ginjal yang sakit tidak mampu menyaring kalium dalam jumlah tinggi, sehingga akan menumpuk di dalam tubuh. Kalium yang menumpuk bisa membuat otot melemah.

Berdampak Pada Obat Tertentu

Seseorang yang menderita diabetes dan mengonsumsi obat, sebaiknya tidak banyak dan sering makan durian. Hal ini di sebab karena durian bisa mengganggu obat diabetes dan membuatnya menjadi tidak efektif.

Kemudian jangan pernah menggabungkan durian dengan alkohol, karena dapat menyebabkan reaksi seperti muntah dan sakit kepala.

Picu Gangguan Pencernaan

Dilansir dari laman HealthifyMe, efek samping atau dampak buruk yaitu bisa memicu gangguan pencernaan. Buah durian dapat menyebabkan masalah yang berhubungan dengan usus, seperti kembung serta sembelit.

Oleh karena itu, kondisi tersebut berpotensi membuat perut seseorang merasa tidak nyaman dan akan menggangu aktivitas.

Meningkatkan Kadar Gula

Buah durian mengandung gula cukup tinggi. Gula di dalam durian seperti fruktosa dan glukosa yang tidak baik bagi penderita diabetes. Penderita diabetes dapat mengalami peningkatan gula darah yang bisa memicu komplikasi penyakit lain, seperti gagal ginjal. dan durian memiliki kandungan kalori yang tinggi. Hal tersebut sama buruknya karena bisa memicu naiknya gula darah.

Sebabkan Panas Dalam

Dilansir dari laman Raffles Health, mengonsumsi durian secara berlebihan bisa memicu efek panas di dalam tubuh. Hal tersebut dikarenakan durian merupakan makanan yang tergolong “panas” atau bersifat menghangatkan. Sehingga, makan durian terlalu banyak akan membuat gejala tidak nyaman seperti peningkatan dahak, sakit tenggorokan, dan sariawan.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan212
Literasi Keuangan34
Ruang Siswa141
Beasiswa234
School lifehack134
Hiburan185
Editor's Pick1150
Terpopuler1110
Opini10
Serba Serbi473

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.