Senin , 24 Juni 2024
BeasiswaSerba Serbi

Marselino Ferdinan Cs Dapat Beasiswa S1-S2 Unesa dan Peluang Jadi Dosen

1
Ferdinan Cs dapat beasiswa S1-S2 Unesa. Foto: Unesa Marselino

madingmu.com – Marcelino Ferdinan Philipus dan empat anggota timnas sepak bola Indonesia lainnya, yaitu Marcell Januar Putra, Hugo Samir, Brylian Aldama, dan Arsa Ramadan Ahmad, mendapatkan beasiswa kuliah gratis dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Hal itu disampaikan langsung oleh Rektor Unesa, Prof Dr Nurhasan MKes, kepada para anggota timnas yang didampingi oleh orang tua mereka masing-masing di Ruang Sidang Rektorat, Kampus Unesa Lidah Wetan, Surabaya, Rabu (31/5/2023).

Nurhasan mengatakan, ia dan pihak Unesa lainnya berkomitmen untuk mendukung para atlet timnas untuk berkuliah di Unesa. Beasiswa yang tersedia untuk atlet timnas tidak hanya berlaku untuk S1, tetapi juga hingga magister atau S2.

“Teman-teman ini memiliki kemampuan di bidang olahraga dan prestasi, itu yang kami apresiasi. Dengan kemampuan itu, bisa diakui dan misalnya nanti bisa kuliah sampai S2 itu sudah masuk kualifikasi menjadi dosen. Kalau mau jadi dosen, kita siapkan,” jelas Nurhasan, dikutip dari laman Unesa, Sabtu (3/5/2023).

Kuliah dan Karier

Marcelino berencana kuliah di Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) Unesa. Prodinya adalah Kepelatihan Olahraga, yang menurut Marcelino, merupakan karir masa depannya.

“Menurut saya pendidikan sangat penting bagi atlet seperti kami. Apalagi karir profesional atau masa keemasan ada masanya. Jadi ketika kita sudah selesai menjadi atlet, kita bisa melanjutkan menjadi pelatih atau dosen olahraga,” jelasnya.

Berbeda dengan Marcelino, Brylian berencana untuk memilih program studi Manajemen Olahraga. Bryan mengatakan kesempatan beasiswa ini harus ia manfaatkan untuk memperkuat ekosistem karirnya sebagai atlet.

“Saya senang dengan beasiswa ini, saya tahu sepak bola itu ada batasnya. Jadi dengan adanya kesempatan ini, saya harap teman-teman bisa memanfaatkan sebaik-baiknya untuk kehidupan kita di masa depan,” ujarnya.

Nurhasan mengatakan bahwa Unesa telah menyiapkan skema perkuliahan khusus, sehingga tidak akan mengganggu waktu latihan dan bermain. Menurutnya, hal ini memungkinkan Marcelino tidak terhambat merumput di Liga Belgia.

“Saya berharap kuliah ini tidak boleh lebih dari empat tahun. Oleh karena itu, kami siapkan skema khusus dan asisten dosen khusus yang mengawal mereka sampai selesai kuliah dan nantinya bisa melanjutkan S2. Saya berharap mereka bisa seperti Rachmat Irianto yang sudah S1, saya tawari beasiswa S2 lagi, dan dia mau melanjutkan,” kata Nurhasan.

Bersyukur atas Beasiswa

Menurut Marcelino, kesempatan kuliah gratis di Unesa harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Harapannya, pendidikan tinggi ini bisa menunjang karirnya di dunia olahraga.

“Ini merupakan kesempatan bagi saya dan teman-teman. Tentu ini memotivasi kami untuk terus belajar, berlatih, dan mengembangkan diri serta karier di sepak bola. Yang jelas kami bersyukur bisa mendapatkan beasiswa dan belajar di sini,” ujarnya.

Ibunda Marselino yang juga hadir dalam pertemuan tersebut mengaku senang dengan beasiswa yang diberikan kepada anaknya.

“Semoga anak kami bisa kuliah dengan lancar sampai selesai. Ini merupakan suatu kesyukuran bagi kami, dan tadi pas dapat informasi Marcelino dapat beasiswa, saya senang sekali, makanya langsung bergegas ke sini,” ujarnya.

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.