Jumat , 19 Juli 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Menarik! 10 Negara Ini Memiliki Populasi Kambing Terbanyak di Dunia

Screenshot 2023 09 05 09 28 58 65 680d03679600f7af0b4c700c6b270fe7 3112403616

Madingmu.com – Kambing adalah hewan yang ditemukan di seluruh benua kecuali Antartika. 93,4 Persen populasi kambing berada di Asia dan Afrika. Lantas negara mana sih yang punya populasi kambing terbanyak?

Seperti yang diketahui, jelang hari besar umat Islam yakni Idul Adha, kambing banyak muncul terutama di wilayah dengan mayoritas penduduk muslim seperti di Pakistan dan Indonesia. Hal ini karena Idul Adha identik dengan penyembelihan hewan kurban berupa kambing, sapi, hingga unta.

Nyatanya, di luar Idul Adha, populasi kambing memang sangat banyak persebarannya di berbagai belahan dunia. Diketahui, hewan ini pertama kali didomestikasi sekitar 10.000 tahun yang lalu.

Di Asia, ada 57,7% populasi kambing dunia. Sementara itu, Afrika memiliki sekitar 35,7% populasi kambing global.

Manfaat Kambing Dalam Kehidupan Manusia

Kehadiran kambing sangat penting baik di negara-negara berpenduduk sedikit maupun di negara-negara industri. Ini karena kambing mempunyai berbagai peran mulai dari sumber penghidupan hingga produksi pertanian.

Kambing kerdil, yang umum ditemukan di Afrika Barat dan Tengah, merupakan jenis kambing yang paling umum dan berharga. Kambing ini dikenal karena kesuburan dan ketahanannya terhadap penyakit dan infeksi, dan menjadi sumber daya penting bagi wilayah tersebut.

Pada abad ke-17, penjelajah Spanyol memperkenalkan kambing ke Amerika Utara guna meletakkan dasar bagi beragam industri peternakan di Amerika Serikat.

Berabad-abad kemudian, AS menjelma menjadi negara yang memelihara lebih dari dua juta kambing untuk diambil dagingnya, susunya, dan bulunya.

Di AS, populasi kambing pedaging yang signifikan terdapat di Texas, Tennessee, Georgia, Oklahoma, dan Kentucky. Lalu kambing penghasil susu sebagian besar berada di Texas, California, Wisconsin, Iowa, dan New York.

10 Negara dengan Populasi Kambing Terbanyak di Dunia

Berikut ini daftar negara dengan populasi kambing terbanyak di dunia berdasarkan data tahun 2021, yang dikutip dari World Population Review.

  1. India – 148 Juta
  2. Cina – 133 Juta
  3. Pakistan – 80 Juta
  4. Nigeria – 76,3 Juta
  5. Bangladesh – 59 Juta
  6. Etiopia – 47 Juta
  7. Chad – 43 Juta
  8. Kenya – 32 Juta
  9. Sudan – 32 Juta
  10. Mali – 29 Juta

Sementara itu, menurut data yang sama, Indonesia menempati peringkat 14 dengan 19,2 juta kambing. Indonesia menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang masuk kategori top 14 negara dengan populasi kambing terbanyak di dunia.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.