Kamis , 25 April 2024
Editor's PickHeadlineKilas PendidikanTerpopuler

Maya Nabila Berusia 24 Tahun, Kini Berhasil Raih Gelar Doktor di ITB

maya nabila doktor termuda itb 1

Madingmu.com –  Berhasil menyelesaikan jenjang pendidikan hingga ke jenjang tertinggi di usia muda tentu saja bukan hal mudah.

Akan tetapi Maya Nabila bisa membuktikannya dengan meraih gelar doktor di Institut Teknologi Bandung (ITB) di usianya yang ke 24 tahun.

Salah satu prinsip yang selalu dipegang oleh Maya hingga berhasil di titik ini adalah dengan selalu bertanggung jawab untuk menyelesaikan apa yang telah dimulai dan dipilih.

Maya merupakan lulusan doktor termuda dari jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Teknologi Bandung (FMIPA ITB).

Awardee Beasiswa PMDSU

Maya menyelesaikan sidang Program Doktor pada Senin (26/2/2024) lalu di bawah bimbingan Prof. Edy Tri Baskoro, Ph.D. dan Prof. Hilda Asiyyatun, Ph.D.

Maya mengatakan bahwa dia sangat senang dan bersyukur telah menyelesaikan tanggung jawabnya tersebut.

Maya juga merupakan salah satu awardee beasiswa PMDSU (Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul).

Perjalanannya pun dalam meraih gelar doktor di ITB tidak selalu berjalan mulus. Ada masa di mana penelitiannya tidak berprogres atau hasil penelitiannya tidak sesuai ekspektasi.

Dia pun mengaku sempat mengalami burnout saat menjalani pendidikan S3 nya ini.

“Kalau lagi burnout, aku berhenti sejenak untuk beristirahat, jika dipaksakan hasilnya tidak akan maksimal,” ucap Maya.

Selama menjalani masa perkuliahan, Maya sempat mengalami berbagai kendala. Akan tetapi, dia tidak ragu untuk meminta bantuan ataupun berdiskusi dengan supervisor, dosen ahli di bidangnya, serta teman-temannya.

Dapat Banyak Pengalaman Selama Kuliah Doktor

Ada banyak pengalaman menarik yang dilalui oleh Maya selama meraih program doktor di ITB. Seperti saat dia berkesempatan untuk menghadiri konferensi nasional maupun internasional. Kala itu, Maya menjadi panitia dan moderator juga dalam acara konferensi tersebut.

Tak hanya sempat jadi panitia pada sebuah konferensi, Maya juga pernah menjadi asisten dosen yang bertugas untuk membantu penelitian suatu kelompok riset dan membantu dosen dalam membuat solusi soal serta mengoreksi jawaban kuis dan tugas mahasiswa.

“Selama kuliah juga berkesempatan untuk melakukan student exchange selama empat bulan di Technical University of Košice, Slovakia,” kata Maya.

Bicara soal proses belajar, Maya pun memberikan beberapa tips yang selalu dia terapkan selama ini.

  1. Harus memiliki motivasi yang kuat supaya tahan banting dan tidak mudah menyerah.
  2. Fokus pada tujuan dan jangan banyak menunda serta menyia-nyiakan waktu.
  3. Mencari lingkungan dan teman yang suportif.
  4. Jangan membandingkan diri sendiri dengan orang lain, tapi bandingkanlah dengan diri kita kemarin. Tips terakhir adalah banyak-banyak berdoa agar dipermudah urusannya.

Maya pun sudah punya rencana setelah menyelesaikan studi doktoral ini. Tidak hanya sebatas menjadi dosen, Maya juga akan terbuka terhadap semua kesempatan yang akan datang padanya.

“Aku senang belajar dan mengajar, tapi tetap terbuka untuk semua pekerjaan yang berkaitan dengan ilmu yang kumiliki,” tandas Maya.

Maya berpesan agar para mahasiswa terus semangat dan jangan menyerah apapun rintangannya serta selesaikan apa yang sudah dimulai.

Khususnya untuk para perempuan, Maya menyampaikan pesan bahwa jangan takut untuk menempuh pendidikan setinggi mungkin dan selalu berusaha fokus meningkatkan value diri.

“Walaupun banyak yang bilang kalau perempuan tidak perlu sekolah tinggi bila ujungnya hanya mengurus rumah. Perempuan berpendidikan tinggi itu keren karena anaknya akan dididik oleh orang yang luar biasa,” ujarnya.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan213
Literasi Keuangan40
Ruang Siswa153
Beasiswa280
School lifehack146
Hiburan203
Editor's Pick1373
Terpopuler1332
Opini10
Serba Serbi570

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.