Senin , 24 Juni 2024
Editor's PickHeadlineKilas PendidikanTerpopuler

Mahasiswa ITS Bagikan Tips Lolos IISMA, Mulai Dari Bikin Esai Hingga Wawancara!

1713795395164

Madingmu.com – Salah satu program Kampus Merdeka yang menjadi favorit mahasiswa adalah Indonesian International Student Mobility Awards atau yang sering di singkat dengan (IISMA).

Mahasiswa yang berhasil lolos IISMA bisa mengikuti program pertukaran pelajar ke kampus top luar negeri.

Karena dapat mendatangkan banyak benefit, persaingan lolos IISMA pun cukup ketat lho. Mahasiswi Departemen Teknik Kelautan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Salma Arthi Menon, membagikan tips cara nya lolos IISMA.

Salma menceritakan bagaimana perjalanan dan kiat suksesnya memperoleh beasiswa IISMA. Salma juga mengatakan bahwa ia mulai memantapkan tekad untuk mempersiapkan pendaftaran IISMA sejak awal tahun 2022 lalu.

Tips Lolos IISMA Dari mahasiswa ITS

Keinginannya untuk melihat perspektif lain mengenai teknologi di bidang energi laut mendorongnya untuk memilih Liverpool University sebagai universitas tujuan dalam seleksi program IISMA.

Awardee IISMA 2023 ini pun gigih dalam mencari informasi terkait seluk beluk proses seleksi dari kakak tingkat yang berpengalaman.

Salma juga mengatur strategi dengan mengikuti sertifikasi bahasa Inggris jauh-jauh hari sebelum mendaftar IISMA agar tidak kalut di akhir waktu.

Dilansir dari laman ITS, Senin (20/5/2024) salma mengatakan “Biasanya IISMA mulai disosialisasikan di awal tahun sehingga di November tahun sebelumnya saya sudah mengikuti tes bahasa Inggris,”

Menurut Salma, membiasakan diri berbicara bahasa Inggris menjadi tips ampuh untuk menyukseskan sertifikasi tersebut.

“Terkadang, kita tidak mau berbicara dengan bahasa inggris karena malu dan takut dihakimi. Jika masih ragu, carilah teman ataupun penutur asli untuk diajak belajar bersama,” ujar mahasiswi angkatan 2020 ini.

Berlatih menulis esai untuk daftar IISMA

Setelah mempersiapkan tes bahasa Inggris, tahapan selanjutnya adalah pengerjaan esai IISMA. Ia mengatakan, persiapan matang dalam menulis esai berpeluang memberikan nilai plus dalam proses seleksi berkas. Ia pun berlatih menulis esai dengan mengerjakan soal-soal esai IISMA dua tahun sebelumnya.

Tak hanya itu saja, Salma juga aktif mencari bimbingan dari kakak tingkat yang telah lolos untuk mendapatkan masukan bagi esainya.

Mahasiswi kelahiran 2001 ini pun membagikan tips untuk menjawab pertanyaan esai dengan jelas dan terstruktur.

Salah satu metode yang dapat digunakan adalah STAR (Situation, Task, Action, Result). Namun, tidak semua pertanyaan harus dijawab dengan STAR.

Metode ini bersifat kondisional, berlaku untuk pertanyaan yang berfokus pada perilaku dan pengalaman. Pertanyaan esai tentang rencana setelah menjadi awardee IISMA juga perlu diperhatikan.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.